Yuk Intip Sejarah Komputer Sampai Menjadi Canggih Seperti Sekarang Ini

Posted on

Yuk Intip Sejarah Komputer Sampai Menjadi Canggih Seperti Sekarang Ini

Anda sering memakai komputer? Sudah tahukah sejarah komputer? Kebanyakan orang memang sering menggunakan alat yang canggih ini namun ternyata belum banyak yang tahu sejarah dan asal usulnya.

Awalnya komputer bukanlah alat canggih seperti sekarang ini. Komputer dulunya merupakan alat hitung yang telah mengalami evolusi yang sangat panjang sehingga menjadi alat multifungsi yang dikenal seperti sekarang ini.

Saat ini komputer memang memiliki kemampuan yang luar biasa seperti bisa mengetik surat, menghitung, membuat persentasi, mengedit foto, menonton video, mendengarkan musik, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Dewasa ini komputer memang sangat membantu pekerjaan manusia dalam berbagai bidang. Tak heran jika alat ini menjadi kebutuhan di setiap kantor ataupun tempat kerja.

Sudah tentu Anda bisa menggunakan alat canggih yang satu ini, namun apakah Anda sudah mengenal sejarah komputer? Jika belum yuk simak informasi di bawah ini.

Sejarah komputer tidak pernah lepas dari kebutuhan manusia yang selalu ingin tahu berapa hasil dari sebuah perhitungan, baik itu perhitungan yang sederhana maupun perhitungan yang rumit sekalipun.

Untuk bisa mendapatkan sebuah infomasi yang cepat dan tepat, manusia terus menggali potensi untuk mencari dan menemukan sebuah alat bantu yang dapat menghitung dengan cepat dan mengolah suatu data dengan baik.

Awal mulanya alat hitung digerakkan dengan menggunakan tenaga manusia atau secara manual. Periode manual ini terjadi pada tahun 1000 Sebelum Masehi sampai tahun 1641 sebelum masehi.

Selanjutnya alat hitung ini terus mengalami perkembangan yang tadinya menggunakan bantuan manusia untuk menggerakannya kemudian diganti dengan menggunakan penggerak mekanik yaitu memanfaatkan roda bergigi untuk menggerakannya. Namun, masih saja ada ikut campur manusia dalam menggerakan alat ini. Ya, roda bergigi tersebut masih digerakan lagi oleh tangan manusia. Masa ini disebut sebagai periode mekanis yang berlangsung kira-kira pada tahun 1642 sampai 1885.

Perkembangan selanjutnya, alat hitung ini sudah menggunakan tenaga listrik untuk menggerakannya. Masa ini disebut sebagai periode elektromekanis yang terjadi pada tahun 1886 sampai 1945. Hingga sampailah pada perkembangan terakhir yaitu menggunakan sirkuit elektronik sebagai bahan penggeraknya yang terjadi sejak tahun 1946 sampai sekarang.

Pada periode inilah komputer mulai mengalami perkembangan dari yang dulunya menggunakan tabung yang besar dan berat sampai sekarang yang tabungnya sangat tipis dan ringan. Bahkan sekarang sudah ada laptop yang bisa dibawa kemana saja.

Komputer zaman dulu penyimpanannya masih menggunakan penyimpanan luar yaitu berupa magnetik drum atau magnetik tape. Mungkin anak zaman sekarang tidak tahu apa itu magnetik drum. Nah, sekarang penyimpanannya sudah bisa menggunakan penyimpanan dalam yaitu berupa RAM dan ROM.

Setelah melalui perjalanan yang panjang akhirnya komputer sudah semakin canggih dewasa ini dan pekerjaan manusia pun menjadi terbantu dengan adanya alat ini. Semoga informasi mengenai sejarah komputer tadi dapat memperkaya ilmu Anda dan menjadikan Anda lebih bersyukur karena tidak perlu repot lagi dalam menjalankan setiap program di dalam komputer.

sekian ulasan tentang Yuk Intip Sejarah Komputer Sampai Menjadi Canggih Seperti Sekarang Ini semoga artikel dari ayoksinau.com bisa bermanfaat.

Baca juga artikel lainnya :