Macam-Macam Start Jongkok Dalam Dunia Atletik | Ayoksinau.com

Posted on

Macam macam Start JongkokMungkin sudah sering diantara kalian mendengar istilah start, apabila diterjemahkan berarti mulai.  Nah pada pembahasan materi kali ini kita akan membahas mengenai start jongkok untuk memulai berolahraga lari. Pada start jongkok terdapat beberapa macam macam start jongkok. Start Jongkok biasa dipakai pada olahraga lari, yaitu lari jarak pendek. Pada posisi berjongkok maka akan dapat menimbulkan gerakkan percepatan saat pelari lepas dari garis start dan akan lebih mudah dan cepat ketika mulai meluncur ke depan.

gambar start jongkok

Macam macam Start Jongkok

1. Shot start/bunch start (start pendek)

Start pendek atau sering disebut dengan short start dilakukan dengan cara berjongkok, dengan lutut kaki bagian belakang berada di depan ujung kaki yang lain, dalam sikap berdiri ujung kaki kaki belakang terletak kira-kira di samping tumit.

Jenis start pendek ini akan dapat menghasilkan percepatan yang tinggi, maka banyak pelari yang memakainya. Tetapi bagi pelari pemula seperti (anak-anak) biasanya kurang sesuai dikarenakan dengan posisi kedua kaki yang saling berdekatan, peranan kedua tangan akan menjadi terasa lebih berat dalam menahan berat badan, terlebih setelah aba-aba “siap”. Maka dari itushort start (start pendek) hanya sesuai untuk atlet-altet yang sudah terlatih atau dapat dikatakan (senior).

Posisi Kaki Dan Tangan Ketika Start Pendek

  • Posisi tangan di letakkan sejajar garis atau selebar bahu
  • Ibu jari kaki depan sejajar dengan lutut kaki belakang

2. Medium Start (Start Menengah)

Start menengan atau disebut dengan medium start dilakukan dengan cara berjongkok, dengan lutut kaki belakang kira-kira berada disamping lekukkan telapak kaki depan. Ketika dalam posisi sedang berdiri, posisi ujung kaki belakang berada sedikit di belakang tumit kaki depan. Para pelari senior masih banyak yang memakai jenis start ini, karena medium start juga dapat menghasilkan percepatan yang cukup tinggi. Bagi pemula biasanya sangat sesuai memakai start ini.

Posisi Kaki Dan Tangan Ketika Start Menengah

  • Posisis tangan di letakkan sejajar garis dan selebar bahu
  • Lutut kaki ke belakang posisi sejajar dengan tungkai kaki depan
  • Kemudian agak di mundurkan sedikit kebelakang dari tangan kira-kira sekitar 20 s/d 30 cm.

3. Long Start (Start Panjang)

Start panjang ini dilakukan dengan sikap berjongkok, lutut kaki belakang berada di samping atau kira-kira segaris dengan tumit kaki depan. Pada saat berdiri kedua kaki saling berjauhan, yaitu ujung kaki belakang terletak  sekitar dua jangkal dari tumit kaki depan.

Posisi start panjang ini akan kurang menguntungkan bagi atlit yang memiliki postur tubuh yang pendek, hal tersebut dikarenakan dengan posisi kedua kaki saling berjauhan tersebut maka akan kurang memberikan percepatan dalam melakukan luncuran kedepan.

Macam start ini sangat cocok bagi pelari yang berkaki panjang (tinggi)

Posisi kaki atau tangan start jauh atau panjang

  • Tangan diletakkan sejajar garis, selebar bahu atau lebih
  • Lutut agak ke belakang dari tungkai kaki depan
  • Lutut agak ke belakang dari tungkai kaki depan dapat agak jauh dari tangan menurut keleluasaan masing-masing atlet.

Baca juga :

Pelaksanaan Start Jongkok

gambar start jongkok.

Ada beberapa hal yang harus dan perlu di kuasai pada pelaksanaan start jongkok, diantarnya adalah sebagai berikut :

  • Pandangan

Posisi pandangan mata harus tertuju kebawah depan

  • Posisi tangan

Posisi tangan ketika memulai start yaitu tangan di buka selebar dengan bahu lebih sedikit dengan telapak tangan yang terbuka, jari dirapatkan, ibu jari terbuka dan diletakkan di belakang, berimpitan dengan garis start pada posisi telapak tangan membentuk yang huruf V terbalik.

  • Posisi kaki

Posisis kaki ketika mulai melakukan start yaitu kaki diletakkan di belakang garis start dengan jarak sesuai dengan satu telapak kaki. Selanjutnya letakkan lutut kaki belakang di samping telapak kaki depan dengan jarak sekitar 10-20 cm sesuai dengan posisi start masing-masing.

  • Sikap badan

Pada posisi badan yaitu badan membungkuk rileks.

  • Aba – aba pada start jongkok

Ketika akan melakukan lari, saat bersedia start wasit akan mempunyai tiga aba aba yaitu bersedia, siap, yak/bunyi peluit/bunyi pistol.

Baca juga artikel menarik di bawah ini :

Demikianlah ulasan mengenai start jongkok di dunia atletik semoga lebih menambah wawasan anda. kunjungi terus ayoksinau.com