Pengertian dan Jenis Pengangguran Serta Penyebab dan Dampaknya

Diposting pada

Pengertian-dan-Jenis-Pengangguran

Pengertian Pengangguran

Secara umum pengangguran merupakan seorang penduduk yang tidak bekerja dan sedang dalam proses mencari pekerjaan, atau bisa saja seorang penduduk yang sedang mempersiapkan membuka peluang usaha baru karena dirinya merasa sudah tidak mampu lagi mencari pekerjaan. Ada yang berpendapat bahwa seorang yang menganggur belum tentu sudah mencari pekerjaan kemudian tidak mendapatkan, tetapi ada dari beberapa penduduk  yang tidak mencari pekerjaan karena sudah merasa tidak akan mungkin mendapatkan pekerjaan dan biasanya seseorang tersebut disebut dengan penganggur yang sudah putus ada.

Pengangguran adalah orang yang masuk dalam angkatan kerja  yang sedang mencari pekerjaan dan belum mendapatkannya. Menurut Teori Klasik (1729-1790), pengangguran itu bersifat sukarela, karena tidak sesuainya tingkat upah dengan aspirasi pekerja. Bertambahnya jumlah pengangguran dalam masyarakat terjadi karena orang menunggu pada masa transisi dari satu pekerjaan ke pekerjaan yang lain. Teori ini menyebutkan bahwa untuk mengurangi pengangguran tidak diperlukan campur tangan pemerintah karena pengangguran yang terjadi sifatnya sukarela.Untuk mengukur tingkat pengangguran pada suatu wilayah bisa didapat dar prosentase membagi jumlah pengangguran dengan jumlah angkaran kerja.

Tingkat Pengangguran = Jml Yang Nganggur / Jml Angkatan Kerja x 100%


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Macam dan Dampak Pengangguran


Jenis dan Macam Pengangguran

Pengangguran Friksional

Pengangguran friksional adalah pengangguran yang sifatnya hanya sementara yang disebabkan adanya kendala waktu, informasi dan kondisi geografis antara pelamar kerja dengan pembuka lamaran pekerjaan yang menjadi pihak penyedia.

Pengangguran Struktural

Pengangguran struktural adalah keadaan di mana penganggur yang mencari lapangan pekerjaan tetapi tidak mampu memenuhi persyaratan yang ditentukan pembuka lapangan kerja. Karena Semakin maju suatu perekonomian suatu daerah terlebih di kota besar maka akan meningkatkan pula kebutuhan akan sumber daya manusia yang memiliki kualitas yang lebih baik dari sebelum-sebelumnya.

Pengangguran Musiman

Pengangguran musiman adalah keadaan menganggur karena adanya fluktuasi kegiaan ekonomi jangka pendek atau perubahan keadaan suatu Negara secara tiba-tiba yang menyebabkan seseorang harus nganggur.  seperti petani yang menanti musim tanam, tukan jualan duren yang menanti musim durian.

Pengangguran Siklikal

Pengangguran siklikal adalah pengangguran yang menganggur akibat imbas naik turun siklus ekonomi sehingga permintaan tenaga kerja lebih rendah daripada penawaran kerja.

Pengangguran juga dapat dibedakan atas pengangguran sukarela (voluntary unemployment) dan dukalara (involuntary unemployment). Pengangguran suka rela adalah pengangguran yang menganggur untuk sementara waktu karna ingin mencari pekerjaan lain yang lebih baik. Sedangkan pengangguran duka lara adalah pengengguran yang menganggur karena sudah berusaha mencari pekerjaan namun belum berhasil mendapatkan kerja.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian Prinsip Ekonomi, Ciri-Ciri, Jenis & Contohnya Lengkap | Ayoksinau.com


Masalah Penganguran

Masalah ketenagakerjaan di Indonesia sekarang ini sudah mencapai kondisi yang cukup memprihatinkan ditandai dengan jumlah penganggur dan setengah penganggur yang besar, pendapatan yang relatif rendah dan kurang merata.Sebaliknya pengangguran dan setengah pengangguran yang tinggi merupakan pemborosan pemborosan sumber daya dan potensi yang ada, menjadi beban keluarga dan masyarakat, sumber utama kemiskinan, dapat mendorong peningkatan keresahan sosial dan kriminal, dan dapat menghambat pembangunan dalam jangka panjang.

