Seperti Apa Sistem Tata Surya? Berikut Penjelasan Lengkapnya

Posted on

Seperti Apa Sistem Tata Surya? Berikut Penjelasan Lengkapnya

            ayoksinau.com – Siapa si yang tidak mengenal sistem tata surya? Semua orang pasti pernah mendengar apa itu sistem tata surya. Sistem tata surya adalah semua benda yang berada dilangit seperti planet-planet, matahari, satelit, asteroid dan masih banyak lagi.

            Semua tata surya terbentuk dari sebuah sistem yang secara teratur dan semua objek tata surya memiliki gaya gravitasi masing-masing. Banyak teori yang berpendapat mengenai proses terjadinya sistem tata surya. Diantaranya teori Planetesimal oleh ahli geologi Thomas C. Chomberlin dan astronom Forest R. Moulton, teori awan debu oleh Carl Von Weizsaker dan Gerard P.Kuiper, serta teori Nebule oleh Immanuel Kant dan Piere Simon de Laplace.

            Sistem tata surya merupakan benda-benda langit yang mengelilingi tata surya yang sudah berada pada orbitnya masing-masing. Orbit ialah garis lintasan yang dilewati oleh tata surya agar tidak bertabrakan satu sama lain.

            Ada beberapa macam sistem tata surya yang menghiasi langit jagad raya ini, berikut beberapa macam atau anggota tata surya yang ada di langit.

  • Matahari, merupakan tata surya yang paling penting dalam kehidupan, karena apabila tidak ada matahari maka tidak akan ada kehidupan karena gelap gulita. Matahari adalah sistem taat surya yang paling besar dan memiliki energi panas yan sangat dahsyat.
  • Planet Merkurius, adalah planet yang paling dekat dengan matahari, planet ini tidak bisa di lihat dengan mata telanjang, karena planet ini memiliki ukuran yang kecil dan hanya bisa di lihat ketika pagi dan siang hari.
  • Planet Venus, ialah planet yang memilki awan tebal yang berguna untuk melindungi planet dari panasnya sinar matahari.
  • Bumi, merupakan salah satu planet di sistem taat surya yang bisa di huni oleh mahluk hidup karena memiliki oksigen. Bumi memiliki ukuran yang sama dengan planet venus dan bumi juga memiliki satu satelit yaitu bulan.
  • Mars, planet yang lebih kecil dari bumi, memiliki 2 satelit yaitu satelit phobos dan planet damos
  • Jupiter, planet yang memiliki ukuran sangat besar di antara planet lainnya dan dapat dilihat dengan kasat mata. Memiliki beberapa satelit, seperti Io, eropa, calista dan masih banyak lagi.
  • Saturnus, planet yang memiliki cincin yang melingkar di antara planet saturnus, sehingga membuat planet tersebut cantik dan indah untuk di lihat.
  • Uranus, planet nom0r 7 dari anggota tata surya lainnya.
  • Neptunus, planet yang memiliki angin yang berbadai sehingga planet ini sering di sebut dengan planet paling berangin.

Benda langit yang mendukung sistem tata surya di jagad raya ini adalah meteor, komed, satelit, dan masih banyak lagi. Demikian informasi penting tentang sistem tata surya, semoga menambah wawasan dan pengetahuan pembaca.

Baca juga artikel lainnya :