Pengolahan Struktur Dan Penyajian Data Dalam Komputer Lengkap

Posted on

Struktur Dan Penyajian Data

 

Dapat juga disebut peringkat data (Hirarchy of data) atau konfigurasi data, dimana data tersebut terdiri dari karakter-karakter yang tersusun secara sistematik serta dirangkai satu dengan yang lainnya. sehingga memenuhi tujuan pengolahannya, pada pembahasan berikut akan dibicarakan pengolahan struktur dan penyajian data dalam komputer lengkap mulai dari bit sampai database.

1. BIT

Bit merupakan singkatan dari BiNARI DIGIT. Bit dimaksudkan untuk menyajikan kondisi ON/OFF dan i aliran (pulsa-pulsa) eiektronik inesin (komputer) yang diberi symbol “0” dan “1”. Jadi Bit merupakan unit terlecil dan data. Dan bit bit ini tidaklah selalu tetap jumlah digit dalam sistem komputer, tetapi tergantung dan i sitem komputer (dari pabrik pembuat komputer itu sendiri). Pada komputer APPLE II menggunakan 8 bit Sedangkan pada komputer keluaxga IBM menggunakan 16 bit Walaupun berbeda tetap dianggap bahwa bit merupakan unit terkecil dari data, hanya saja tidak bisa diberikan ketetapan untuk jumlah bit yang digunakan.

2. BYTE/CHARACTER

Byte sama dengan karakter, yaitu merupakan kumpulan dari bit. Yang disebut kharakter (aksara) seperti huruf A -Z, a -z, angka 0-9, blank(spasi), dan spesialkarakter (karakter khusus berupa simbol-simbol, seperti: [email protected]#$^&*(* titik0 tanda petik (1″) dan lain sebagainya.

3. FIELD

Field merupakan kumpulan satu atau lebih byte (karakter) yang mempunyai makna.
Contoh:
1. Nama
2. Nomor pegawai
3. Alamat
4. Dan sebagainya

4. RECORD

Record merupakan kumpulan satu atau lebih field yang membentuk satu kesatuan.
Contoh:

5. FILE

File merupakan kumpulan satu atau lebih record -record yang mempunyai kesamaan logik (kesamaan stuktur file-nya ).

6. DATABASE

Merupakan kumpulan satu atau lebih file -file yang sailing berhubungan, yang menunjang suatu manajemen pengolahan data. Dalam suatu data kepegawaian di butuhkan beberapa file yang menunjang suatu pengolahan gaji pegawai, file -file tersebut seperti: File induk yang menyimpan data- data pribadi seorang pegawai, data jumlah jam kerja setiap pegawai, file hutang bagi pegawai yang memiliki hutang pada perusahaan dan lain -lain. Dimana file tersebut selalu interaktif (berhubungan) untuk setiap pengolahan gaji pegawai.

7. ORGANISASI FILE

Organisasi file merupakan suatu manajemen file yang dikelola dan diatur oleh sistem operasi (operating system).
Dalam organisasi file dibagi menjadi 3 macam yaitu:

1. Sequential
Sequential artinya berurutan, maksudnya file yang terekam atau di baca berurutan dari awal sampai akhir. Pada saat perekaman (penulisan)data, tersusun berdasarkan urutan data yang dimasukkan atau dientry. Data yang dimasukkan pertama akan menempati posisi record pertama, data yang dimasukkan kedua akan menempati posisi record kedua dan seterusnya.

2. Random (access direct)
Random artinya acak, Direct access yaitu dapat diaccess secara langsung. Memang dalam penggunaan organisasi file random (direct access) baik untuk membaca maupun penulisannya dapat dikatakan acak, tetapi berdasarkan nomor record yang harus seladu diberikan.

3. Index Sequential
Organisasi file Index Sequential merupakan gabungan dari organisasi file sequential dan random. pada saat perekaman data pertama kali filedibentuk (create file) dengan cara sequential file dibentuk, dapat dilakukan secara sequential maupun random.

Demikian artikel mengenai, Pengolahan Struktur Dan Penyajian Data Dalam Komputer Lengkap semoga artikel dari ayoksinau.com ini bermanfaat.

Baca Juga : 8 Kriteria Bahasa Pemrograman Yang Harus Diketahui Programmer