Rukun Iman Yang Wajib Diketahui Umat Islam

Posted on

Rukun Iman Yang Wajib Diketahui Umat Islam

Mengetahui sebuah Rukun Iman merupakan suatu kewajiban bagi umat muslim pada umumnya baik muslim laki-laki maupun muslim perempuan. Bukan hanya sekedar hafal saja tetapi sebagai muslim yang baik juga diwajibkan untuk memahami setiap makna yang terkandung dan yang terpenting adalah selalu berusaha untuk mengamalkan perbuatan-perbuatan yang mencerminkan keimanan dalam kehidupan sehari-hari.

Kata iman sendiri mempunyai makna percaya dalam hal ini berarti kepercayaan dengan sepenuh hati yang diucapkan dengan lisan dan diamalkan dengan perbuatan. Tetapi yang banyak terjadi pada manusia umumnya sekedar mengetahuinya saja tanpa memaknai makna yang terkandung sesungguhnya. Padahal memahami makna adalah hal yang paling utama dan tidak boleh sekedar pernyataan belaka.

Dengan memaknai sebuah Rukun Iman seseorang akan lebih waspada dalam bertindak karena dalam hatinya sudah tertanam keyakinan yang kuat bahwa segala perbuatan selalu mendapat pengawasan dan akan mendapat pertanggungjawaban. Sehingga seseorang akan senantiasa berperilaku yang baik sesuai perintah Allah SWT dan berusaha menjauhi setiap larangan-laranganNya.

Rukun Iman Yang Wajib Diketahui

Iman Kepada Allah

Keimanan yang pertama kali adalah keyakinan akan adanya Allah yang menciptakan seluruh alam semesta beserta isinya. Allah adalah satu-satunya tuhan yang wajib disembah dan tidak ada sekutu bagiNya. Ke-Esaan Allah dicantumkan dalam Q.S Al-Ikhlas yang merupakan salah satu surat terpendek dalam kitab suci Al-Qur’an.

Iman Kepada Malaikat

Iman yang kedua adalah Iman Kepada Malaikat dimana seorang muslim harus mempercayai dengan sepenuh hati bahwa Allah menciptakan beberapa malaikat yang wajib dipercayai. Malaikat-malaikat ini diberi tugasnya masing-masing dan merupakan makhluk ciptaan Allah yang paling taat dan tidak pernah membangkang sedikit pun.

Iman Kepada Kitab

Selanjutnya Rukun Iman yang ketiga adalah Iman Kepada Kitab Allah dimana seseorang mempercayai dengan sungguh-sungguh bahwa Allah telah mewayuhkan kitab-kitab suci kepada para rosul melalui perantara Malaikat Jibril. Keberadaan kitab suci dimaksudkan sebagai pedoman hidup umat islam di dalam bertindak dan menjadi sumber hukum dari segala sumber hukum yang ada.

Iman Kepada Rosul

Rosul adalah seorang laki-laki pilihan Allah yang menerima wahyu melalui perantara Malaikat Jibril untuk dirinya sendiri dan disampaikan kepada umatnya. Para rosul ini menjadi suri tauladan manusia dalam berperilaku terutama Nabi Muhammad SAW yang merupakan nabi terakhir dan yang akan memberi syafa’at kelak di yaumul qiyamah.

Iman Kepada Hari Kiamat

Segala sesuatu yang ada di dunia hanyalah bersifat fana dan sementara dan bila tiba saatnya semuanya akan hancur dan binasa pada hari kiamat kelak. kedatangan hari kiamat menjadi rahasia Allah semata dan tidak ada seorang pun yang mengetahuinya tetapi kita diwajibkan untuk mengimani akan datangnya hari kiamat itu.

Iman Kepada Qodo dan Qodar

Rukun Iman yang terakhir adalah iman kepada Qodo dan Qodar atau yang disebut sebagai takdir. Takdir merupakan sebuah keputusan Allah semata manusia hanya diwajibkan berusaha dan berdoa tetapi yang menentukan hasilnya adalah Sang Kholiq.

Sekian ulasan tentang Rukun Iman Yang Wajib Diketahui Umat Islam semoga artikel dari ayoksinau.com bisa bermanfaat.

Baca juga artikel lainnya :