Tahukan Anda Seperti Apa Sejarah Handphone Dan Perkembangannya?

Posted on

Sejarah Handphone – Handphone sekarang ini bukanlah menjadi sesuatu yang mewah dan juga aneh lagi bagi masyarakat khususnya di Indonesia. Perkembangan handphone kini sudah semakin pesat dan sangat cepat, setara akan kecepatan suaranya. Hal ini terbukti dengan banyaknya vendor-vendor besar yang merilis handphone terbarunya setiap tahun dengan fitur-fitur yang lebih menarik.

gambar Sejarah Handphone Dan Perkembangannya

Namun apakah Anda tahu bahwa sebelum handphone menjadi secanggih sekarang ini, sebelumnya ada sejarah handphone yang menarik sekali untuk diketahui. Mengapa? Karena tidak mungkin bisa secanggih dan sehebat ini tidak adanya proses perkembanngannya bukan? Untuk lebih jelasnya mengenai sejarah handphone dan perkembangannya, berikut adalah ulasan singkat mengenai hal tersebut.

Pengertian dan Sejarah handphone

Namun sebelum membahas mengenai sejarah handphone apakah Anda sudah mengetahui pengertian handphone? Handphone adalah sebuah perangkat yang bisa dibawa kemana-mana yang tidak perlu dihubungkan dengan jaringan telepon yang menggunakan kabel atau nirkabel dan wireless, dimana perangkat ini merupakan perangkat telekomunikasi elektronik yang memiliki kemampuan dasar yang sama persis dengan telepon fixed line sehingga menjadikannya konvensional.

Adapun generasi pertama di system seluler analog yakni AMPS yang merupakan singkatan dari Advance mobile phone service. Adapun versi dari AMPS sendiri dikenaldengan Narrowband Advance mobile phone service atau (NAMPS) yang menyambungkan teknologi digital, sehingga pada system tersebut bisa digunakan untuk membawa kapasitas 3 x lebih besar pada setiap panggilan versinya.

Baca juga :

Sejarah handphone

Teknologi handphone sendiri pertama kalinya diperkenalkan tepat pada tanggal 3 April tahun 1973. Saat itu untuk yang pertama kalinya pembicaraan dengan jarak jauh melalui perangkat telepon yang bergerak portabel mulai dilakukan. Adapun yang pertama kalinya yang mencobanya yaitu Martin Cooper yang menjadi General manager divisi sistem komunikasi Motorola. Ia mendambakan sebuah ide dimana bisa keluar dari keterbatasan fungsi telepon tetap atau fixed phone.

Handphone Mr. Cooper tersebut mempunyai berat sekitar 1 kg dengan ukuran tingginya sekitar 33 cm. Sebagai sebuah terobosan teknologi baru, handphone Mr. Cooper ini lantas tidak langsung diperjual belikan ke pasaran atau ke masyarakat, untuk sampai sekarang ini dulu Mr. Cooper membutuhkan waktu sekitar 10 tahun hingga bisa tersedia layanan komersial telepon bergerak atau handphone.

Kemudian tepatnya di tahun 1983, saat Motorola merilis dan memperkenalkan DynaTAC 8000X, handphone inilah yang kemudian menjadi awal dan kali pertamanya mendapatkan izin dari FCC atau Federal communications commission dan dapat dipergunakan untuk tujuan komersial, dan dari sinilah sejarah handphone lahir.

Cooper menjadi orang yang pertama kali melakukan sebuah panggilan dengan menggunakan prototipe telepon seluler itu tepat di tanggal 3 April 1973. Peristiwa berserah inilah yang menjadi cikal bakal adanya sejarah handphone sampai sekarang ini dan juga menjadi pergeseran fundamental teknologi di bidang komunikasi, selain itu yang dulu pasarnya hanya bersifat terbatas kini beralih menjadi sebuah komunikasi yang sudah tidak terbatas atau portable.

Nah sekarang sudah tau kan sejarah dari Handphone. jika ingin mencari artikel lainnya kunjungi saja ayoksinau.com

Baca juga artikel lainnya :