Kenali Apa Itu Perubahan Iklim & Bagaimana Kita Beraksi | Ayoksinau.com

Posted on

Perubahan Iklim – Masih ingatkah kalian tentang letak wilayah Indonesia? Bagaimana jika dilihat dari letak astronomis, maka wilayah Indonesia terletak pada daerah tropis. Daerah tropis terletak di antara 00LU- 230 LU dan 00 LS – 230LS. Di daerah tropis, kita hanya mengenal dua musim, yaitu musim penghujan dan musim kemarau.

gambar perubahan iklim

Musim penghujan terutama terjadi pada waktu bertiup angin muson barat, sedangkan musim kemarau terjadi ketika bertiup angin muson timur.

Indonesia memiliki dua musim, antara lain musim kemarau dan musim penghujan. musim penghujan yang ada di wilayah Sumatera dan Kalimantan akan relatif lebih lama dibandingkan dengan musim hujan yang ada di daerah Nusa Tenggara.

Dengan demikian musim kemarau di Sumatera dan Kalimantan bisa jadi hanya beberapa bulan, tetapi di daerah Nusa Tenggara bahkan dapat berlangsung lebih dari ½ tahun.Didaerah Sumatera, musim penghujan hampir dapat berlangsung sepanjang tahun. Hanya ada dua sampai tiga bulan saja terjadi musim kemarau.

Berbedanya dengan wilayah Jawa dan Nusa Tenggara. Musim kemarau lebih lama daripada musim penghujan terkecuali pada wilayah Jawa bagian Barat terutama di wilayah pegunungan.

Seorang ahli meteorologi bangsa dari negara Belanda yang bernama Buys Ballot mengungkapkan dalam hukumnya yang memiliki berbunyi : “Angin mengalir dari tempat yang bertekanan maksimum (dingin) ke tempat yang bertekanan minimum (panas) ”.

Pada belahan utara bumi, udara/angin akan  berkelok ke kanan dan di belahan selatan berkelok ke kiri.

Di permukaan bumi kita ini daerah-daerah yang bertekanan tinggi adalah di wilayah sekitar subtropis pada ketinggian 300 LS dan 300 LU. Angin bergerak dari wilayah subtropis sebagian menuju ekuator dan sebagiannya menuju wilayah kutub.

Pada tanggal 21 Juni posisi matahari beredar pada di 230 LU-. Sedangkan pada tanggal 23 September, posisi matahari akan beredar di atas garis Katulistiwa. Pada tanggal 22 Desember posisi matahari beredar di 230 LS. Pada saat tanggal 21 Maret, maka posisi matahari beredar di daerah Katulistiwa.

Pada waktu bulan September hingga Desember matahari bergerak ke bagian Selatan, maka wilayah selatan relatif bertemperatur udara tinggi dan tekanan udaranya menjadi rendah. efeknya, terjadi aliran udara dari Asia menuju wilayah tropis.

Pergerakan angin dari Asia membawa massa udara dengan uap air jenuh yang berasal dari lautan yang ada di Pasifik dan di lautan Hindia. Pergerakan angin barat itulah yangdapat menyebabkan musim penghujan. Sebaliknya pada buian Maret hingga bulan Juni ketika Matahari akan berada di wilayah utara, dan berganti angin bertiup dari wilayah Australia menuju Kepulauan Indonesia.

Angin yang datang dari Benua Australia yang kering tidaklahbanyak membawa banyak uap air sehingga tidak dapat menimbulkan hujan.

Angin dapat dibedakan menjadi 2 Macam yaitu angin tetap dan angin periodik :

1. Angin tetap merupakan angin yang arah tiupnya tetap sepanjang tahun, seperti :

  • Angin passat merupakan angin yang selalu bertiup terus menerus dari daerah maksimum subtropis utara dan selatan (300– 400) menuju ke minimum khatulistiwa.
  • Angin barat yaitu angin antipassat angin yang berhembus di atas angin passatpada ketinggian (30 km dan arahnva berlarvanan dengan angin passat).
  • Angin timur, yaitu angin yang bertiup dari kedua daerah maksimum kutubmenuju daerah minimum subpolar (iintang 6610 LU dan LS0)

Baca juga :

2. Angin periodik, angin ini dapat dibagi yang terdiri dari Angin Periodik harian dan Angin periodik tahunan

Angin Periodik Harian

  • Angingunungadalahanginyangbertiup darilereng gunungkelembahpada malam hari.
  • Angin lembah adalah angin yang bertiup dari lembah ke lereng gunungpada siang hari.
  • Angin darat adalah angin yang berasal dari daratan menuju ke lautan,yangberhembus pada malam hari.
  • Angin laut merupakan angin yang akan berhembus dari laut ke daratan. Angin laut terjadi atau berhembus pada siang hari.

Angin Periodik Harian

  • Angin siklon berada di kawasan daerah yang mempunyai tekanan minimum yang dikelilingi oleh daerah seputanya yang bertekanan maksimum, sehingga angin akan memutar lalu masuk.
  • Angin anti siklon merupakan angin yang berasalkan dari daerah yang bertekananmaksimum yang menuju ke daerah sekelilingnya yang memiliki tekananminimum, sehingga angin tersebut akan bergerak putar keluar.
  • Angin fohn yaitu angin yang bersifat panas dan kering yang turundari daerah pegunungan, seperti angin Bahorok di Deli, dan anginGending di Pasuruan.
  • Angin muson merupakan angin yang berasal dari kata monsoon, Monsoon yang memiliki arti anginmusim.

Angin muson merupakan gerakan massa udara yangterjadi karenasuatu perbedaan pada tekanan udara yang mencolok antara daratan dan lautan.

Proses terjadinya angin muson sangatlah dipengaruhi oleh beberapa Benua Asia yang di belahan bumi utara dan di Benua Australia di belahan bumi selatan yang mengapit dua samudra.

Demikianlah ulasan mengenai perubahan iklim semoga bisa menambah wawasan anda. untuk media pembelajaran secara online kunjungi terus ayoksinau.com.

Baca juga artikel menarik lainnya :