Rumus & Cara Menghitung Skala Peta Dengan Baik Dan Benar | Ayoksinau.com

Posted on

Menghitung Skala Peta – secara umum, perhitungan skala peta bisa digunakan untuk menghitung jarak sesungguhnya  mulai dari wilayah yang digambarkan terhadap peta. Sebaliknya berbeda antara jarak pada peta dan jarak yang sesungguhnya, maka kita bisa melihat skala peta terebut.

Cara menghitung skala peta

Di bawah ini sudah ayok sinau siapkan beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghitung skala

1. Menghitung menggunakan skala Angka

Pada perhitungan skala angka, guna menghitung jarak wilayah sebenarnya dengan menggunakan peta, kita juga menggunakan rumus-rumus sebagai berikut.

gambar rumus skala peta
contoh rumus skala peta

Contoh perhitungan jarak sebenarnya

Disebuah peta yang berskala 1 : 10.000.000, jarak antar kota A dan jarak kota B adalah 5 centimeter. Berapakah jarak sebetulnya antara kota A dan Kota B?

Jawab :

Jarak sesungguhnya = 5 cm / 1 : 100.000

                                        = 5 cm x 10.000.000 / 1

                                        = 50.000.000 cm

Maka hasil sebenarnya antara kota A dan Kota B berjarak 50.000.000 atau lebih tepatnya 500 km.

Sedangkan,  untuk mengetahui skala menggunakan peta, kita bisa menggunakan rumus seperti di bawah ini.

Rumus Skala Peta Paling Lengkap

gambar rumus skala pada peta
rumus skala pada peta

Contoh Cara Mencari Skala Peta

Jarak antara dari kota c ke kota D di peta berjarak 8 cm. Sedangkan untuk jarak sebenarnya antara kota C dan kota D berjarak 160 km. Berapakah skala peta tersebut berdasarkan satuan centimeter?

Jawab :

Skala = Jarak pada peta : jarak sebenarnya

          = 8 cm : 160 kilometer

          = 8 cm : 160.000.000 centimeter

          = 1 : 2.000.000

Jadi, skala petanya adalah 1 : 2.000.000

Baca juga :

2. Perhitungan Menggunakan Skala batang

Pada perhitungan menggunakan skala batang, kita akan menggunakan ukuran pada batang grafis atau garis lurus yang sudah ada di bawah gambar peta. Pada batang garis ataupun batang grafis, jarak suatu ruas atau suatu kolom ialah sama serta masing-masing ruas mewakili jarak tertentu.

Skala batang sangat berbeda dengan skala angka. Pada saat suatu peta diperkecil dengan cara di fotocopy, skal batangya masih bisa digunakan walau tidak di konversi.

Jika seperti biasanya di dalam skala batang masing-masing mempunyai ruas sepanjang 1 cm, yang bisa mewakili jarak sebetulnya. Seperti misalkan pada suatu peta mempunyai skala 1 : 100.000, tentu skala batang mempunyai panjang masing-masing mempunyai ruas 1 cm.

Contohnya :

Jarak antar desa Tambakboyo dengan Desa majasto di dalam peta dengan skala batang ialah 4 ruas. Satu ruas pada peta itu dianggap mewakili 1 km, maka sebenarnya berapakah jarak kedua desa tersebut?

Karena disetiap ruas pada suatu peta akan di anggap mewakili 1 km, maka jarak dari kedua desa tersebut adalah 4 x 1 km = 4 km.

Demikianlah ulasan mengenai rumus dan cara menghitung skal pada peta, kunjungi terus ayoksinau.com untuk informasi penting lainnya.

Baca juga ulasan di bawah ini :