Tata Cara Penulisan Daftar Pustaka Yang Tepat Dan Sesuai Kaidah

Posted on

Tata Cara Penulisan Daftar Pustaka Yang Tepat Dan Sesuai Kaidah

Dalam dunia tulis menulis pasti tak luput dari yang namanya daftar pustaka. Ya, hampir di setiap akhir halaman dari sebuah karya tulis berisi daftar pustaka. Hal ini bertujuan untuk menghargai sumber penulisannya.

Lalu, apa pengertian dari daftar pustaka?

Daftar pustaka adalah sebuah daftar yang terdapat di dalam akhir halaman dari sebuah karya tulis baik makalah, karya ilmiah, laporan PKl, dan lain sebagainya yang bersisi catatan spesifik dari buku yang dijadikan sumber dalam penulisan karya tulis tersebut.

Memang banyak orang yang mengerti pengertian dari daftar pustaka, namun belum banyak orang yang mengerti cara penulisan daftar pustaka yang baik dan benar.

Sebenarnya cara penulisan daftar pustaka tidaklah sulit, hanya saja Anda harus mengerti tata caranya terlebih dahulu. Sebelum beralih menuju cara penulisan daftar pustaka, ada baiknya Anda harus menyimak beberapa informasi penting berikut ini.

Fungsi daftar pustaka

  1. Sebagai salah satu bentuk penghargaan kepada penulis buku baik itu karya ilmiah ataupun yang lainnya karena telah memberikan gambaran dan manfaat terhadap karya tulis yang dibuat.
  2. Sebagai bentuk dari referensi bagi pembaca agar mudah untuk menelusuri informasi lebih lanjut ataupun melakukan pengkajian ulang.

Peranan daftar pustaka

  1. Untuk menggambarkan isi dari sumber tulisan yang didapatkan
  2. Untuk menghindari tuduhan plagiarisme
  3. Sebagai bentuk peninjauan mengenai pengalaman, pengetahuan, atau bahkan sebagai salah satu pertanggungjawaban dari penulis buku rujukan tersebut.

Informasi yang penting tersebut dapat menambah pengetahuan Anda mengenai daftar pustaka. Jadi, Anda tidak hanya tidak hanya bisa menulis daftar pustaka saja melainkan juga mengerti apa fungsi dan juga peranananya.

Nah, berikut ini akan disajikan penulisan daftar pustaka yang baik dan benar dengan memperhatikan unsur-unsur berikut ini:

  1. Nama penulis dibalik, lalu beri tanda koma pada akhir kata pertama dan disertai tanda titik setelah nama selesai di tulis
  2. Tahun terbit diakhiri dengan tanda titik
  3. Judul buku yang ditulis miring, lalu disertai dengan tanda titik
  4. Kota penerbit yang diikuti tanda petik dua
  5. Nama dari perusahaan penerbit buku yang diikuti tanda titik

Untuk lebih jelasnya perhatikanlah contoh penulisan yang diambil dari buku berikut ini.

Sebuah karya tulis diambil dari buku karangan Mustava Wijayakusuma. Buku tersebut terbit di Kota Yogyakarta pada tahun 2009 dan diterbitkan oleh penerbit Data Media. Buku tersebut berjudul Mukjizat Air Putih.

Maka, cara penulisan daftar pustaka adalah sebagai berikut :

Wijayakusuma, Mustava.2009.Mukjizat Air Putih.Yogyakarta:Data Media.

Itulah cara menulis daftar pustaka jika sumbernya berupa buku. Sebenarnya, materi menulis daftar pustaka ada pada pelajaran sekolah. Nah, untuk mengingat kembali, Anda bisa menyimak informasi yang telah disajikan di atas.

Bagaimana, sekarang Anda sudah paham kan penulisan daftar pustaka? Semoga setelah menyimak informasi ini Anda tidak lupa dan salah lagi dalam menulis daftar pustaka.

sekian ulasan tentang Tata Cara Penulisan Daftar Pustaka Yang Tepat Dan Sesuai Kaidah semoga artikel dari ayoksinau.com bisa bermanfaat.

Baca juga artikel lainnya :