Pengertian dan Tujuan Teks Ulasan beserta Contohnya

Diposting pada

pengertian-teks-ulasan

Pengertian Teks Ulasan

Teks ulasan adalah suatu teks yang berisi ulasan, penilaian atau review terhadap suatu karya seperti film, drama, atau sebuah buku. Teks ulasan disebut juga dengan resensi. Ketika mengulas suatu karya, pengulas harus bersikap kritis agar hasil ulasannya dapat memberikan kontribusi bagi kemajuan karya tersebut.

Teks Ulasan atau Resensi merupakan teks ulsan yang berisi tentang ulasan, penilaian atau review terhadap suatu karya baik film atau drama. Saat mengulas suatu film atau drama, kita harus bersikap kritis agar berkontribusi demi kemajuan drama atau film tersebut.

Menurut isnatun & farida (2013: 57), tujuan pembuatan ulasan adalah sebagai berikut.

  • Menyajikan informasi komprehensif(menyeluruh) tentang sebuah karya
  • Memengaruhi penikmat karya untuk memikirkan, merenungkan, dan mendiskusikan lebih jauh fenomena atau problema pada suatu karya
  • Memberikan pertimbangan kepada pembaca apakah sebuah karya layak dinikmati atau tidak.

Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Contoh Teks Rekaman Percobaan Dalam Laporan Praktikum


Tujuan Teks Ulasan

Adapun tujuan teks ulasan yaitu:

  • Untuk menunjukan sudut pandang atau keberpihakan penulis terhadap suatu hal atau karya sementara.
  • Untuk memberikan informasi pada khalayak ramai tentang standar kelayakan dan kepatutan sebuah karya.
  • Membantu pembaca mengetahui gambaran dan kritikan terhadap suatu karya
  • Mengetahui kelebihan dan kekurangan karya yang diulas atau diresensi
  • Memberikan informasi yang komprehensif tentang suatu karya.
  • Mengajak pembaca merenungkan, memikirkan dan mendiskusikan masalah yang muncul dalam dalam suatu karya.
  • Memberikan pertimbangan pada pembaca tentang nilai kepantasan suatu karya.
  • Memudahkan pembaca mengidentifikasi hubungan suatu karya dengan karya lain yang serupa.
  • Memberikan pertimbangan bagi pembaca sebelum memilih membeli dan menikmati suatu karya.

Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : 6 Struktur Teks Ekposisi Yang Perlu Anda Ketahui


Ciri – Ciri Teks Ulasan

Ciri-ciri struktur teks ulasan yaitu:

  • Strukturnya terdiri atas orientasi, tafsiran, evaluasi dan rangkuman.
  • Memuat informasi berdasarkan pandangan atau opini penulis mengenai suatu karya atau produk.
  • Opininya berdasarkan fakta yang di interpretasikan
  • Memiliki nama lain yaitu resensi.

Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Contoh Teks Negosisasi Paling Sederhana


Struktur Teks Ulasan

Struktur tek adalah bagian yang membangun sebuah teks sehingga menjadi suatu teks yang utuh. Berikut ini adalah struktur teks ulasan, yaitu:

  • Orientasi
    Bagian ini berisi pengenalan tentang gambaran umum mengenai sebuah karya baik film dan drama yang akan diulas. Gambaran umum ini menyiapkan latar belakang bagi pembaca mengenai apa yang akan diulas.
  • Tafsiran
    Bagian ini berisi gambaran detail mengenai sebuah karya baik film dan drama yang diulas, misalnya bagian-bagian dari hasil karya, keunikan, keunggulan, kualitas dan lain sebagainya.
  • Evaluasi
    Bagian ini berisi pandangan dari pengulas mengenai hasil karya yang diulas. Hal ini dilakukan setelah melakukan tafsiran yang cukup terhadap hasil karya tersebut. Pada bagian ini penulis akan menyebutkan bagian yang bernilai atau kelebihan dari karya tersebut maupun bagian yang kurang bernilai atau kekurangan dari karya tersebut.
  • Rangkuman
    Bagian berisi kesimpulan dari ulasan terhadap suatu karya baik film maupun drama. Bagian ini juga memuat komentar penulis apakah hasil karya tersebut bernilai/berkualitas atau tidak untuk ditonton atau disaksikan.

Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian Teks Prosedur beserta Jenis dan Cirinya


Kaidah Kebahasaan Teks Ulasan

Kaidah kebahasaan dalam teks ulasan yaitu:

  • Teks ulasan drama atau film berisi penonjolan terhadap unsur-unsur karya seni yang akan diulas.
  • Menggunakan kalimat opini atau persuasif
  • Menggunakan konjungsi internal dan konjungsi eksternal
  • Menggunakan ungkapan perbandingan baik persamaan atau perbedaan
  • Menggunakan kata kerja material dan kata kerja relasional

Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Contoh Teks Berita Yang Baik Dan Benar Paling Terpercaya


Jenis – Jenis Teks Ulasan

Berdasarkan isinya, teks ulasan atau resensi dibagi beberapa jenis, diantaranya yaitu:

Teks Ulasan Informatif

Resensi atau teks ulasan jenis ini berisi mengenai gambaran singkat, padat dan umum suatu karya. Resensi ini tidak menyampaikan seluruh isi karya namun hanya memaparkan bagian yang penting saja dan menekankan pada kelebihan dan kekuranag karyatersebut.

Teks Ulasan Deskriptif

Jenis teks ulasan atau resensi ini berisi gambaran detail pada tiap bagian suatu karya. Halini umumnya dilakukan pada karya fiksi untuk mendapatkan gambaran jelas tenbtang manfaat, pentingnya informasi dan kekuatan argumentatif yang dituangkan pelulis dalam sebuah karya.

Teks Ulasan Kritis

Jenis Resensi ini berisi ulasan terperinci suatu karya sastra dengan mengacu pada metode atau pendekatan ilmu pengetahuan tertentu. Teks ulasan ini dibuat secara objektif dan kritis bukan pandangan pembuat resensi tersebut. Contoh resensi melakukan resensi pada novel dan karya fiksi lain dengan menggunakan pendekatan feminis dan sosiologi.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Contoh Teks Tanggapan Kritis Beserta Strukturnya


Cara Merekontruksi teks Ulasan Buku

Merekontruksi teks ulasan buku maksudnya adalah menuliskan kembali teks ulasan yang telah ada dengan menggunakan bahasa sendiri. Hal yang harus diperhatikan adalah :

  1. Membaca teks ulasan
  2. Apabila belum pernah membaca buku ulasan, yang diulas, pengulas dapat mencari informasi buku tersebut.
  3. Melihat struktur teks ulasan
  4. Menuliskan kembali teks ulasan berdasarkan struktur teks ulasan.

Langkah operasional penulisan teks ulasan buku

Supaya dapat menghasilkan ulasan yang baik, perlu diperhatikan langkah-langkah yang dinyatakan oleh nrwardani dkk. (2016: 71-72),yakni sebagai berikut.

  1. Memilih buku yang diulas
  2. Membaca kritis
  3. Membuat ringkasan
  4. Menentukan kriteria penilaian
  5. Mencari buku pembanding dan referensi untuk rujukan
  6. Menulis laporan yang dimaksud

Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Contoh Teks Diskusi Yang Baik Dan Benar Sudah Terpercaya


Contoh Teks Ulasan

Berikut ini adalah contoh teks ulasan atau resensi dari film “Dibalik ’98”:

Orientasi      

Film Di Balik ’98 adalah film yang diproduksi oleh MNC Pictures yang menceritakan tentang peristiwa kerusuhan yang terjadi pada tahun 1998. Semua rakyat Indonesia pasti sudah tahu tentang peristiwa Mei 1998. Waktu itu adalah saat-saat krisis bagi tahta kepresidenan Soeharto dan juga Orde Baru. Tetapi pada film Di balik 98, dibalik panasnya keadaan politik, banyak sekali makna yang bisa dipetik nilai kemanusiaannya.

