60 Alat Musik Tradisional Indonesia ( Daerah Asal, Gambar dan Penjelasan )

Diposting pada

31. KELINTANG CANGOR

Kelintang Cangor hamper sama dengan Kelintang Jolo. Hanya saja terbuat dari bambu berukuran panjang 40 cm atau satu ruas bambu dibagi dua, kemudian sembilunya di cungkil mirip cangor cara memainkan instrument ini dipukul dengan menggunakan dua buah bilah pemukul yang terbuat dari bahan rotan.

32. KELINTANG KAYU

Di Jambi juga ada alat musik tradisional yang disebut Kelintang Kayu yang merupakan musik tradisional Jambi yang terbuat dari potongan kayu yang dimainkan dengan cara dipukul. Bentuknya mirip dengan gamelan yang ada di Jawa.

Alat musik tradisional Tradisonal dari daerah Bengkulu :

33. REDAP

Redap merupakan alat musik tradisional yang terbuat dari bahan kayu dan rotan dan kulit hewan. Redap sama seperti rebana, di Bengkulu sudah ada sejak lama. biasanya dimainkan untuk mendampingi kesenian safaral anam bersama dengan alat musik tradisional serunai dan alat musik tradisional gendang panjang.

34. SERUNAI

Serunai merupakan alat musik tradisional yang ditiup yang terbuat dari bahan dasar kuningan dan tempurung/batok kelapa. dibentuk silinder, satu sisinya seperti corong dan terdapat 6 buah lubang untuk mengatur nada. Serunai digunakan untuk upacara perkawinan.

35. SERUNAI KUNINGAN

Bentuknya bulat seperti  terompet dan mengerucut dengan bagian  pangkal melebar. Terbuat dari bahan dasar kayu dan kuningan. Serunai Kuningan berguna sebagai perlengkapan alat musik tradisional pada saat upacara adat .

36. TASSA

Alat musik tradisional Tassa  atau tessa, terbuat dari bahan tembaga, besi plat atau alumunium, dan bisa juga dari kuali yang permukaannya ditutup dengan kulit kambing yang telah dibersihkan dan keringkan. Alat musik tradisional yang berbentuk mirip  rebana ini difungsikan dengan Dol biasanya untuk acara Tabot.

Alat musik tradisional Tradisonal dari daerah Banten :

37. ANGKLUNG BUHUN

Angklung buhun merupakan peralatan perkusi yang terbuat dari bahan bambu yang bila digoyang akan menngeluarkan nada-nada yang harmonis dan indah. Alat musik tradisional ini berasal dari Lebak, Provinsi Banten. Dinamakan buhun hadirnya masyarakat Baduy. Alat musik tradisional ini hanya digunakan pada acara ritual seperti acaraseren taun di Cisungsang dan seba di kabupaten Lebak.

38. DOGDOG LOJOR

Dogdog Lojor adalah alat musik tradisional pukul yang terbuat dari batang kayu dengan berbentuk bulat, dimainkan dengan cara dipukul mengunakan telapak tangan. Nama Dogdog itu diambil dari bunyinya yang dihasilkannya berupa dog…dog..dog.., sedangkan Lojor dari bahawa banten berarti panjang. Sehingga kata Dogdog Lojor berarti Dogdog Panjang.

39. KENDANG ATAU GENDANG

Gendang termasuk dalam kategori alat musik tradisional perkusi. terbuat dari bahan kayu denga selaput (membran) yang menghasilkan suara bila dipukul oleh tangan. Ukuran gendang mulai dari gendang kecil, sedang, dan besar. Gendang yang ukurannya kecil disebut rebana. Gendang yang ukurannya sedang dan besar disebut redap.

40. LISUNG ATAU LESUNG

Lesung merupakan alat musik tradisional dalam mengolah padi/gabah sehingga menjadi beras. Fungsi alat ini adalah  memisahkan kulit dalam baha lain gabah atau sekam dalam Jawa merang dari beras secara mekanik. Lesung terbuat dari bahan kayu berbentuk seperti perahu berukuran kecil dengan panjang sekitar 2 meter, lebar 0,5 meter dan kedalaman sekitar 40 cm.

Alat musik tradisional Tradisonal dari daerah Jakarta :

41. GENDER

Gender merpakanadalah alat musik tradisional pukul logam atau metalofon yang dapat menjadi bagian dari perangkat gamelan daerah Jawa dan Bali. bentuk Alat ini memiliki sepuluh sampai empat belas bilah logam atau kuningan. Pada gamelan Jawa yang  terdapat tiga gender: slendro, pelog pathet nem dan lima, dan pelog pathet barang. Bentuk dari gender menyamai gangsa pada gamelan Bali dan slenthem pada gamelan Jawa. Alat musik tradisional Gender biasa digunakan bersama dengan alat musik tradisional lainnya pada saat pagelaran tari topeng Betawi.