Kondisi pengangguran dan setengah pengangguran yang tinggi merupakan pemborosan sumber daya dan potensi yang ada, menjadi beban keluarga dan masyarakat, sumber utama kemiskinan, dapat mendorong peningkatan keresahan sosial dan kriminal; dan dapat menghambat pembangunan dalam jangka panjang.Pembangunan bangsa Indonesia kedepan sangat tergantung pada kualitas sumber daya manusia Indonesia yang sehat fisik dan mental serta mempunyai ketrampilan dan keahlian kerja, sehingga mampu membangun keluarga yang bersangkutan untuk mempunyai pekerjaan dan penghasilan yang tetap dan layak, sehingga mampu memenuhi kebutuhan hidup, kesehatan dan pendidikan anggota keluarganya.

Dalam pembangunan Nasional, kebijakan ekonomi makro yang bertumpu pada sinkronisasi kebijakan fiskal dan moneter harus mengarah pada penciptaan dan perluasan kesempatan kerja.Untuk menumbuh kembangkan usaha mikro dan usaha kecil yang mandiri perlu keberpihakan kebijakan termasuk akses, pendamping, pendanaan usaha kecil dan tingkat suku bunga kecil yang mendukung.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian Kebijakan Moneter, Sejarah Moneter Islam, Teori Permintaan Uang Lengkap


Penyebab Pengangguran

Berikut adalah beberapa penyebab pengangguran yang umum terjadi di Indonesia.

  1. Pendidikan rendah
    Pendidikan yang rendah dpat menyebabkan seseorang kesulitan dalam mencari pekerjaan.Di karenakan semua perusahaan membutuhkan pegawai seminimal SMA.
  2. Kurangnya keterampilan
    Banyak mahasiswa atau lulusan SMA yang sudah mempunyai kriteria dalam bekerja,namun dalam teknisnya keterampilannya masih kurang. Sehingga susah dalam mencari pekerjaan.
  3. Kurangnya lapangan pekerjaan
    Setiap tahunnya, Indonesia memiliki jumlah lulusan sekolah atau kuliah yang begitu tinggi.Jumlah yang sangat besar ini tidak seimbang dengan lapangan pekerjaan yang ada, baik yang di sediakan oleh pemerintah maupun swasta.
  4. Kurangnya tingkat EQ masyarakat
    Tingkat EQ meliputi kemampuan seseorang dalam mengandalikan emosi, yang berpengaruh terhadap keterampilan berbicara/berkomunikasi, bersosialisasi, kepercayaan diri, dan sifat lainnya yang mendukung dalam hidup di masyarakat.
  5. Rasa malas dan ketergantungan diri pada orang lain.
    Misalnya ada seorang lulusan sarjana yang kemudian tidak mau bekerja dan lebih suka menggantungkan hidup kepada orang tua atau pasangannya bila sudah menikah.Ia termasuk pengangguran, selain itu ia melewatkan peluang untuk menciptakan suatu lapangan pekerjaan bagi orang lain.
  6. Tidak mau berwirausaha
    Umumnya sesorang yang baru lulus sekolah/kuliah terpaku dalam mencari pekerjaan, seolah itu adalah tujuan yang sangat mutlak. Sehingga persaingan mencari pekerjaan lebih besar di bandingkan membuat suatu usaha.

Kebijakan Pemerintah Pusat dengan kebijakan Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota harus merupakan satu kesatuan yang saling mendukung untuk penciptaan dan perluasan kesempatan kerja.
Permagangan mungkin salah satu alternatif solusi praktis dan tepat.Hal ini didasarkan bahwa dunia usaha terkesan tertutup terhadap mahasiswa yang datang untuk melakukan kegiatan penelitian (riset) sehingga menguatkan adanya kesenjangan tersebut.Tapi ini juga belum ditangani secara serius dan terpadu.

Salah satu bentuk pengangguran yang populer dewasa ini adalah pengangguran terdidik.Kekurangselarasan antara perencanaan pembangunan pendidikan dengan perkembangan lapangan kerja merupakan penyebab utama terjadinya jenis pengangguran ini.Pengangguran terdidik secara potensial dapat menyebabkantimbulnya masalah-masalah sosial dengan tingkat rawan yang lebih tinggi, menciptakan pemborosan sumber daya pendidikan, menurunkan apresiasi masyarakat terhadap pendidikan.

