Definisi Administrasi Beserta Ciri-Ciri dan Fungsi Administrasi | Ayoksinau.com

Diposting pada
Definisi Administrasi Beserta Ciri-Ciri dan Fungsi Administrasi | Ayoksinau.com
5 (100%) 3 votes

Definisi Administrasi – Pada artikel kali ini, Ayoksinau.com membahas secara detail mengenai Definisi Administrasi Beserta Ciri-Ciri dan Fungsi Administrasi. Tentu Anda tidak asing mendengar kata administrasi? Tapi tahukah Anda apakah Definisi Administrasi Beserta Ciri-Ciri dan Fungsi Administrasi itu?

Definisi Administrasi

Definisi Administrasi

Dalam masyarakat luas, definisi administrasi yaitu suatu kegiatan dan usaha yang berkaitan dengan penyelenggaraan kebijaksanaan guna mencapai suatu tujuan. Terdapat dua definisi administrasi yaitu definisi administrasi secara luas dan definisi administrasi secara sempit. Jika didefinisikan secara luas, definisi administrasi adalah seluruh proses kerja sama dari dua orang atau lebih dalam mencapai suatu tujuan bersama dengan memanfaatkan sarana dan prasarana tertentu secara berhasil guna dan berdaya guna. Sedangkan, jika didefinisikan secara sempit administrasi adalah suatu kegiatan yang berupa catat-mencatat, ketik-mengetik, surat-menyurat, agenda, pembukuan ringan, dan lain sejenisnya yang bersifat teknis ketatausahaan.

Definisi Administrasi Menurut Para Ahli

Setelah kita mengetahui definisi administrasi di atas, terdapat beberapa definisi administrasi yang telah disampaikan oleh para ahli dalam mendefinisikan administrasi. Adapun definisi administrasi menurut para ahli sebagai berikut:

  1. Menurut Ulbert, dalam artian luas administrasi didefinisikan sebagai suatu pencatatan dan penyusunan data beserta informasi secara sistematis baik itu internal ataupun eksternal yang memiliki tujuan untuk menyediakan keterangan serta memberi kemudahan dalam memperoleh kembali data ataupun informasi tersebut baik sebagian maupun seluruhnya. Sedangkan, untuk definisi administrasi dalam arti sempit yaitu didefinisikan sebagai tata usaha.
  2. Menurut Sondang P. Siagian, administrasi didefinisikan sebagai keseluruhan dari serangkaian proses kerja sama oleh dua orang pihak ataupun lebih guna mencapai suaut tujuan yang telah ditentukan berdasarkan atas rasionalitas tertentu.
  3. Menurut Arthur Grager, definisi administrasi yaitu suatu fungsi tata penyelenggaraan terhadap komunikasi dan pelayanan warkat suatu organisasi.
  4. Menurut Edwin Robinson dan William Leffingwell, administrasi didefinisikan sebagai suatu cabang ilmu manajemen yang mempelajari tentang pelaksanaan pekerjaan dalam perkantoran baik itu secara efisien, dimana, maupun kapan pekerjaan tersebut harus dilaksanakan.
  5. Menurut George Terry, administrasi adalah suatu perencanaan, pengendalian, serta pengorganisasian pekerjaan perkantoran yang dilakukan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
READ  Pengertian Website, Manfaat dan Jenis-Jenisnya | Ayoksinau.com

Artikel terkait:

9 Tugas Manajer Yang Harus Diketahui Oleh Manajer Pemula

Ciri-Ciri Administrasi

Adapun beberapa ciri-ciri ataupun karakteristik dari administrasi diantaranya sebagai berikut:

  1. Terdapat kerja sama.
  2. Terdapat kelompok manusia yang terdiri dari 2 orang atau dengan lebih.
  3. Terdapat bimbingan, kepemimpinan dan pengawasan.
  4. Terdapat proses atau usaha.
  5. Terdapat tujuan.

Fungsi Administrasi

Administrasi memiliki tujuh fungsi utama. Adapun fungsi dari administrasi tersebut yaitu sebagai berikut:

  1. Planning (Perencanaan), merupakan penyusun perencanaan memerlukan kegiatan adminitrasi, seperti pengumpulandata, pengolahan data, penyusunan perencanaan.
  2. Organizing (pengorganisasian), merupakan aktivitas membentuk dan menyusun hubungan kerja antar pihak-pihak sehingga dapat terwujudnya suatu kesatuan usaha dalam mencapai suatu tujuan yang ditetapkan sebelumnya.
  3. Staffing, merupakan salah satu fungsi dari manajemen yang menyusun personalia pada suatu organiasik mulai dari merekrut tenaga kerja, pengembangannya sampai dengan usaha untuk setiap tenaga petugas memberi daya guna yang maksimal kepada organisasi.
  4. Directing (bimbingan atau pengarahan), merupakan suatu fungsi manajemen yang berhubungan dengan usaha seperti memberikan perintah-perintah, bimbingan, dan saran-saran agar tugas yang dilaksanakan dapat dilakukan dengan baik dan benar berdasarkan tujuan yang telah ditetapkan.
  5. Coordinating, merupakan sebagian dari fungsi manajemen dalam melaksanakan serangkaian kegiatan agar dapat berjalan baik dengan menghindari terjadinya percekcokan, kekacauan, ataupun bahkan kekosongan kegiatan yang dilakukan dengan cara menyatukan, menghubungkan, serta menyelaraskan pekerjaan karyawan agar tercipta suatu kerja sama yang terarah dalam usaha guna mencapai tujuan dari organisasi tersebut.
  6. Reporting, merupakan manajemen yang berada pada penyampaian perkembangan atau hasil dari kegaitan dengan pemberian keterangaan dari tugas dan fungsi para pejabat yang lebih tinggi baik lisan maupun tulisan sehingga dalam menerima laporan dapat memperoleh gambaran tentang pelakasanaan tugas orang yang memberi laporan.
  7. Budgeting, merupakan suatu kegaitan yang mengelola dan perencanaan yang berkelanjutan mengenai keuangan atau anggaran.
READ  Inilah Sejarah Perkembangan Bahasa Indonesia Dari Dahulu Hingga Sekarang

Demikianlah pembahasan Ayoksinau.com mengenai Definisi Administrasi Beserta Ciri-Ciri dan Fungsi Administrasi. Semoga dapat bermanfaat bagi Anda.

Baca juga artikel-artikel lainnya:

Pengertian Quality Control (QA) Beserta Tugas dan Tanggung Jawabnya| Ayoksinau.com

Definisi Quality Assurance (QA) Beserta Tugas dan Tanggung Jawabnya | Ayoksinau.com

Definisi Quotation – Fungsi dan Jenis Quotation | Ayoksinau.com

Pengertian Produksi – Tujuan, Faktor, Fungsi & Tujuannya | Ayoksinau.com