Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia Menurut Para Ahli

Diposting pada
Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia Menurut Para Ahli
5 (100%) 1 vote

Manajemen sumber daya manusia merupakan salah satu jenis ilmu yang memaparkan mengenai bagaimana mengatur hubungan antara peranan sumber daya yang terdapat pada masing-masing individu. Dengan demikian jika manajemen dilakukan secara efisien dan diterapkan secara maksimal dapat tercapai suatu tujuan bersama dengan baik. Berikut penjelasan mengenai pengertian manajemen sumber daya manusia menurut para ahli.

Hasibuan (2002)

Menurut Hasibuan, Manajemen sumber daya manusia merupakan ilmu dan seni yang mengatur hubungan dan peranan tenaga kerja agar efektif dan berjalan dengan efisien. Selain itu, manajemen sumber daya manusia dapat membantu terwujudnya tujuan perusahaan, karyawan, dan masyarakat.

Tulus (1992)

Menurut Tulus, Manajemen sumber daya manusia merupakan suatu proses yang terdiri atas rangkaian pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan atas pengadaan, pengembangan, pemberian kompensasi, pengintegrasian, pemeliharaan, dan pemutusan hubungan tenaga kerja diartikan untuk membantu tujuan organisasi, individu, dan masyarakat.

Sofyandi (2009)

Menurut Sofyandi, Manajemen sumber daya manusia adalah salah satu cara untuk menerapkan fungsi dan peran manajemen yakni planning, organizing, leading and controlling, dalam setiap aktivitas atau fungsi operasional sumber daya manusia mulai dari proses penarikan, seleksi, pelatihan dan pengembangan.

Dimana untuk penempatan yang meliputi promosi, demosi, dan transfer, penilaian kerja, pemberian kompensasi, hubungan industrial sampai pemutusan hubungan kerja. Kemudian, akan ditunjukkan bagi peningkatan kontribusi produktif dari sumber daya manusia organisasi dengan pencapaian tujuan organisasi yang bersifat efektif dan efisien.

Handoko (2000)

Menurut Handoko, Manajemen sumber daya manusia merupakan penarikan, seleksi, pengembangan, pemeliharaan, dan penggunaan sumber daya manusia untuk mencapai titik tujuan individu atau organisasi. Dengan adanya manajemen dalam suatu instansi maka segala perencanan akan berjalan sesuai dengan tujuan.

Henry Simamora (1999)

Menurut Henry Simamora, Manajemen sumber daya manusia adalah pengembangan, pendayagunaan, penelitian, pemberian balas jasa, dan pengelolaan individu anggota organisasi atau kelompok dalam bekerja. Manajemen sumber daya manusia jika diorganisasikan dengan tepat akan terrealisasikan keselarasan antara tujuan instansi terhadap kinerja masing-masing individu dalam bekerja.

Moses N. Kiggundu (1989)

Menurut Moses N. Kiggundu, Manajemen sumber daya manusia adalah pengembangan dan pemanfaatan pegawai dalam rangka untuk mencapai tujuan dan sasaran individu organisasi, masyarakat, bangsa, yang lebih terarah. Manajemen memberikan gambaran untuk melaksanakan struktur kerja secara sistematis dan teratur.

Anwar Prabu Mangkunegara (2001)

Menurut Anwar Prabu Mangkunegara, Manajemen sumber daya manusia merupakan upaya untuk menyusun perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan terhadap pengadaan, pengembangan, pemberian balas jasa, pengintregasian, pemeliharaan, dan pemisahan tenaga kerja dalam konsepan untuk meraih tujuan yang telah ditetapkan dalam sebuah organisasi.

Rival (2005)

Menurut Rival, Manajemen sumber daya manusia ialah salah satu bidang yang terdapat di dalam manajemen umum yang tersusun dari aspek perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengendalian dalam sistem pengelolaan instansi.

Armstrong (1990)

Menurut Armstrong, Manajemen sumber daya manusia merupakan upaya untuk melakukan pendekatan terhadap manajemen manusia yang berlandaskan empat prinsip dasar dalam menjalankannya.

Mangkunegara (2002)

Menurut Mangkunegara, Manajemen sumber daya manusia merupakan usaha yang mencakup suatu perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, pelaksanaan, dan pengawasan terhadap pengadaan, pengembangan, pemberian balas jasa, pengintegrasian, pemeliharaan, dan pemisahan tenaga kerja dalam rangka mencapai tujuan organisasi.

Bohlarander dan Snell (2010)

Menurut Bohlarander dan Snell, Manajemen sumber daya manusia adalah cabang ilmu yang mempelajari bagaimana cara untuk memberdayakan karyawan dalam suatu perusahaan, membuat pekerjaan, kelompok kerja, mengembangkan para karyawan yang mempunyai kemampuan, mengidentifikasi suatu pendekatan untuk bisa mengembangkan kinerja karyawan dan memberikan imbalan terhadap mereka atas usaha dalam pekerjaannya.

Achmad S. Rucky

Menurut Achmad S. Rucky, Manajemen sumber daya manusia ialah gambaran yang lebih tepat pada efisiensi yang sama dalam segi pemanfaatan, akuisisi, pengembangan dan pemeliharaan sumber daya manusia yang terdapat di dalam suatu organisasi secara efektif untuk mencapai tingkat optimal dari pemanfaatan sumber daya manusia oleh organisasi untuk meraih tujuan yang dirumuskan secara bersamaan.

 

READ  Pengertian,Tingkatan dan Definisi Manajemen menurut Para Ahli
READ  Definisi Manajemen Resiko, dan Jenis Resiko | Ayoksinau.com