Tafsiran

Diceritakan, Diana (Chelsea Islan), mahasiswi Trisakti yang memutuskan untuk menjadi anggota demonstran. Masa kekuasaan Soeharto menurut Diana harus segera diakhiri. Memutuskan untuk menjadi anggota demonstran merupakan pilihan yang kurang tepat bagi Diana, karena Diana saat ini tinggal bersama kakaknya, Salma (Ririn Ekawati), yang merupakan seorang pegawai Istana Negara, dan Bagus, Suami Salma (Donny Alamsyah), yang juga seorang Letnan Dua, Angkatan Darat.

Semenjak krisis moneter dimulai, Diana telah menjadi anggota dari gerakan gabungan seluruh mahasiswa Indonesia yang mendesak diturunkannya presiden Soeharto. Peristiwa ini merupakan salah satu bentuk sikap dari kegelisahan masyarakat, danklimaksnyaterjadi pada tanggal 13 sampai 14Mei, dimana ada 4 orang mahasiswa yang tertembak mati oleh para aparat yang mengatasi kerusuhan. Di tengah situasi yang sangat rumit ini, presiden Soeharto memutuskan untuk pergi menghadiri KTT G-15 di Kairo. Sementara wakil presiden, B.J. Habibie dikagetkan oleh peristiwa penembakan yang terjadi di Trisakti yang berakhir dengan kerusuhan besar.

Kemarahan itu tidak hanya dirasakan oleh mahasiswa ataupun Diana, tetapi juga dirasakan oleh Bagus, kakak ipar Diana. Mengingat istrinya yang sedang mengalami hamil tua, Bagus tetap wajib melaksanakan amanat atasan untuk menjaga keamanan diberbagai titik dan wilayah di Jakarta. Semakin bimbang hati galau dan bercampur aduk hati agus saat mengetahui istrinya tidak ada di Istana, dikarenakan istrinya pergi untuk mencari adiknya Diana yang telah beberapa hari tidak ada informasi mengenai keberadaanya dan juga tidak pernah pulang ke rumah.

Semuanya bertambah absurd ketika Daniel (Boy William), pacar Diana, yang merupakan seorang keturunan Tionghoa, juga harus merasakan kepedihan dikala itu. Ayah dan adiknya Diana menghilang entah kemana dalam peristiwa kerusuhan 14 Mei. Terlebih Daniel juga hampir terjebak sweeping masyarakat setempat dalam penyaringan orang-orang Non Pribumi, yang pada saat itu menjadi puncak issue rasial di Indonesia. Disisi lain, rakyat sekelas gembel atau orang susah dan pengemis pun harus ikut merasakan bagaimana dampak politik yang terjadi, dan dampak buruknya bagi mereka.

Evaluasi

Film yang dirilis pada awal tahun 2015 ini bukanlah film politik, tetapi merupakan film drama keluarga, percintaan, yang di dengselubungi latar belakang kerusuhan Mei 1998. Dan karena ini adalah film, memiliki paradigma yang berbeda dengan kejadian kerusuhan Mei ’98 tersebut. Dengan menyisipkan sedikit cerita fiksi yaitu berupa kisah Diana, Daniel, dan yang lainnya maka akan membuat film Dibalik ’98 menjadi lebih menarik.

Kisah genting Mei 1998 memang sampai saat ini masih terkenang dengan baik, khususnya bagi mereka yang mengalami secara langsung peristiwa tersebut. Tetapi Lukman Sardi, sang sutradara, mencoba mengisahkan permasalahan lain yang terdapat pada film “Dibalik ’98” untuk diketahui masyarakat. Kehadiran Chelsea Islan yang namanya sedang naik daun dan terkenal, berbanding lurus dengan kualitas aktingnya yang semakin mumpuni. Boy William pun tak kalah hebatnya memainkan mahasiswa turunan Tionghoa yang ikut merasakan kepahitan 1998. Untuk tampilan pemain, Dibalik98telahmemberikanyangterbaik.

Rangkuman

Anda disarankan untuk menonton film ini jika anda belum mengetahui bagaiman tragedi di balik 98 karena film ini juga memberikan jawabannya. Film ini juga menceritakan bagaiman masalah tersebut akhirnya bisa selesai dari pembicaraan empat mata antasa presiden dan wakil presiden hingga akhirnya Soeharto turun. Dan yang tidak disangka-sangka adalah film ini juga menyajikan komedi didalamnya.