Simak Ulasan Lengkap Tentang Pengertian Halloween dan Sejarah Halloween Berikut Ini

Posted on

Festival Halloween – sangatlah populer di kalangan masyarakat, terutama di wilayah Amerika Serikat. Ya, festival tahunan ini sangat disambut antusias oleh setiap warga Amerika. Mulai dari anak kecil hingga orang dewasa turut memeriahkan acara tersebut.

gambar Pengertian Halloween dan Sejarah Halloween

Anda penasaran apa itu perayaan Halloween dan sejarah halloween? Jika iya, Anda patut berbahagia karena informasi yang akan disajikan berikut ini akan membahas hal tersebut. Daripada penasaran, yuk langsung saja simak ulasan menariknya.

Halloween merupakan tradisi pada malam tanggal 31 Oktober yang kebanyakan dirayakan oleh masyarakat Amerika Serikat. Tradisi ini dilakukan oleh anak-anak yang menggunakan kostum menyeramkan sambil berkeliling ke rumah tetangga guna meminta permen ataupun coklat. Kalimat khusus yang biasa diucapkan adalah “Trick or treat…!”.

Kalimat tersebut merupakan ancaman yang berarti “beri kami permen atau kami jahili…!” Di era sekarang ini jarang yang menjahili rumah tetangganya jika tidak memberikan apa-apa. Namun, ada beberapa yang iseng menghiasi rumah tetangga dengan tissu toilet ataupun menulis kaca dengan menggunakan sabun jika tidak diberi apa-apa.

Untuk sejarah Halloween sendiri berasal dari festival yang biasanya dirayakan oleh penduduk Eropa Tengah (kelt) di zaman kuno. Festival ini dilakukan untuk memperingati perayaan panen di akhir tahun musim panen atau biasa disebut dengan tahun baru kelt. Secara turun temurun, masyarakat kelt menganut kepercayaan menyembah berhala dan menggunakan moment ini untuk menimbun makanan untuk musim dingin serta menyembelih hewan ternak.

Baca juga :

Bangsa Gael (Suku asli Irlandia) mempercayai bahwa pada tanggal 31 Oktober batas antara orang yang sudah mati dengan orang yang masih hidup terbuka. Konon, orang yang sudah mati dapat membahayakan orang yang masih hidup dengan membawa penyakit dan juga merusak hasil panen yang telah susah payah diperjuangkan oleh para petani.

Untuk itu, pada perayaan Halloween, orang Gael membakar tulang-tulang hewan yang telah disembelih oleh mereka dengan menyalakan api unggun serta menggunakan kostum dan topeng guna menyamar sebagai arwah yang jahat ataupun berupaya untuk berdamai dengan mereka.

Secara umum, simbol Halloween yang terkenal adalah buah labu yang kemudian diukir dengan membentuk wajah yang menyeramkan. Buah labu yang telah diukir tersebut disebut dengan Jack-o’-lantern. Di dalam Jack-o’-lantern tersebut biasanya diberi lilin ataupun lampu yang menyala agar bentuknya terlihat menyeramkan di dalam kegelapan.

Di Amerika Serikat sendiri, Jack-o’lantern biasanya ditaruh di depan pintu rumah jika hari mulai petang. Tak heran jika pada moment Halloween, labu begitu laris manis di pasaran karena digunakan untuk membuat Jack-o’-lantern.

Meskipun Anda tidak ikut berpartisipasi dalam festival Halloween tersebut, namun tidak ada salahnya jika memahami apa itu Halloween dan sejarah Halloween. Memahami dan mempelajari kebudayaan orang asing juga merupakan salah satu bentuk toleransi antar negara namun jangan lupa pula untuk mempelajari kebudayaan negeri sendiri.

Itulah sedikit review mengenai Halloween, kunjungi terus ya ayoksinau.com

Baca juga artikel lainnya :