Tumbuhan Paku – Ciri, Klasifikasi & Manfaat | Ayoksinau.com

Posted on

Tumbuhan Paku – Pada pembahasan kali ini kita akan sama-sama belajar mengenai klasifikasi tumbuhan, salah satunya adalah tumbuha paku. Pernahkah kalian mengetahui tumbuhan paku? Bagimana ciri-ciri dari tumbuhan paku? Nah agar lebih memahami tentang tumbuhan paku, maka akan dijelaskan tentang apa itu tumbuhan paku, ciri cirinya dan klasifikasi tumbuhan paku.

gambar tumbuhan paku

Didunia telah ditemukan sekitar lebih dari 20.000 spesies tumbuhan paku. Maka dari itu dengan jumlah yang sekian banyak itu, akan sangat kesulitan apabila ingin mengidentifikasi semua spesies tumbuhan paku yang ada.

Apa itu Tumbuhan Paku ?

Tumbuhan paku yang dalam bahasa latinnya disebut dengan (pteridophyba). Tumbuhan paku adalah tumbuhan yang tingkatannya lebih tinggi daripada lumut, mengapa demikian? Karena tumbuhan paku memiliki akar, daun, dan batang.

Habitat tumbuhan pakuĀ  pada umumnya yaitu berada ditempat yang lembab (higrofit), namun tumbuhan paku juga dapat hidup ditempat lain, seperti pada permukaan batu, dan menempel pada pohon.

Ciri Ciri Tumbuhan Paku

Setelah mengetahui apa itu tumbuhan paku, dan dimana habitatnya, maka terdapat ciri-ciri yang ada pada tumbuhan paku, diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Memiliki struktur daun, akar dan batang yang sejati sehingga sering disebut dengan tubuhan kormophyta berspora.
  • Organisme yang multiseluler serta eukariotik

Struktur Tumbuhan Paku

Tumbuhan paku memiliki struktur yang sangat lengkap, karena memiliki akar, daun dan batang.

A. Struktur Akar

Tumbuhan paku memiliki bentuk akar seperti serabut kelapa dengan kalipatra yang ada pada ujungnya. Jaringan akar pada tumbuhan paku ini terdiri dari korteks, epidermis dan silider pusat.

B. Struktur Batang

Struktur batang pada tumbuhan paku inipun sama seperti pada struktur akar yang terdiri dari korteks, epidermis dan silider pusat. Pada bagian silider pusat terdapat berkas pembuluh angkut yang terdiri dari floem dan xilem. Pada berkas pembuluh ini akan berperan dalam proses fotosintesis yang kemudian mengedarkan hasil fotosintesis ke seluruh bagian tubuh.

C. Struktur Daun

Struktur daun pada tumbuhan paku ini terdiri dari 3 bagian diantaranya adalah jaringan epidermis, pembuluh angkut dan mesofil. Apabila ditinjau dari fungsinya daun pada tumbuhan paku ada juga yang menghasilkan spora dan ada juga yang tidak menghasilkan spora.

Baca juga :

Klasifikasi Tumbuhan Paku

gambar jenis-jenis tumbuhan paku

Tumbuhan paku ini setelah diklasifikasi oleh para ahli diantaranya adalah sebagai berikut.

A. Psilopsida (Paku Purba)

Psilopsida merupakan salah satu klasifikasi tumbuhan paku yang telah ada sejak zaman purba. Akan tetapi sebagian dari tumbuhan tersebut telah mengalami kepunahan dan hanya ditemukan fosilnya saja. Sedangkan sebagian kecilnya masih ditemukan dan tumbuh di kepualaun.

Ciri-ciri dari jenis tumbuhan paku ini adalah sebagai berikut

  • Tidak adanya akar, daun dan batang sejati
  • Tingginya sekitar 30cm sampai dengan 1 cm

B. Lycophyta (Paku Kawat)

Lycophyta atau paku kawat merupakan tumbuhan paku yang tersusun secara sepiral dan memiliki daun yang kecil. Jenis paku lycophyta ini mencakup sekitar 1000 spesies tumbuhan paku. Tumbuhan paku kawat ini banyak dijumpai dan tumbuh di hutan-hutan yang tropis ataupun subtropis. Contoh paku kawat yaitu Lycophyta clavatum dan Lycophyta SP.

C. Filicinae/Pterophyta (Paku Sejati)

Filicinae/Pterophyta (Paku Sejati) merupakan tumbuhan paku yang sudah lebih tinggi tingkatannya jika dibandingkan dengan sebelumnya. Pada tumbuhan paku Filicinae/Pterophyta ini sudah memiliki batang, daun danakar. Tumbuhan paku ini sering disebut dengan megafil karena memiliki ukuran daun yang berukuran besar. Batang dari tumbuhan paku Filicinae/Pterophyta ini dapat tumbuh dibawah tanah maupun di atas tanah. Ciri yang mudah ditemukan dari tumbuhan paku ini yaitu daunnya yang masih muda menggulung dan terdapat sorus pada bagian permukaan bawah daun.

D. Sphenopsida (Paku Ekor Kuda)

Sphenopsida merupakan tumbuhan paku yang hanya tinggal 25 persen spesiesnya. Lalu mengapa dinamai dengan paku ekor kuda? Hal tersebut dikarenakan tumbuhan paku ini memiliki percabangan pada batang dengan bentuk yang menyerupai ekor kuda. Ciri ciri yang sangat terlihat pada tumbuhan paku ekor kuda ini yaitu

  • Tingginya bisa mencapai 15 meter
  • Sering ditemukan dan tumbuh di daerah yang tanahnya berpasir
  • Batang tumbuhan paku ini berongga.

Manfaat Tumbuhan Paku

Ternyata tumbuhan paku yang ada juga memiliki manfaat untuk manusia, dianntaranya dapat digunakan sebagai tanaman hias, sebagai sayuran dan dapat juga digunakan sebagai pupuk kandang dan obat-obatan. Untuk penjelasan lebih jelasnya seperti dibawah ini

A. Sayuran

Tumbuhan paku juga dapat digunakan sebagai makanan atau sayuran, akan tetapi tidak semua jenis dapat dikonsumsi. Jenis tanaman paku yang dapat dikonsumsi yaitu marsilea crenata dan pteredium aquilinum.

B. Obat-obatan

Selain dapat dikonsumsi sebagai sayur-sayuran, tanaman paku ini juga dapat digunakan sebagai obat bagi manusia, akan tetapi tidak semua jenis tanaman paku dapat digunakan sebagai obat. Jenis tanaman paku yang dapat digunakan sebagai tanaman obat yaitu equisetum (paku kuda).

C. Tanaman Hias

Tanaman paku dengan jenis Adiantum Cuneatum dan Asplenium sangatlah cocok apabila dikembangkan untuk menjadi tanaman hias, karena memiliki bentuk yang sangat menarik.

D. Alat Pembersih

Jenis tumbuhan paku juga dapat digunakan sebagai penggosok atau pembersih yang sering kita jumpai yaitu amplas, jenis paku yang dapat digunakan untuk bahan pembersih atau penggosok yaitu Equisetum sp.

Setelah membaca maka kalian telah mengetahui lebih lengkap tentang tanaman paku, serta manfaat yang diperoleh dariĀ  tanaman paku. Akan tetapi walaupun tanaman paku ini banyak sekali manfaatnya, bukan berarti tidak memiliki kerugian. Maka untuk melestarikan tanaman paku agar dapat bermanfaat, kalian harus mengetahui jenis dan klasifikasi dari tanaman paku supaya tidak beresiko.

Demikianlah ulasan mengenai tumbuhan paku, semoga bisa bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda. kunjungi terus ayoksinau.com untuk informasi menarik lainnya.

Baca juga ulasan menarik lainnya :