Yuk Intip Sejarah Windows Beserta Perkembangannya Berikut Ini | Ayok Sinau

Posted on

Sejarah Windows – Windows merupakan sebuah sistem operasi yang sangat terkenal dan dipakai oleh semua orang yang ada di dunia tak terkecuali di Indonesia. Tanpa adanya windows tentu pekerjaan manusia akan terasa sulit terutama yang berhubungan dengan teknologi informasi dan komunikasi.

gambar Sejarah Windows Beserta Perkembangannya

Nah, tentu Anda penasaran kan bagaimana sejarah windows beserta perkembangannya dari zaman-ke zaman? Untuk itu, Anda wajib menyimak informasi yang menarik berikut ini.

1. Windows 1.0

Windows versi ini merupakan sistem operasi yang pertama dan diluncurkan pada 10 November 1983. Meskipun masih awal namun windows ini sudah memiliki cukup banyak fitur untuk memudahkan pekerjaan manusia.

2. Windows 2.0

Karena dirasa kurang sukses pada windows versi utama, maka dirilislah windows versi yang kedua pada tanggal 9 Desember 1987. Windows versi ini telah dilengkapi dengan kartu grafis dengan yang berspesifkasi VGA dan sudah menggunakan prosesor intel 80268.

3. Windows 3.0

Merupakan generasi penerus dari windows 2.0 dan masih berbasis GUI, hanya saja lebih manis dibandingkan dengan versi-versi yang sebelumnya. Windows yang dirilis pada 6 April 1992 ini begitu sukses di pasaran karena telah dilengkapi dengan berbagai fitur media seperti wave, midi, true type font, cd audio, dan MCI (media control interface).

4. Windows 3.1

Dalam pengembangan windows ini memerlukan waktu yang cukup lama yaitu sampai tahun 1994 dan untuk dukungan yang resmi berakhir pada tanggal 1 Januari 2002. Windows versi ini sudah dapat berjalan di 1 MB RAM.

Baca juga :

5. Windows NT 3.1

Ini merupakan versi yang pertama dari tatanan sistem operasi server Microsoft windows NT. Produksi dari produk ini di mulai sejak 27 Juli 1993 yang tersedia dalam dua versi yaitu Windows NT Advanced Server dan Windows NT 3.1.

Kemudian windows versi ini terus mengalami perkembangan sampai pada windows NT 3.5 pada September 1994.

6. Windows 95

Merupakan sebuah sistem operasi Hibrida 16-bit/32-bit yang termasuk edisi pertama di tahun 1995 dengan disertakannya aplikasi Microsoft Office 1995. Windows ini secara resmi diperkenalkan kepada publik pada 14 Agustus 1995.

Windows ini telah dilengkapi dengan menu start dan di dukung pula dengan Windows Explorer sebagai pengganti dari file manager yang sampai saat ini masih digunakan. Tak hanya itu saja, terdapat pula Plug and Play, browser opsional Microsoft Internet Explorer, program aplikasi MS-DOS dan windows 32 Bit serta windows 16 Bit.

Setelah itu, windows terus mengalami perkembangan dan perubahan menjadi lebih canggih dan handal lagi hingga terciptalah versi terakhir dibuat yaitu Windows 10 yang dirilis pada 29 Juli 2015. Tentu saja windows ini lebih canggih daripada versi yang sebelumnya.

Sejarah windows beserta perkembangannya memang sangat menarik untuk disimak. Selain dapat menambah pengetahuan, Anda pun semakin paham apa saja fitur yang terdapat di dalamnya sehingga lebih mudah dalam mengoperasikannya.

demikianlah sedikit ulasan mengenai sejarah Windows. untuk informasi lainnya kunjungi terus ayoksinau.com

Baca juga ulasan lainnya :