Suku Lingon – Misteri & Fakta Unik Suku Pedalaman Halmahera Bermata Biru

Posted on

Suku Lingon  – Indonesia tidak hanya terknelan karena kekayaan rempah-rempah, akan tetapi Indonesia juga mempunyai banyak ragam suku. Hingga pada tahuh 2016, sudah tercatat sekitar 1340 suku yang ada di Indonesia. Berkat banyaknya suku ini inilah Indonesia akhirnya ditetapkan sebagai Negara yang mempunyai paling banyak suku di Dunia.

gambar Suku Lingon

Jumlah suku di Negara Indonesia sangatlah banya, sehingga akan sangat sulit untuk diperincikan satu-satu. Penyebab salah satunya adalah karena Indonesia berada di Wilaya Geografis tentu mempunyai banyak pulau yang begitu banyak serta sangat luas. Faktor migrasi juga menjadikan alasan mengapa sensus suku di Indonesia masih belum bisa akurat.

Dari banyaknya suku yang terdapat di Indonesia, ada salah satu suku yang keberadaannya bisa dibilang masih misterius. Nama suku tersebut adalah Suku Lingon. Mungkin ada yang sudah pernah mendengan atau juga belum, untuk secara jelasnya yuk simak dulu artikel ini sampai dengan habis.

Suku Lingon & Tempat Tinggal

Suku Lingon merupakan salah satu suku yang ada di Indonesia dan masih sangat misterius, yang lama kelamaan sudah mulai terungkap. Lingon merpakan suatu komunitas suku Bangsa, yang hidup dan tinggal di salah satu daerah di pedalaman Halmahera Timur, Indonesia.

Keberadaan suku Lingon di daerah yang sangat terpencil ini banyak mengundang rasa penasaran serta tanda-tanda masyarakat, hal ini tentu karena suku ini sangat misterius.

Kalian tau nggak dimana letak Pulau Halmahera? Pulau Halmahera Timur mempunyai luas tanah sebesar 17.780 km2 (6.865 mil persegi) ini, adalah pulau terbesar yang berada di kepulauan Maluku. Pulau ini masih termasuk kedalam Provinsi Maluku Utara, pulau ini mempunyai nama lain yaitu Pulau Jilolo atau Gilolo.

Karakter Suku Lingo

Suku Lingo masih dianggap Misterius, hal ini didasari karena keberadaan suku ini masih belum diketaui dengan pasti. Belum ada berita pasti mengenai suku unik ini masih ada atau mungkin sudah punah, atau bisa juga sudah bergabung bersama suku-suku lain. Suku Lingo bukanlah berasal dari Melanesia, Mongoloid, Weddoid atau Polinesia seperti kebanyakan penduduk yang menetap di Halmahera.

Suku Lingon merupakan suku yang masih termasuk Ras Kaukasoid, yang merupakan ras dari Orang Eropa, sehingga tampilan fisik dari anggota suku ini lebih mirip dengan orang eropa dari pada orang Indonesia.

Karena anggota suku Lingon mempunyai tampilan fisik bak orang Eropa, tentu kalian bisa membayangkan bahwa anggota suku ini mempunyai tubuh yang tinggi, rambut pirang, kulit putih hingga mata yang berwarna biru dan hijau. Meski suku ini lebih mirip dengan orang Eropa, bukan berarti tidak ada yang mirip dengan orang-orang di Asia Tenggara, contoh seperti mempunyai rambut hitam.

Eksistensi Suku Lingon di Indonesia

Di jaman dahulu suku Lingon sering mendapat ancaman atau gangguan dari suku Togutil, suku ini adalah salah satu suku yang hidup di pesisir pantai. Suku Togutil kabarnya sangat sering menculik wanita dari suku Lingon, karena alasan mempunyai paras yang sangat canti. Suku ini juga belum bisa diketahui masih ada ataukah sudah punah.

Keberadaan suku Lingon sering dianggap sangat berbahaya oleh beberapa suku yang ada di sekitar, karena suku sekitar beranggapan kalau suku ini mempunyai ilmu sihir, sehingga banyak suku menjadi ketakutan.

Suku Lingon juga mempunyai hobi memakan daging mentah. Beberapa penjelajah dari Maluku mengatakan kalau, mereka pernah bertemu dengan suku Lingon yang mempunyai mata indah dan berwarna biru.

Baca juga :

Sejarah Suku Lingon

Mengenai dari mana asal usul suku Lingon sebernarnya, masih belum bisa dipastikan dengan tepat, karena belum ada yang mengetahui dari mana asal suku ini. Akan tetapi kalau di lihat dari karakterisitk fisik mereka, maka diperkirakan kalau suku ini berasal dari Eropa.

Ada sebuah cerita rakyak yang mengatakan kalau disekitar 300 tahun lalu, ada sebuah kapal yang tenggelam di daerah perairan Halmahera. Kapal tersebut diduga berasal dari Eropa. Karena peristiwa tersebut, para penumpang yang selamat hingga terdampar ke pulau Halmahera tidak bisa kembali lagi ke tempat asal mereka, hingga akhirnya mereka memilih untuk menetap di pulau tersebut.

Pada saat mereka tiba di suatu daerah yang ada di Pulau Halmahera, mereke sempat bertemu dengan suku lain yang sudah lebih dulu menetap disana. Karena pertemuan inilah akhirnya terjadi sebuah perseteruan, guna mendapatkan tempat tinggal di daerah tersebut.

Akan tetapi mereka yang tidak mempunyai senjata untuk melawan, lebih memilih mundur lalu pergi untuk mencari daerah yang bisa ditinggali hingga akhirnya mereka berhasil mendapatkan tempat yang pas, yaitu di tengah pedalaman hutan Halmahera Timur. Disini tempat mereka membangun permukiman lalu membentuk suatu komunitas masyarakat, dan disebut dengan Suku Lingon.

Setelah suku Lingon sudah menetap selama ratusan tahun, makan otomatis budaya asli mereka sudah mulai pudar dan berubah. Mereka sudah bisa beradaptasi dengan budaya primitif disekitar. Kepercayaan mereka akhirnya mengikuti kepercayaan setempat dengan mengamalkan segala hal animisme dan dinamisme.

Keunikan Suku Lingon

Karakteristik mata biru yang dimiliki oleh suku Lingon inilah yang membuat suku ini menjadi suku unik yang ada di Indonesia, alasan unik ini tentu karena masyarakat di Indonesia terlahir dengan mata yang gelap, seperti coklat dan hitam.

Itulah misteri dan fakta unik dari suku Lingon, untuk informasi menark lainnya, kunjungi terus ayoksinau.com

Baca juga ulasan lainnya :