42. KECREK ATAU PAN

Kecrek adalah alat musik tradisional perkusi yang digunakan dalam seni perdalangan. Kecrek berfungsi sebagai alat pemberi syarat semua macam bentuk aba-aba iringan maupun gerakan atau sikap wayang. Kecrek dapat juga berfungsi sebagai penghias irama lagu. Jika digunakan alat ini akan mengeluarkan suara crek crek crek.

Alat musik tradisional Tradisonal dari daerah jawa timur :

43. ANGKLUNG REOG

Angklung Reog adalah alat musik tradisional untuk mengiringi tarian reog ponorogo berada di Jawa Timur. Angklung Reog ini memiliki kekhasan dari segi suara yang uniq dan sangat keras,rotan dibagian atas yang. Aksesoris dan pernik warna warni membuat lebih menarik dan senada dengan pakaian para penari dari reog ponorogo, warna dominan merah dan kuning sebagai warna khas reog Ponorogo.

44. SARONEN

Saronen merupakan alat musik tradisional traidisional dan merupakan nama kesenian yang ada di Madura Jawa Timur. Saronen berasal dari bahasa Madura ” sennenan ” yang artinya adalah Hari Senin. Saronen adalah alat musik tradisional yang ditiup berbentuk seperti kerucut, terbuat dari bahan dasar kayu jati dengan enam lobang berderet di depan dan satu lubang di belakang. Sebuah lingkaran kecil dari bahan kuningan mengikat bagian bawah dengan bagian atas ujungnya terbuat dari daun siwalan . Pada pangkal atas musik itu ditambah sebuah sayap dari tempurung menyerupai kumis.

45. TEROMPET REOG

Terompet reog ini diketahui dan berasal dari masyarakat dan daerah Ponorogo Jawa Timur. Seperti namanya, terompet Reog adalah sebuah alat musik tradisional dari Jawa Timur yang dimainkan dengan cara ditiup yang digunakan untuk mengiringi kesenian reog di Jawa Timur.

Alat musik tradisional Tradisonal dari daerah jawa tengah

46. GAMBANG

Gambang merupakan alat musik tradisional dari Jawa Tengah yang terbuat dari bahan kayu dan difungsikan sebagai pengiring lagu. Instrumen ini berbentuk rangkaian 20 bagian  nada digunakan dengan cara dipukul menggunakan tabung khusus. Irama gambang bisa menghasilkan irama do re mi fa so la si do.

47. DEMUNG

Demung merupakan salah satu instrumen gamelan yang termasuk anggota balungan.  Alat musik tradisional ini dimainkan dengan cara dipukul menggunakan pemukul khusus.demung dibagi menjadi dua jenis yang dapat dipakai, yaitu demung Slendro dan demung Pelog. Perbedaan keduanya ada pada ukuran dan bunyi yang dihasilkan darimasing-masing alat.

48.BONANG

Bonang merupakan alat musik tradisional yang dapat digunakan dengan cara dipukul. Alat musik ini biasanya terbuat dari bahan dasar logam seperti, perunggu, besi dan kuningan. alat musik ini dipukul menggunakan pemukul ada khusus yang dibuat dengan bahan kayu yang dililit bahan dengan kain atau karet. bonang memiliki dua jenis yang pertama adalah bonang barung yang  besar dan berguna sebagai pembuka atau dan bonang penerus yang ukurannya lebih kecil dan dipakai pada acara tertentu saja.

49. GAMELAN

Gamelan adalah ensembel musik yang biasanya menonjolkan gambang, metalofon, gendang ,  dan gong. kata gamelan merujuk pada instrumennya atau alatnya, yang mana adalah sebuah kumpulan beberapa alat menjadi satu dan utuh yang diwujudkan dan difungsikan bersama. Gamelan sendiri berasal dari bahasa Jawa gamel yang berarti memukul atau menabuh, diikuti akhiran an yang menjadikannya kata benda.

50. KENDANG

Kendang merupakan alat musik tradisional yang dipukul yang terbuat dari bahan kayu nangka, kelapa atau cempedak. Kulit kerbau sering digunakan untuk permukaan yang memancarkan ketukan bernada rendah sedangkan kulit kambing digunakan untuk chang yankni permukaan luar yang memancarkan ketukan bernada lebih tinggi dari bam. Pada tali kulit yang sepert  “Y” atau tali rotan, yang dapat diseting ukurannya atau dikendurkan untuk mengubah suara dasar.

