Prinsip-Prinsip Geografi: Distribusi, Korologi, Interelasi, Deskripsi

Posted on

Ayoksinau.com – Setiap bidang ilmu memiliki konsep dan prinsip tersendiri, walupun terkadang ada kesamaan prinsip antara beberapa bidang ilmu. Prinsip suatu ilmu digunakan sebagai dasar guna menjelaskan fenomena yang terjadi dengan memahami karakteristik yang dimiliki dan keterkaitan fenomena tersebut dengan permasalahan yang lain.

Pada batasan-batasan geografi dapat dilihat bahwa adanya prinsip yang dipergunakan dalam mempelajari ilmu geografi. Prinsip-prinsip ini menjadi dasar di uraian, pengkajian dan juga pengungkapan gejala, faktor, variabel dan juga masalah Geografi. Adapun prinsip-prinsip yang dipegang dalam geografi adalah sebagai berikut.

1.Prinsip Distribusi (Penyebaran)

Prinsip yang pertama yang digunakan untuk menelaah dan mengkaji gejala dan fakta geografi ialah prinsip distribusi atau penyebaran. Geografi menganut prinsip ini karena adanya persebaran fenomena geografi yang tidak merata di muka Bumi. Fenomena tersebut dapat berupa bentang alam, tumbuhan, hewan dan juga manusia.

Tugas geografi memberikan gambaran tentang penyebaran fenomena tersebut dan juga penyebab terjadinya. Dengan memperhatikan penyebaran suatu fenomeena yang terjadi, pengungkapan persoalan yang berkenaan dengan fenomena tersebut bisa terarah degan baik. Tidak hanya itu, penggunaan prinsip penyebaran juga bisa mengungkap hubungan antara satu fenomena dengan yang lain secara menyeluruh.

Misalnya adalah, penyebaran potensi air yang berbeda dari satu tempat dengan tempat lainnya, penyebaran polusi udara, penyebaran limbah cair dalam tanah, dan laninnya.

2.Prinsip Interelasi (Keterkaitan)

 

Setelah pola penyebaran dan fakta geografi dalam suatu ruang telihat, prinsip ke dua dari geografi ialah mengurai hubungan yang saling terkait didalamnya. Geografi menganut prinsip ini dikarena adanya hubungan yang saling terkait antara alam dan juga manusia. Interelasi atau hubungan ini bisa terjadi antara alam dengan alam, manusia dengan manusia, maupun alam dan manusia. Melalui hubungan tersebut, pengungkapan karakteristik gejala atau fakta geografi tempat atau pun wilayah tertentu juga bisa dilakukan.

Misalnya ialah, fenomena banjir yang terjadi akibat penebangan hutan di wilayah hulu atau kekeringan yang berkepanjangan sebagai dampak adanya La Nina.

3.Prinsip Deskripsi (Penggambaran)

Ketika pola penyebaran disuatu fenomena dan keterkaitannya dalam suatu ruang, tugas geografi selanjutnya ialah mendeskripsikan hal-hal tersebut. Geografi menganut prisnip ini ditujukan guna menggambarkan fenomena geosfer yang memerlukan deskripsi baik melalui tulisan, table, gambar maupun grafik yang disajikan melalui fakta, gejala, dan juga masalah sebab-akibat secara kualitatif maupun kuantitatif.

Contohnya , peta persebaran lempeng tektonik di dunia.

4.Prinsip Korologi

Prinsip Korologi adalah gabungan atau perpaduan dari ketiga prinsip diatas. Dalam prinsip ini gejala dan juga permasalahan geografi dianalisis persebarannya, interaksi dan juga interelasinya dari berbagai aspek yang mempengaruhinya. Prinsip korologi, adalah prinsip geografi yang komprehensip, karena memadukan prinsip-prinsip lainnya. Prinsip ini adalah ciri dari geografi  modern.

Semoga artikel dari ayoksinau.com tersebut mengenai Prinsip-Prinsip Geografi: Distribusi, Korologi, Interelasi, Deskripsi dapat menambah wawasan teman-teman sekalian.

baca juga artikel dibawah ini: