Anda Yang Tinggal Di Jakarta, Yuk Simak Sejarah Jakarta Dan Perkembangannya

Posted on

Sejarah Jakarta – Jakarta adalah Ibu Kota Indonesia dimana kota ini merupakan kota terpadat dan termacet yang ada di Indonesia. Kota yang juga merupakan kota dengan perkembangan yang sangat pesat ini juga memiliki nilai sejarah yang sangat kaya akan nilai perjuangan para Pahlawan.

gambar Sejarah Jakarta Dan Perkembangannya

Namun tidak banyak orang yang tahu mengenai sejarah Jakarta meskipun lahir dan besar di kota Metropolitan ini. Untuk Anda yang belum mengetahui secara lengkap mengenai sejarah Jakarta, berikut adalah beberapa ulasan mengenai sejarah Jakarta pada masa lampau dan perkembangannya.

Sejarah Jakarta pada masa lampau

Sejarah Jakarta atau Kota Tua sendiri berawal ketika di tahun 1526 yakni Fatahillah dikirim untuk melawan dan menyerang pelabuhan Sunda Kelapa yang terletak di Pajajaran, dimana Pajajaran merupakan sebuah kerajaan Hindu di tahun 1526, yang kemudian diberi nama Jayakarta. Kota yang namanya berganti menjadi Batavia pada masa pendudukan Belanda, sekarang berganti nama menjadi Kota Tua, Jakarta Tua atau nama lain yakni Batavia Tua.

Pemberian sebutan Kota Tua sendiri merupakan sebuah tanda yang dijadikan sebagai pengingat wilayah pada masa kolonial yakni tepatnya di abad ke 16 bahwa kota tersebut hanya berada di dalam daerah dinding Batavia (dimana Batavia tersebut sekarang disebut sebagai kota) sedangkan wilayah sekitarnya hanya berupa kampung atau desa, sawah dan perkebunan.

Batavia atau Kota Tua dulu pernah menjadi sentral atau pusat komersil di seluruh nusantara sebab lokasinya strategis dan juga sumber dayanya yang melimpah. Sejarah Jakarta memiliki cerita yang panjang, dimana sejarah Jakarta terbentuk saat Batavia mulai melebar ke bagian barat dari wilayah Ciliwung, di atas reruntuhan kota Jayakarta. Dimana kota ini di desain menjadi kota yang mengadopsi gaya Belanda Eropa, lengkap dengan bangunan benteng yang kemudian diberi nama Kasteel Batavia, kanal-kanal dan dinding kota.

Baca juga :

Akhirnya pada tahun 1650 kota Batavia selesai dibangun kemudian menjadi ibukota VOC di wilayah East Indies. Namun kanal-kanal yang sudah dibangun kemudian mulai terisi penuh sebab adanya penyakit tropis, dimana penyakit tropis tersebut ada di dalam bangunan dinding kota disebabkan karena sistem sanitasi yang sangat buruk.

Akan tetapi akhirnya, pada tahun 1870 Kota ini mulai melebar kembali dengan didukung oleh banyaknya orang yang akan pindah tempat dari area Kota menuju ke wilayah Weltevreden atau wilayah Lapangan Merdeka seperti yang dikenal sekarang ini.

Sejarah Jakarta akhrinya mulai berkembang lagi dengan selesainya masa pendudukan negara Jepang, tepat pada tahun 1972 Gubernur Jakarta (pada masa itu)  yakni Ali Sadikin mengeluarkan pernyataan dan perintah resmi bahwasannya daerah Kota Tua akan dijadikan sebagai situs warisan sejarah Jakarta di Indonesia ini.

Demikianlah ulasan singkat mengenai sejarah Jakarta dan perkembangannya pada masa lampau, dimana kota yang sekarang ini menjadi sebuah ibukota Indonesia dulunya merupakan daerah yang kaya akan nilai sejarah dan penuh perjuangan.

Itulah sedikit ulasan dari ayoksinau.com mengenai sejarah Jakarta. semoga bisa menambah wawasan kalian.

Baca juga artikel lainnya :