Macam-Macam Penyerbukan & Pengertian Lengkap | Ayoksinau.com

Posted on

Penyerbukan – Pada pembahasan kali ini kita akan membahas penyerbukan yang terjadi pada tumbuhan biji. Pernahkah kalian mendengar kata penyerbukan? Lalu apa saja perantara dalam penyerbukan. Pada proses perkembangbiakan tumbuhan generatif pada tumbuhan biji akan dilakukan penyerbukan yang kemudian akan dilanjutkan dengan proses pembuahan.

Pengertian Penyerbukan

gambar penyerbukan

Penyerbukan merupakan peristiwa menempelnya serbuk sari pada kepala putik. Penyerbukan dapat disebut dengan persarian. Bagian kepala putik ada juga yang berbulu halus dan ada juga yang berlendir yang fungsinya agar serbuk mudah melekat pada kepala putik.

Perantara Penyerbukan

Serbuk sari akan dapat mencapai kepala putik secara alami atau dapat juga dengan bantuan manusia. Dengan secara alami, serbuk sari akan dapat mencai kepala putik dnegan perantara angin, hewan dan air. Perantara yang dapat menyebabkan penyerbukkan disebut dengan polinator.

Berdasarkan perantaranya, penyerbukan dapat dibedakan menjadi tiga yaitu penyerbukkan oleh angin dan penyerbukan oleh airĀ  dan penyerbukkan oleh manusia.

1. Penyerbukan oleh hewan

Hewan pada umumnya akan dapat berfungsi sebagai perantara penyerbukan yaitu serangga, contohnya seperti kupu-kupu dan lebah. Selain serangga, hewan lain yang juga berperan dalam proses penyerbukan yaitu siput, kelelawar da burung.

Ciri-ciri tumbuhan seperti bunga yang diserbukkan oleh hewan yaitu memiliki mahkota yang berwarna-warni yang digunakan sebagai daya tarik, memiliki kelenjar madu dan memiliki bau yang harum.

Serbuk sari yang berlendir sehingga dapat melekat pada tubuh hewan.

Proses penyerbukan terjadi ketika lebah, kumbang ataupun kupu-kupu yang datang menghisap madu, dan serbuk sari pun akan menempel pada tubuhnya, dan ketika lebah, kumbang ataupun kupu-kupu tersebut hinggap di bunga lain yang sejenis maka penyerbukkann pun akan terjadi.

Baca juga :

2. Penyerbukan Oleh Angin

gambar penyerbukan oleh angin

Ciri-ciri tumbuhan yang diserbukkan oleh angin adalah sebagai berikut

  • Bunga tidak memiliki kelenjar madi dan tidak berwarna.
  • Memiliki serbuk sari yang berjumlah banyak dan ringan sehingga sangat mudah untuk diterbangkan oleh angin.
  • Kepala sari yang besar serta tangkai yang panjang, sehingga akan sangat bergoyang apabila tertiup angin.
  • Putiknya terentang keluar dan panjang.

Contoh tumbuhan atau bunga yang penyerbukannya oleh angin yaitu bunga jagung, bunga rumput dann bunga kelapa.

3. Penyerbukan Oleh Manusia

Tumbuhan yang proses penyerbukannya di bantu oleh air yaitu bunga atau tumbuhan yang terendam air, contohnya seperti tumbuhan hydrila

4. Penyerbukan Oleh Manusia

Selain dari 3 macam perantara diatas yang secara alami, proses penyerbukan juga dapat dilakukan dengan bantuan manusia.

Contoh tumbuhan yang proses penyerbukannya dibantu manusia diantaranya yaitu tumbuhan vanili dan salak.

Bunga yang terdapat pada tumbuhan salak dan vanili yaitu berkelamin tunggal, sehingga terdapat bunga jantan dan bunga betina. Dan untuk mempermudah penyerbukannya, bunga jantan yang dipenuhi dengan serbuk sari dipetik yang kemudian ditempelkan pada bunga betina yang sudah mulai masak.

Macam Macam Penyerbukan

Apabila dikelomppokkan dari asal serbuk sarinya, penyerbukan dapat dibedakan menjadi 3 macam, yaitu penyerbukan tetangga, penyerbukan sendiri dan penyerbukan silang. Untuk lebih jelas tentang 3 macam penyerbukan tersebut, mari kita bahas.

1. Penyerbukan Tetangga (geitonogami)

gambar penyerbukan tetangga

Penyerbukan tetangga ialah suatu proses penyerbukan yang menempelnya serbuk sari dari suatu tumbuhan atau bunga pada kepala putik bunga yang lain yang masih berada pada satu jenis tumbuhan.

Contoh penyerbukan tetangga yaitu terjadi pada bunga jagung

2. Penyerbukan sendiri (autogami)

Penyerbukan sendiri atau secara ilmiah disebut dengan autogami merupakan proses penyerbukan yang menempelnya serbuk sari dari suatu bunga pada kepala putik yang ada pada bunga itu sendiri. Pada proses penyerbukan sendiri ini tidak akan menghasilkan keturunan yang bervariasi.

Contoh penyerbukan sendiri yaitu bunga belalang dan bunga turi.

3. Penyerbukan Silang (alogami)

Penyerbukan silang merupakan penyerbukan yang menempelnya serbuk sari dari suatu bunga yang ada pada kepala putik bunga lain yang terdapat pada tumbuhan lain yang sejenis. Proses penyerbukan silang sangat sering juga disebut dengan persilangan.

Pada peyerbukan persilangan ini terkadang dapat menimbulkan variasi keturunan karena terjadi perpaduan sifat dari dua tumbuhan yang memiliki dua induk .

Contohnya persilangan yang terjadi pada bunga yang berwarna-warni.

Demikianlah ulasan mengenai macam-macam penyerbukan, kunjungi terus ayoksinau.com sebagai media pembelajaran secara online.

Baca juga artikel di bawah ini :