Penjelasan Format Penulisan Proposal Penelitian Secara Lengkap dan Terstruktur

Diposting pada
Penjelasan Format Penulisan Proposal Penelitian Secara Lengkap dan Terstruktur
5 (100%) 1 vote

Proposal penelitian adalah sebuah karya ilmiah yang di dalamnya terdapat rancangan konsep penelitian yang cakupannya meliputi teori, alasan, penggunaan metode ilmiah, dan lain sebagainya. Dalam menyusun sebuah karya ilmiah (baca : proposal penelitian), diperlukan adanya pemahaman mengenai struktur penyusunannya terlebih dahulu sebelum melakukan penyusunan.

Struktur Penyusunan Proposal Penelitian

Dalam pembuatan proposal penelitian ada beberapa bagian penting yang harus dicantumkan pada proposal penelitian, diantaranya sebagai berikut :

  1. Halaman Judul

Pada bagian depan proposal penelitian terdiri dari halaman judul yang memuat, judul penelitian, jenis laporan, logo perguruan tinggi, nama, NPM, nama program studi, nama jurusan, nama perguruan tinggi, dan tahun pengajuan proposal. Penulisan judul dibuat secara singkat dan menggambarkan konsep, variabel, serta topik penelitian. Format halaman judul pada proposal penelitian hendaknya berbentuk seperti piramida terbalik.

2. Halaman Persetujuan

Halaman persetujuan terdiri atas, judul usul penelitian, persetujuan dosen pembimbing disertai tanda tangan, dan waktu persetujuan.

3. Daftar Isi

Daftar isi adalah halaman yang menyajikan urutan dari bagian-bagian isi dalam skripsi yang terdiri atas sub-sub bagian serta terdapat nomor halaman. Dengan demikian dapat mempermudah pembaca dalam menemukan sub bab yang akan di baca.

4. Latar Belakang Masalah

Latar belakang masalah menggambarkan topik permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian, sehingga harus dapat memberikan ulasan singkat dari masalah yang luas ke arah masalah yang khusus. Oleh sebab itu dalam pembuatan latar belakang masalah diperlukan data penelitian awal dari tempat penelitian tersebut.

5. Rumusan Masalah

Rumusan masalah yang akan dicantumkan dalam proposal penelitian berupa kalimat tanya yang tegas dan jelas. Selain itu, rumusan masalah juga harus dapat menggambarkan hubungan antara variabel penelitian.

6. Batasan Masalah

Batasan masalah adalah ruang lingkup penelitian yang tersusun atas tema, wilayah, sumber informasi, lokasi penelitian, dan waktu penelitian. Dengan adanya batasan masalah ini peneliti dapat mengukur hal apa saja yang perlu dilakukan seorang peneliti dalam mendapatkan data.

7. Tujuan Penelitian

Dalam pembuatan tujuan penelitian harus dapat menjawab semua rumusan permasalahan yang telah dibuat dalam proposal penelitian. Fungsi tujuan penelitian yaitu dapat memberikan informasi atau landasan dari hasil pembahasan penelitian.

8. Manfaat Penelitian

Manfaat penelitian meliputi, manfaat bagi pengguna, instansi, dan untuk peneliti. Dengan demikian manfaat penelitian dapat memberikan masukan untuk peneliti, masyarakat, dan instansi yang berkaitan sehingga diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan koreksi dan pertimbangan dalam menentukan kebijakan.

9. Landasan Teori

Landasan teori adalah kerangka teori yang diperoleh dari beberapa sumber sebagai referensi pendukung variabel penelitian. Beberapa teori yang termuat pada landasan teori akan dijadikan sebagai acuan dari hasil penelitian, sehingga harus disusun secara singkat dan jelas.

10. Kerangka Konsep Penelitian

Kerangka konsep penelitian memberikan gambaran komponen yang telah di pilih dari kerangka teori yang akan dijadikan sebagai dasar penelitian. Oleh sebab itu kerangka konsep tercipta dari kerangka teori yang berhubungan terhadap masalah penelitian yang lebih spesifik.

11. Hipotesis

Hipotesis merupakan jawaban sementara yang diperoleh dari masalah awal yang dihadapi. Hipotesis tidak selalu ada dalam proposal penelitian sehingga hanya terdapat pada jenis penelitian tertentu saja.

12. Populasi dan Sampel

Populasi adalah keseluruhan subjek penelitian yang memiliki karakteristik tertentu dan akan dipelajari untuk menarik kesimpulan. Sampel adalah sebagain dari jumlah populasi yang akan digunakan sebagai subjek dan objek fokus penelitian.

13. Tempat dan Waktu Penelitian

Pada bab 3 proposal penelitian terdapat identitas tempat dan waktu yang digunakan untuk melaksanakan frekuensi penelitian.

14. Variabel

Variabel tersusun atas keterangan fokus permasalahan penelitian yang akan dikaji lebih lanjut.

15. Teknik Pengumpulan Data

Desain atau cara untuk memperoleh data penelitian berupa data primer dan sekunder yang berupa observasi, wawancara, dokumentasi, dan sebagainya.

16. Teknik Pengolahan Data

Cara pengolahan data penelitian untuk mendapatkan informasi yang lebih faktual. Teknik pengolahan data dapat berupa, triangulasi, dan lain-lain.

17. Daftar Pustaka

Daftar pustaka adalah halaman yang menyajikan kumpulan semua alamat sumber yang digunakan dalam proposal penelitian sebagai bahan rujukan.

18. Lampiran

Lampiran memuat segala keterangan informasi berupa angket, perhitungan, dan produk yang telah digunakan sebagai instrumen penelitian.


READ  Contoh Penulisan Bab I Pada Karya Ilmiah Proposal Penelitian
READ  Analisi Kelayakan Pembiayaan Bank Syariah, Pengertian Pembiayaan, Tujuan Analisis Pembiayaan, Prinsip Analisis Pembiayaan, Prosedur Analisis Pembiayaan, Aspek-Aspek Analisis Pembiayaan, dan Draf Proposal Pembiayaan (Lengkap)