Simak Contoh Kalimat Passive Voice Terlengkap Beserta Rumus dan Pengertiannya

Posted on

Kalimat Passive Voice

Bagi Anda yang sudah lama berkecimpung dengan sastra inggris, pasti keberadaan passive voice sudah sangat familiar sekali bukan?. Ya, keberadaan grammar ini tak bisa dipungkiri bisa menjadi landasan dasar untuk Anda fasih berbahasa inggris. Sayangnya, tidak semua orang paham akan pengertian serta contoh kalimat passive voice yang benar.

Passive voice adalah jenis kalimat atau klausa dimana subjek menerima tindakan dari kata kerja. Artinya subjek tidak melakukan suatu tindakan atau aksi apapun. Hal ini menunjukkan bahwa passive voice sebenarnya adalah kebalikan active voice yang mana subjeknya mendapat perlakuan. Dalam bahasa Indonesia, kalimat ini biasa diikuti prefix berupa di- atau ter-.

Jadi bisa disimpulkan jika Anda ingin menyampaikan sesuatu maka Anda bisa membalik active voice menjadi passive voice. Namun, untuk mengubahnya tidak boleh sembarangan karena harus menyertakan rumus tertentu. Untuk lebih jelasnya, perhatikan contoh kalimat passive voice di bawah ini.

  1. “Aini speaks english very well” (Aini berbicara bahasa inggris sangat lancar), masih dalam bentuk aktif. Diubah ke pasif maka menjadi “English is spoken by Aini very well” (bahasa inggris diucapkan oleh Aini dengan sangat baik).

Jika dicermati, contoh kalimat passive voice terjadi pertukaran objek menjadi subjek. Sedangkan untuk subjeknya bisa berupa noun, pronoun, atau non phrase.

Tidak semua kalimat aktif dapat diganti menjadi kalimat pasif. Kalimat yang ditransformasi sebagai passive voice mengandung transitive verbs. Tapi jika kalimat transitif ini disertai preposition, ada kemungkinan untuk menciptakan passive voice yang kaku.

Contoh kalimat passive voice biasanya mengaplikasikan kata kerja bentuk ketiga serta kalimat berupa to be. Berikut ini rumus kalimat aktif dan pasif pada sejumlah tenses.

1. Simple present tense

Aktif = S + Verb 1 (/es) + object

Pasif = Object + to be (are, is, am) + Verb 3 + Subject

Contoh : I drive a car -> A car is driven by me

2. Simple past tense

Aktif = S + Verb 2 + Object

Pasif = Object + to be (was/where) + Verb 3 + Subject

Contoh : Lina ate rendang two days ago -> Rendang was eaten by Lina two day ago

3. Present continous tensse

Aktif = S + R + To be (are, is, am) + Verb-ing + O

Pasif = O + to be (are, am, is) + being+ Verb 3 + S

Contoh : they are making a good plan -> a good plan is being made by them

Itulah tadi penjelasan tentang contoh kalimat passive voice beserta sedikit detailnya dari ayoksinau.com. Untuk melatih kemampuan, biasakan untuk mengerjakan latihan soal tentang passive voice. Mintalah guru atau pembimbing untuk mengoreksi.

Baca Juga :