Menurunnya apresiasi masyarakat terhadap pendidikan itu di , ditandai oleh:

  • berkurangnya jumlah siswa (di samping akibat keberhasilan KB).
  • meningkatnya jumlah tenaga kerja (TK) unskill and uneducated dalam sektor sekunder.
  • rendahnya angka melanjutnya pendidikan (di Jawa Barat hanya 57% lulusan SD meneruskan ke SMP).
  • meningkatnya jumlah pengguna jasa pendidikan luar negeri.

Setelah mengetahui apa itu pengangguran. Maka kalian dapat menyimpulkan bahwa adanya beberapa penyebab yang dapat terjadi. Penyebab terjadinya pengangguran pada suatu wilayah atau bahkan disuatu negara, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Besarnya angka kemiskinan
  • Pertumbuhan angka ekonomi yang jauh lebih kecil daripada angka pertumbuhan angkatan kerja
  • Sangat sulitnya arus masuk modal asing
  • Terjadinya urbanisasi
  • Tekanan pada kenaikann upah pada usaha yang masih belum kondusif/lesu
  • Kompetensi yang dimiliki para pencari kerja tidaklah sesuai dengan pasar kerja
  • Adanya tekanan demografis dengan komposisi dan jumlah angkatan kerja yang besar
  • Lapangan pekerjaan yang tersedia dan disediakan lebih kecil dibandingkan dengan para pencari kerja
  • Terjadinya pemutusan hubungan pekerjaan dengan para pekerja (PHK), hal tersebut biasanya dilakukan oleh perusahaan-perusahaan untuk mengurangi bidang usaha, dikarenakan sudah mulainya krisis ekonomi.
  • Tidak efektifnya informasi mengenai pasar kerja yang ada sehingga pada pencari kerja kurang efektiff juga untuk mendapatkan informasi
  • Dengan adanya teknologi yang semakin modern sehingga tenaga manusia sudah mulai jarang digunakan, karena sudah menggunakan teknologi informasi yang memadai serta dapat menghemat biaya pengeluaran perusahaan.
  • Keahlian, ketrampilan dan juga pendidikan masyarakat yang tidak memadai atau rendah, sehingga para pencari kerja tidak mampu bersaing didunia kerja
  • Adanya pasar global
  • Kestabilan politik ada pada suatu wilayah tidak stabil
  • Adanya proteksionis yang dilakukan sejumlah negara maju dan negara berkembang dalam menerima ekspos dari negara lain.
  • Musim juga dapat mempengeruhi adanya lapangan pekerjaan
  • Permintaan tenaga kerja dari perusahaan yang berkurang
  • Ketimpangan pendapatan.

Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian Wirausaha : Pengertian Beserta Cirinya Lengkap


Dampak pengangguran terhadap pembangunan nasional

Jika tingkat pengangguran tinggi, sumber daya menjadi terbuang percuma dan tingkat pendapatan masyarakat akan merosot. Sehingga menghambat beberapa faktor pembangunan nasional, seperti :

  1. Pendapatan nasional dan pendapatan perkapita.
    Upah merupakan salah satu komponen dalam penghitungan pendapatan nasional. Apabila tingkat pengangguran semakin tinggi, maka nilai komponen upah akan semakin kecil. Dengan demikian, nilai pendapatan nasional pun akan semakin kecil.Pendapatan per kapita adalah pendapatan nasional dibagi jumlah penduduk. Oleh karna itu, nilai pendapatan nasional yang semakin kecil akibat pengangguran akan menurunkan nilai pendapatan per kapita.
  2. Beban psikologis
    Semakin lama seseorang menganggur, semakin besar beban psikologis yang harus ditanggung.Secara psikologis, orang yang menganggur mempunyai perasaan tertekan, sehingga berpengaruh terhadap berbagai perilakunya dalam kehidupan sehari-hari. Dampak psikologis ini mempunyai efek domino di mana secara sosial, orang menganggur akan merasa minder karena status sosial yang tidak atau belum jelas.
  3. Biaya sosial
    Dengan semakin besarnya jumlah pengangguran, semakin besar pula biaya sosial yang harus dikeluarkan. Biaya sosial itu mencakup biaya atas peningkatan tugas-tugas medis, biaya keamanan, dan biaya proses peradilan sebagai akibat meningkatnya tindak kejahatan.
  4. Penerimaan negara
    Salah satu sumber penerimaan negara adalah pajak, khususnya pajak penghasilan.Pajak penghasilan diwajibkan bagi orang-orang yang memiliki pekerjaan.Apabila tingkat pengangguran meningkat, maka jumlah orang yang membayar pajak penghasilan berkurang.Akibatnya penerimaan negara pun berkurang.Beberapa faktor di atas dapat menghambat pembangunan nasional yang bertujuan untuk kesejahteraan masyarakat.Baik berupa penbangunan sistem sosial, politik, ekonomi, infrastruktur, pertahanan, pendidikan dan teknologi, kelembagaan, dan budaya.

Pengangguran yang terjadi berdampak pada kehidupan ekonomi dan sosial pada masyarakat. Berikut ini dampat yang terjadi dari suatu pengangguran.

  • Menurunkan Tingkat Keterampilan
    Dengan menganggur, maka para pencari kerja akan mengalami tingkat keterampilan dari seseorang akan menurun. Maka semakin lama menganggur, maka akan semakin menurun pula tingkat keterampilan pada seseorang.
  • Menurunnya Pertumbuhan Ekonomi serta Pendapatan Per Kapita
    Orang yang tidak bekerja atau (menganggur) maka tidak akan menghasilkan barang dan jasa. Maka dari itu, semakin banyak orang yang menganggur maka yang dihasilkan akan menurun (PBD) Pajak Domesti Bruto. PDB yang menurun menyebabkan turunnya pertumbuhan ekonomi dan juga turunnya pendapatan per kapita.  Dan jika pendapatan per kapita turun maka membuat tingkat kesejahteraan masyarakat juga menurun.
  • Menurunkan Aktivitas Perekonomian
    Pengangguran maka dapat menyebabkan turunnya daya beli masyarakat. Daya beli pada masyarakat akan menurun sehingga menyebabkan turunnya permintaan terhadap barang dan jasa yang ada pada suatu wilayah. Hal tersebut yang  mengakibatkan para pemilik usaha dan investor tidak ingin melakukan perluasan pendirian industri yang baru sehingga mengakibatkan aktivitas perekonomian menjadi turun.

Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian Kebijakan Fiskal beserta Fungsi dan Jenisnya


Cara mengatasi pengangguran di Indonesia

Banyak upaya yang telah dilakukan pemerintah selama ini dalam mengurang jumlah pengangguran di Indonesia, namun masih saja pengangguran tidak berkurang bahkan lebih bertambah setiap tahunnya di karenakan tidak seimbangnya jumlah pencari kerja dan lapangan pekerjaan.

Menurut Paul A. Samuelson dan Wiliam D. Nurdhaous dalam bukunya Ekonomi mengemukakan cara-cara mengatasi pengangguran yaitu sebagai berikut:

  • Memperbaiki pasar tenaga kerja
  • Menyediakan program pelatihan
  • Menciptakan program padat karya

Selain hal tersebut di atas, sesuai dengan GBHN 1999, pemerintah Indonesia hendaknya:

Mengembangkan tenaga kerja secara menyeluruh dan terpadu yang diarahkan pada peningkatan kompetensi dan kemandirian tenaga kerja peningkatan pengupahan, penjaminan kesejahteraan, perlindungan kerja dan kebebasab berserikat, dan

Meningkatkan kualitas dan kuantitas penempatan tenaga kerja ke luar negeri dengan memerhatikan kompetensi, perlindungan, dan pembelaan tenaga kerja yang di kelola secara terpadu dan mencegah timbulnya eksploitasi tenaga kerja.Ada berbagai cara dalam mengatasi pengangguran,yaitu :

  1. Peningkatan Mobilitas Tenaga kerja dan Modal
  2. Penyediaan Informasi tentang Kebutuhan Tenaga Kerja
  3. Program Pendidikan dan Pelatihan Kerja
  4. Menggalakkan program transmigrasi
  5. Meningkatkan dan mendorong kewiraswastaan
  6. Mengintensifkan program keluarga berencana
  7. Menekan impor dan memperbanyak ekspor

Hal hal di atas adalah beberapa cara yang dapat di gunakan pemerintah dalam mengurangi pengangguran di Indonesia dan dapat memperkuat ekonomi Indonesia. Namun pemerintah tidak akan bisa menjalankan program – program tersebut jika tanpa adanya kerjasama dengan pihak swasta dan masyarakat.