Hujan Asam

Diposting pada

Pengertian Hujan Asam

Hujan asam ialah salah satu jenis hujan apabila dilihat dari bentuknya. Hujan asam memiliki pengertian sebagai segala bentuk hujan yang mempunyai tingkat keasaman / pH dibawah normal, yakni dibawah 5,6. Secara umum, hujan yang turun di wilayah Indonesia mempunyai pH normal sekitar 6. Dan hujan asam ini memiliki kandungan pH di bawah kadar normal tersebut. Asamnya hujan ini dikarenakan adanya kandungan karbondioksida / CO? yang larut atas air hujan tersebut dan mempunyai bentuk sebagai asam lemah.

Hujan Asam


Karakteristik Hujan Asam

Seperti jenis hujan lainnya, hujan asam ini juga memiliki karakteristik khusus yang akan menjadi ciri khasnya dan membedakannya atas jenis hujan yang lainnya. Karakteristik / ciri- ciri yang dimiliki oleh hujan asam ini hanya bisa kita temukan di hujan asam saja dan tidak di hujan yang lainnya. Beberapa ciri / karakteristik yang hanya dimiliki oleh hujan asam ini antara lain ialah sebagai berikut:

  • mempunyai pH dibawah kadar normal, yakni dibawah 5,7
  • Terjadi atas adanya peningkatan kadar asam nitrat dan sulfat yang berada di dalam polusi udara.
  • Awal terjadinya atas disebabkan oleh peningkatan emisi sulfur dioksida dan nitrogen oksida yang ada pada atmosfer
  • Meningkatkan seseorang terserang gangguan jantung dan juga paru- paru
  • Membuat kulit menjadi gatal- gatal dan memerah
  • Beresiko menyebabkan pusing bagi orang yang mempunyai kekabalan tubuh yang rendah

Itulah beberapa ciri / karakteristik yang dimiliki oleh hujan asam. Karakteristik yang disebutkan di atas hanyalah sedikit karena ialah karakteristik yang dimiliki oleh hujan asam semata dan tidak dimiliki oleh hujan lain. Sedangkan karaktersitik yang lainnya, yakni yang meliputi warna dan juga rasa, hujan asam ini tidak ada bedanya atas hujan yang lainnya.Dan sehingga kita akan mengetahui terjadinya hujan asam ini dari kandungan yang dimiliki oleh hujan asam tersebut dan juga dampaknya yang akan ditimbulkan dari hujan asam tersebut.


Proses Terjadinya Hujan Asam

Tahapan- tahapan yang akan dilalui di dalam proses terjadinya hujan asam ini setidaknya ada enam tahapan. Tahapan- tahapan tersebut akan disajikan secara urut dan disebut atas kronologis


Hujan Asam

Di Bumi terdapat beragam aktivitas baik aktivitas di alam maupun aktivitas manusia yang menimbulkan berbagai macam gas penyebab hujan asam, seperti karbondioksida, karbonmonoksida, sulfur dioksida, dan hidrogen sulfur.

Kemudian di Bumi juga terjadi penguapan oleh berbagai macam sumber air yang disebabkan oleh pemanasan sinar matahari dan menghasilkan uap air yang banyak.

Setelah itu uap air yang timbul dari pengembunan tersebut akan bertemu atas gas- gas yang menyebabkan terjadinya hujan asam tersebut. Yakni karbondioksida dan karbonmonoksida atas uap air, serta hidrogen sulfur dan sulfur oksida dengan uap air.

Adanya pertemuan uap air dengan karbondioksida / karbon monoksida ini akan menghasilkan asam yang bersifat lemah. Hidrogen oksida dan sulfur dioksida ketika bertemu atas uap air akan menghasilkan asam yang bersifat kuat.


Sifat Hujan Asam

Setelah kita mengetahui akan terjadinya hujan asam, kita akan mengetahui fakta akan hujan asam ini. Berikut ini ialah fakta mengenai hujan asam, yakni sebagai berikut:

Hujan asam ialah sebuah hujan yang intensitas terjadinya meningkat karena ketika terjadinya revolusi industri. Jenis industri yang paling banyak menimbulkan / memicu terjadinya hujan asam ialah indistri yang melakukan pembakaran / yang memiliki cerobong asam dan menggunakannya sebagai cara untuk membuang asap sisa pembakaran.

Penggunaan cerobong asap memang dapat mengurangi polusi udara yang ada di permukaan Bumi (khususnya di bagian bawah), namun penggunaan cerobong asap ini justru akan menambah kontribusi atas penyebaran hujam asam sendiri.


Manfaat Hujan Asam

Sebagai salah satu jenis fenomena alam, hujan sangat biasa dikenal sebagai fenomena alam yang memiliki banyak sekali manfaat bagi alam dan juga makhluk hidup yang ada di dalamnya. Bukan hanya manusia, namun juga binatang dan juga tumbuh- tumbuhan.

Seperti halnya hujan atas umumnya, hujan asam pun juga memiliki sisi positif. Sisi positif ini ialah sisi kemanfaatan dari hujan asam sendiri bagi alam sekitar atau alam semesta raya. Walaupun sebenarnya hujan asam lebih identik terhadapat sesuatu hal yang negatif, namun keberadaannya di Bumi ternyata juga bisa membawa sedikit manfatat.


Dampak Negatif Hujan Asam

Sesuatu selain memiliki manfaat, terkadang juga memiliki dampak / kerugian. Hal ini seperti hukum alam, ada sisi positif dan ada sisi negatif. Demikian halnya atas hujan asam ini. Sisi positif yang dimiliki oleh hujan asam ialah manfaatnya, dan sisi negatif ialah dampaknya. Seperti yang kita ketahui bersama dan dijelaskan di bagian awal bahwasannya hujan asam ini bisa membawa dampak yang bermacam- macam.

demikianlah artikel dari ayoksinau.com mengenai Hujan Asam : Pengertian, Proses, Manfaat, dan Dampaknya, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.