3 Macam Seni di Indonesia Dengan Contohnya

Posted on

Macam-Macam Seni yang Ada di Indonesia

1. Seni Rupa

  1. Seni Lukis adalah salah satu induk dari seni rupa. Seni lukis merupakan suatu pengembangan yang lebih utuh dari gambar.
  2. Seni Patung Bila kita sedang dalam perjalanan, sering kita melihat adanya patung-patung. Pernahkah Anda berpikir untuk apa patung itu dibuat? Dan Dari bahan apa patung itu dibuat?
  3. Seni Ukir juga diartikan sebagai ragam hias yang bersifat kruwikan, buledan atau sambung-menyambung, dan merupakan bentuk lukisan yang indah

2. Seni Sastra

Istilah dari kata sastra memiliki arti tulisan. Secara lebih luas, sastra dapat diartikan sebagai pembicaraan tentang berbagai tulisan yang indah bentuknya dan mulia isinya. Keindahan bentuk hasil sastra yang kemudian lazim disebut sebagai karya sastra terlihat dari prosa, puisi, lirik prosa, drama, maupun bentuk karya sastra yang lain, baik yang tergolong ke dalam sastra kuno,  masa peralih

Bila kita cermati lebih lanjut, ternyata masih banyak karya sastra yang lain peninggalan zaman Hindu Buddha antara lain:

  • Bharatayuda karya Mpu Sedah dan Mpu Panuluh;
  • Gatot kaca sraya karya Mpu Panuluh;
  • Smara dhahana karya Mpu Darmaja;
  • Wratta sancaya dan Lubdhaka karya Mpu Tanakung.

Sastrawan-sastrawan Indonesia yang kita kenal antara lain:

  1. Sutan Takdir Alisyahbana
  2. Chairil Anwar
  3. H.B. Yasin
  4. Ajip Rosidi
  5. N. H. Dini
  6. Hamka
  7. Umar Kayam
  8. Sapardi Djoko Damono
  9. Taufik Ismail
  10. W. S. Rendra

Seni sastra di Indonesia digolongkan dalam beberapa zaman sebagai berikut.

  • Pujangga Lama adalah sebuah karya sastra Indonesia yang dibuat sebelum abad 20. Pada era saat ini karya sastra di Indonesia didominasi oleh syair, gurindam, pantun, dan hikayat Karya Sastra Pujangga Lama.
  • Sastra Melayu Rendah adalah sebuah karya sastra yang ada di Indonesia yang dihasilkan antara tahun 1870-1942, yang berkembang di lingkungan masyarakat Cina dan masyarakat Indo-Eropa.
  • Angkatan Balai Pustaka ialah karya sastra di Indonesia sejak tahun 1920-1950, yang dipelopori oleh penerbit Balai Pustaka. Prosa (roman, cerita pendek, novel, dan drama) dan puisi mulai menggantikan kedudukan syair, gurindam,pantun, dan hikayat dalam khasanah sastra di Indonesia pada masa ini.
  1. Seni Pertunjukan

Seni pertunjukan meliputi seni tari, seni drama, dan seni musik.

a. Seni Tari

Apa yang anda ketahui tentang seni tari? Menurut Curt Sach dalam World History of The Dance, tari ialah gerak yang berirama. Menurut Corrie Hartong tari ialah gerak gerik badan yang diberi bentuk dan irama di dalam ruang.

  • Tari Saman termasuk Tarian ini mempunyai komposisi khas, yang berasal dari beberapa daerah Propinsi Aceh seperti Aceh Timur, Aceh Tengah, dan Aceh Barat. Tarian ini dilakukan secara berkelompok, sambil bernyanyi dengan posisi duduk berlutut dan berbanjar atau bersaf tanpa menggunakan alat musik pengiring.
  • Tari Piring Tari ini telah hidup subur di wilayah pesisir selatan dan Sumatera Barat. Penyajian tari ini dilakukan secara berpasangan maupun berkelompok dengan ragam gerakan yang sifatnya cepat dan dinamis serta diselingi dengan bunyi piring berdetik yang dibawa oleh para penari
  • Tari Cokek Tarian ini berasal dari DKI Jakarta yang merupakan sebuah tari pergaulan. Tarian jenis ini ditarikan berpasangan antara laki-laki dengan perempuan dengan iringan khas musik Jakarta yaiitu gamelan Gambang Kromong.

b. Seni Drama

Istilah drama berasal dari bahasa Yunani kuno yakni dari kata dramon yang berarti perbuatan atau gerak. Jadi, drama adalah seni untuk mengungkapkan pekerti manusia melalui perbuatan yang dipanggungkan. Seni drama terbagi menjadi dua macam, yaitu drama tradisional dan drama modern. Berbagai daerah di Indonesia memiliki bermacam-macam jenis drama tradisional antara lain :

  • Kethoprak ( Jawa Tengah dan DIY )
  • Ludruk ( Jawa Timur )
  • Lenong ( Betawi )
  • Cupak Gerantang ( Lombok )
  • Wayang ( Jawa )
  • Arja ( Bali )

3. Seni Musik

jika diambil pendapat seniman, seni musik adalah suatuh hasl dari karya seni yang disajikan dalam bentuk suara dan menghasilkan lagu atau susunan nada yang isinya adalah ngkapan pikiran atau perasaan dari pencipta musik dan lagu.

Demikianlah artikel dari ayoksinau.com yang berisi tentang  Macam-Macam Seni yang ada di Indonesia semoga bermanfaat.

Baca Juga :  25 Istilah Dalam Internet Yang Perlu Diketahui