51. KENONG

Kenong merupakan salah satu alat musik tradisional yang merupakan gamelan Jawa. Kenong dapat dimainkan dengan dipukul oleh satu alat pemukul khusus yakni menggunakan alat pemukul kayu yang dililitkan kain. Jumlah dalam satu set bervariasi tapi umumnya sekitar 10 buah.

Alat musik tradisional Tradisonal dari daerah jawa barat:

52. CELEMPUNG

Celempung merupakan sebuah istrumen musik tradisional  jenis alat pukul ini terbuat dari bambu, dimainkan dengan cara dipukul dengan alat bantu pemukul. Waditra ini berperan seperti kendang atau gendang, yaitu sebagai pengatur irama lagu. Bentuk penyajian waditra ‘Celempung’ disebut sebagai ‘Celempungan’.CALUNG

Calung merupakan  alat musik tradisional Sunda yang merupakan prototipe dari alat music angklung. Tetapi beda dengan angklung yang dimainkan dengan cara digoyangkan, cara menabuh calung adalah dengan memukul batang atau wilahan, bilah dari ruas-ruas  yang tersusun menurut tangga nada .

54. ARUMBA

Arumba meupakan bagian  musik dari berbagai alat musik tradisional yang dibuat dari bahan dasar bambu. Arumba ada sejak sekitar tahun 1960-an di Jawa Barat Indonesia, saat ini menjadi sebuah alat musik tradisional khas Jawa Barat.

Alat musik tradisional Tradisonal dari daerah Kalimantan selatan :

55. KALAMPAT

Kalampat merupakan alat musik tradisional satun rumpun dengan gendang namun hanya satu bagian saja yang bisa dipukul. Bagian tengah gendang terbuat dari batang pohon batung atau pohon  bambu tebal berdiamter besar. Kalampat digunakan dengan teknik dipukul memakai pemukul dari rotan.

56. KALANG KUPAK

Kalang Kupak merupakan alat musik tradisional yang terbuat dari bahan dasar bambu yang tipis yakni Paring Tamiang. Kalang Kupak terdiri dari 8 ruas bambu yang masing-masing dipotong setengahnya dan mengerucut   di bagian ujung.

Alat musik tradisional Tradisonal dari daerah Kalimantan tengah :

57. GANDANG MARA

Gandang Mara ialah alat musik tradisional aliran perkusi sejenis gendang mempunyai ukuran setengah sampai 3 perempat meter. berbentuk silinder yang dibuat dari kayu dan pada ujung permukaan ditutup kulit rusa yang telah dikeringkan, kemudian diikat rotan agar kencang dan supaya lebih kencang lagi diberi pasak.

58. GANDANG TATAU

Gandang Tatau (gendang tunggal) adalah jenis Gandang yang agak besar dan panjang. Panjangnya bisa mencapai satu-dua meter dengan garis tengah atau diameter mencapai lebih kurang 40 centimeter.

Alat musik tradisional Tradisonal dari daerah Kalimantan timur :

59. LULUNG

Lulung adalah alat musik tradisional yang terbuat dari bambu. Alat musik tradisional ini berupa sitar tabung yang masuk dalam golongan idiokordofon. Lulung dilengkapi 6 dawai yang diambil dari badan bambu. Alat musik tradisional ini dimainkan para wanita Dayak Kenyah dengan cara dipetik.

60. SAMPEK

Sampek atau Sampe merupakan alat musik tradisional Suku Dayak. Penyebutan alat musik tradisional yang digunakan dengan teknik dipetik ini berbeda-beda oleh tradisi setiap Sub suku dayak di Kalimantan Timur.

Biasanya disebut sape’ kayaan, alat musik tradisional ini terbuat dari berbagai jenis kayu ( kayu arrow, kayu kapur, kayu ulin) yang dibuat secara tradisional. Dibuat dengan tiga senar, empat senar dan enam senar. sampek akan diukir sesuai dengan keinginan si pembuatnya dan setiap ukiran memiliki arti tertentu.

Demikianlah artikel tentang 60 Alat Musik Tradisional Indonesia  Daerah Asal, Gambar dan Penjelasan  dari ayoksinau.com semoga dapat bermanfaat.

<< KEMBALI KE HALAMAN SEBELUMNYA

Baca Juga :