Yuk Perkaya Ilmu Pengetahuan Dengan Menyimak Pengertian Sejarah Berikut Ini

Posted on

Pengertian Sejarah – Sejarah erat kaitannya dengan peristiwa yang telah terjadi di masa lampau. Setiap orang pastinya memiliki sejarah yang berbeda-beda. Nah, agar Anda lebih mengenal mengenai sejarah, yuk simak informasi mengenai pengertian sejarah yang telah dirangkumkan untuk Anda berikut ini.

gambar Pengertian Sejarah

Pengertian sejarah adalah peristiwa yang telah terjadi di masa lampau yang disusun secara kronologis berdasarkan peninggalan-peninggalan dari berbagai peristiwa. Peninggalan tersebut biasanya disebut dengan sumber sejarah.

Di dalam bahasa inggris, sejarah disebut dengan history yang memiliki arti masa lampau. Jika diartikan dalam bahasa Arab, sejarah disebut dengan sajaratun yang memiliki arti pohon dan keturunan. Jika Anda membaca silsilah keluarga raja-raja arab maka akan terlihat seperti gambar pohon yang mulanya sederhana lalu berkembang menjadi lebih kompleks. Oleh sebab itu, sejarah bisa juga diartikan sebagai silsilah keturunan raja-raja yang menandakan peristiwa pemerintahan keluarga raja di masa lalu.

Jika diartikan dalam bahasa Jerman, kata sejarah biasa disebut geschichte yang memiliki arti sesuatu yang sudah terjadi. Adapun Sartono memiliki pengertian sejarah tersendiri yaitu rekontruksi masa lampau atau kejadian yang terjadi pada masa lampau.

Baca juga :

Sejarah juga memiliki 3 aspek yang saling berkesinambungan dan tidak bisa dipisahkan satu dengan yang lainnya. Ketiga aspek tersebut meliputi masa lalu, masa kini, serta masa yang akan datang. Masa lalu dapat digunakan sebagai tolak ukur di masa yang akan datang sehingga sebuah sejarah mengandung sebuah pelajaran mengenai nilai dan juga moral.

Di masa sekarang ini, sejarah dapat dipahami sebagai suatu cerminan untuk mencapai kemajuan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan juga bernegara. Dengan adanya sejarah, dapat diketahui perkembangan dari masa ke masa sehingga manusia lebih menghargai dan mensyukuri segala sesuatu yang telah ada saat ini.

 

Peristiwa yang terjadi di masa lalu dapat memberikan gambaran mengenai kehidupan manusia pada masa itu serta kebudayaan yang berkembang di zaman tersebut sehingga dapat dirumuskan sebab akibat mengapa sebuah peristiwa dapat terjadi di zaman tersebut. Ya, meskipun tidak semua peristiwa tercatat dalam sejarah namun setidaknya manusia di zaman sekarang dapat memperoleh gambaran yang cukup jelas dari kehidupan masa lalu.

Sejarah memang selalu berkesinambungan dan telah melewati rentan peristiwa yang sangat panjang. Untuk itu, sejarah tak luput dari cakupan berikut ini.

  1. Masa lalu yang urutannya berdasarkan waktu (kronologis)
  2. Terdapat hubungan antara sebab dan akibat
  3. Kebenarannya peristiwa bersifat subjektif dan perlu dikaji lebih dalam lagi
  4. Peristiwa sejarah mencakup kehidupan masa lalu, masa kini, serta masa yang akan datang.

Banyak orang yang belum mengerti betul apa itu pengertian sejarah, nah dengan menyimak informasi di atas semoga wawasan Anda semakin bertambah dan tidak bingung lagi ketika di tanya apa itu sejarah. Tentu saja ada banyak sekali manfaat yang akan didapatkan jika belajar mengenai arti sejarah beserta dengan cakupannya.

Nah gimana sekarang sudah tau kan pengertian dari sejarah, kunjungi terus ayoksinau.com untuk informasi menariklainnya.

Baca juga artikel lainnya :