Pengertian, Ragam Hingga Jenis-Jenis Seni Grafis | Ayoksinau.com

Posted on

Pengertian Seni Grafis – Seni grafis termasuk dalam bagian dari seni rupa yang bersifat dua dimensi. Istilah dari grafis sendiri diambil dari bagasa Inggris yaitu graph atau graphic yang artinyayaitu membuat tulisan, gambar dan lukisan dengan cara ditoreh atau digores.Seni grafis juga memilikiarti gambaran sesuatu yang nyata. Dalam sejarah dan kebudayaan manusia di nusantara ini, seni sudah ada sejak zaman batu dengan bukti gambar cap tangan yang ada di dinding Gua.

Pengertian Dan Ragam Seni Grafis

gambar seni grafis

Seni grafis termasuk kedalam bagian dari seni rupa yang berdimensi dua. Istilah grafis diambil dari bagasa Inggris graph atau graphic yang berarti membuat tulisan, gambar atau lukisan dengan cara ditoreh atau digores.Seni grafis adalah karya seni rupa dua dimensi yang proses pembuatannya melalui teknik cetak

Baca juga :

Ragam Seni Grafis

Seni grafis ada terdapat berbagai macam. Pembagian jenis-jenis seni grafis dilakukan berdasarkan teknik dari pembuatannya. Bahan dan alat yang diperlukan dalam sebuah karya seni grafis sangatlah beragam, sesuai dengan teknik yang akan digunakan;

Jenis-Jenis Cetakan Seni Grafis

1. Cetak tinggi

Cetak tinggi merupakan ragam dari karya seni grafis yang proses pembuatannya melalui tahapan-tahapan. Tahap pembuatan dengan cetakan dari bahan yang dicukil sehingga pada permukaan menjadi tinggi dan rendah (relief). Pada bagian yang tinggi inilah nantinya akan dilumuri tinta cetak dengan alat rol karet. Lalu  akan cetakkan pada lembaran kertas sehingga akan membentuk gambar yang sesuai dengan cetakannya.

Teknik cetak tinggi ini menggunakan bahan hardboard, karet, kayu, aluminium, kertas karton, kertas tela, cat minyak dan tinta. Sedangkan untuk alat yang digunakan yaitu pisau pahat dan roll.

Contoh seni cetak tinggi yang sering kita temukan ada pada pembuatan cap atau stempel.

2. Cetak saring (screen printing)

Cetak saring merupakan ragam karya seni grafis yang pada proses pembuatannya melalui beberapa tahapan. Tahapan pembuatan cetakan ini dari bahan screen atau kain yang akan dilapisi bahan peka cahaya. Kemudian screen lalu ditutup dengan film dan dilakukan penyinaran. Kemudian, screen dicuci dan akan terbentuk cetakan berlobang (saring) yang sesuai dengan filmnya. Lalu cat dituangkan di atas screen dan di rakel sehingga akan membentuk gambar sesuai dengan cetakannya.

Teknik cetak saring menggunakan afdruk seperti cromatine, ulano, cat sablon dan film. Sedangkan alat yang digunakan berupa screen, rakel dan meja sablon. Cetak sablon termasuk dalam jenis cetak saring. Sablon sudah banyak kita jumpai pada pembuatan gambar dan tulisan yang ada pada kaus dan spanduk.

3. Cetak dalam (intaglio print)

Cetakan dalam merupakan ragam seni grafis yang dibuat menggunakan cetakan dari bahan-bahan plat aluminium yang ditoreh dengan alat tajam sehingga akan membentuk goresan yang dalam. Kemudian tinta dituangkan pada goresan dalam yang  di atasnya diletakkan kertas yang sudah dibasahi dengan air. Tintapun akan melekat pada kertas maka terbentuklah gambar yang sesuai dengan cetakan yang kita inginkan.

Teknik cetak dalam ini dapat menggunakan bahan-bahan seperti aluminium, kertas dan tinta. Sedangkan alat yang digunakan adalah paku atau besi runcing.

4. Cetak foto atau fotografi

Cetakan foto atau fotografi merupakan ragam seni grafis yang proses pembuatannya melalui pemotretan menggunakan kamera, pencetakan gambar foto dan pencucian film. Teknik cetak afdruk menggunakan film untuk fotografi.Kertas foto dan bahan cuci film. Untuk alatnya digunakan yaitu kamera. Ada satu lagi jenis cetak foto yang terkait dengan fotografi, yaitu menggunakan teknik cetak digital.

Pada teknik ini menggunakan bahan kertas, tinta dengan menggunakan alat kamera digital, computer dan printer.

Baca juga ulasan di bawah ini :

Demikianlah ulasan dari ayoksinau.com yang mengenai pengertian seni grafis, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda.