Sejarah BPUPKI Dan Sejarah Pembentukan BPUPKI

Posted on

Sejarah BPUPKI – Memasuki tahun 1944, kedudukan negara Jepang dalam dunia perang Pasifik semakin terpojok dan terdesak. Angkatan laut negara Amerika Serika yang dipimpin oleh Laksmana Nimitz telah berhasil menduduki posisi yang sangat penting di kepulauan Mariana seperti Guan, Tidian dan Saipan dimana posisi tersebut berhasil membuat Sekutu bisa melakukan serangan ke Kepulauan negara Jepang.

Sejarah BPUPKI dan terbentuknya

gambar Sejarah BPUPKI Dan Sejarah Pembentukan BPUPKI

Sejarah BPUPKI dan juga berdirinya BPUPKI tersebut tidak lepas dari masa kekuasaannya Hindia Belanda oleh negara Jepang tepatnya pada bulan Maret tahun 1942 sampai berakhirnya perang dunia ke dua yakni pada tahun 1945. Pada masa kependudukan ini banyak hal yang sangat berperan penting dalam terbentuk dan berdirinya negara Indonesia ke masa depan, salah satunya adalah terbentuknya BPUPKI atau badan penyelidik usaha persiapan kemerdekaan Indonesia.

Sejarah BPUPKI

Pada tahun 1941, negara Jepang di perang Dunia II telah melakukan serangan kepada daerah Inggris dan juga negara Amerika, termasuk juga penyerangan besar-besaran kepada Pearl Harbor, serta pendaratan tentara dari negara Jepang di negara Thailand dan juga Malaya, hingga di perang Hong Kong.

Dari seluruh hal tersebut telah berhasil membuat negara Inggris, Tiongkok, Amerika, Australia dan juga negara lainnya yang bergabung dalam pasukan negara Sekutu menyatakan perang melawan negara Jepang.

Pernyataan perang melawan Jepang inilah yang kemudian Amerika mengembargo minyak, dan juga memaksa Jepang untuk segera mencari tempat atau lokasi dimana lokasi tersebut bisa menghasilkan minyak bagi negara tersebut, dan akhirnya tibalah negara Jepang ke Indonesia. Inilah awal sejarah BPUPKI terbentuk.

Baca juga :

Atas suksesnya pendaratan negara Jepang di Indonesia, sedikit banyak berkat bantuan dari negara Jerman, dimana pada waktu itu pihak Belanda sedang merasa kewalahan menghadang pasukan negara Jerman yang akan berniat untuk menduduki negara mereka. Namun sejarah BPUPKI dan terbentuknya BPUPKI ini belum akan tercatat dan tertulis pada masa-masa ini, dimana masa awal pendudukan Jepang di Indonesia dan pendudukan Jepang di Indonesia pada saat itu belum terasa sangat menyakitkan.

Sejarah BPUPKI dan terbentuknya BPUPKI akhirnya mulai saat Jepang mulai menyadari bahwa negaranya sudah ada dalam pihak yang kalah dalam Perang dunia II. Yakni tepat pada tanggal 7 September 1944, dimana Jepang mulai menjanjikan banyak janji manis tentang kemerdekan untuk negara Indonesia, namun janji tersebut ditentang keras oleh para pasukan tentara angkatan laut negara Jepang.

Pada akhirnya tanggal 1 Maret 1945, negara Jepang memutuskan untuk segera menuliskan tinta pertamanya dalam sejarah BPUPKI dan pembentukannya. Dimana BPUPKI tersebut didirikan di gedung yang dulunya dipakai oleh Volksraad pada waktu masa pemerintahan negara Belanda. Ada sekitar 59 orang yang akan bergabung dalam BPUPKI ini dan dengan 8 orang Jepang.

Adapun pertemuan pertamanya dilakukan pada tanggal 29 Mei sampai 1 Juni dan membahas tentang sebuah integrasi nasional, dimana tokoh Muhamad Yamin mengusulkan bahwa negara yang baru untuk memasukan Sabah, Sarawak , Malaya dan juga Portugal Timur, selain dari daerah Hindia Belanda.

Nah sekarang sudah tau bukan, Kunjungi terus ayoksinau.com untuk informasi menarik lainnya.

Baca juga artikel lainnya :