Pengertian Bank Menurut Para Ahli dan Undang-Undang di Indonesia

Diposting pada
Pengertian Bank Menurut Para Ahli dan Undang-Undang di Indonesia
4.8 (95.56%) 9 votes

Bank merupakan salah satu badan usaha yang mengelola keuangan secara keseluruhan. Bank melayani jasa berupa simpanan giro, tabungan, ataupun deposito. Selain itu juga bank dimanfaatkan sebagai alternatif untuk proses tempat simpan pinjam atau biasa disebut dengan kredit yang biasa dilakukan oleh warga masyarakat untuk memperoleh dana pinjaman.

Fungsi bank secara umum diantaranya sebagai tempat untuk pertukaran mata uang, perpindahan uang (transfer), sebagai tempat pembayaran maupun setoran.

Penjelasan Asal Kata BANK

BANK berasal dari bahasa Italia yakni BANCO yang artinya bangku. Dengan demikian maksud dari kata bangku yaitu sebagai wadah operasional para bankir zaman dahulu untuk melayani seluruh nasabah. Seiring berjalannya perkembangan sehingga istilah bangku ini dikenal dengan sebutan BANK yang identik dengan pengelolaan keuangan. Bank memiliki definisi yang cukup luas dan beberapa ahli menyimpulkan pengertian bank sebagai berikut :

Kasmir (2003)

Jika ditinjau secara sederhana bank dapat diartikan sebagai lembaga yang mengatur keuangan dan pada kegiatan utamanya yakni mengumpulkan dana dalam bentuk tabungan dari masyarakat, kemudian disalurkan dana tersebut pada masyarakat dan memberikan jasa pinjaman ke bank lain.

Abdullah (2005)

Bank ialah bagian dari lembaga keuangan yang berfungsi untuk memanajemen penghimpunan dana yang berasal dari masyarakat dan yang mempunyai kelebihan dana, kemudian disalurkan dana tersebut untuk masyarakat yang kekurangan akan dana untuk modal usaha, pembangunan, dan sebagainya.

Undang-undang RI No. 10 Tahun 1998 tanggal 10 November Tentang Perbankan (Pasal 1 Ayat 2)

Di dalam peraturan undang-undang ini bank diartikan sebagai suatu badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit dan atau bentuk-bentuk lain dengan tujuan untuk meningkatkan taraf hidup orang banyak.

Selain itu, diperjelas lagi dalam pasal 1 ayat 3 yang menuturkan bahwa bank umum adalah bank yang melaksanakan kegiatan-kegiatan konvensional maupun secara syariah dalam kegiatannya memberikan jasa keuangan dalam lalu lintas pembayaran.

Undang-undang Republik Indonesia No. 23 Tahun 1999

Istilah bank ialah Bank Umum dan Bank Perkreditan Rakyat sebagaimana yang dimaksud dalam undang-undang yang berlaku. Dari beberapa penjelasan mengenai istilah bank di atas dapat disimpulkan bahwa bank merupakan suatu lembaga yang berperan dalam masalah keuangan antara pihak-pihak yang mempunyai kelebihan dana dan pihak-pihak yang memerlukan dana, serta suatu wadah yang berperan untuk memperlancar lalu lintas proses pembayaran masyarakat.

Dengan demikian dapat diasumsikan segala aktivitas bank selalu berkaitan dengan bidang keuangan dan memiliki fungsi dasar sebagai penghimpun dana, menyalurkan, dan memberikan jasa peminjaman uang untuk yang membutuhan dana dalam skala sangat besar. Pada saat ini jenis-jenis bank sungguh beragam dengan keunggulannya masing-masing.

 

READ  Mengenal Bank Syariah Di Indonesia, Pengertian Bank Syariah, Karakteristik Bank Syariah, dan Peran Bank Syarih (Lengkap)
READ  Perkembangan Bank Syariah di Indonesia (Lengkap)