Pengertian Yoga,  Manfaat dan Jenis-Jenis Yoga| Ayoksinau.com

Posted on

Pengertian yoga – anda suka olahraga satu ini? Nah yoga adalah olahraga hits masa kini, olahraga yang satu ini sangat mudah digunakan dan kapan saja bisa serta tidak membutuhkan banyak tempat.

Yoga adalah penyatuan dari bahasa sansekerta. Bisa juga disebut dengan penyatuan alam. Yoga adalah 6 dari filsafat hindu dan aktiviasnya berpa meditasi mengerahkan panca indranya dan pikiran secara menyeluruh. Bahkan yoga bisa dijadikan pengobatan alternatif dilakukannya pemanasan, olah tubuh atau meditasi. Orang yang melakukan yoga disebut yogis, dan yogin bagi pria dan yogini bagi wanita.

Yoga adalah aktivitas gerakan olah tubuh dan juga pikiran yang sangat fokus pada kekuatan dan pernapasan untuk meningkatkan kualitas mental dan fisik. Postur, rangkaian gerakan dan pernapasan adalah komponen utama yoga.

Pengertian Yoga,  Manfaat dan Jenis-Jenis Yoga| Ayoksinau.com

Manfaat Yoga untuk Tubuh

Banyak sekali manfaat yoga, adapun manfaatnya adalah sebagai berikut:

  1. Mengurangi risiko akibat penyakit kronis
  2. Sarana relaksasi
  3. Membangun fleksibilitas dan kekuatan tubuh
  4. Menurunkan berat badan.
  5. Meningkatkan massa otot dan memperbaiki postur tubuh
  6. Meningkatkan keseimbangan

Jenis-Jenis Yoga

Banyak sekali jenis-jenis yoga, namun pada umunya jenis yoga adalah sebgai berikut:

  1. Bikram Yoga

Yang diperkenalkan Bikram Choudory. Dilakukan dengan dalam ruangan tertutup bersuhu tinggi, 32-42°C. Ruangan bersuhu tinggi, durasi latihan 90 menit sampai 45 menit denan pose-pose berdiri, 45 menit setelah itu melakukan gerakan di lantai. ada dua latihan pernapasan, 26 latihan gerakan. Manfaat gerakan ini adalah dapat membuat lebih peka dan mudah berkonsentrasi. Suhu ruang yang tinggi dapat mengeluarkan racun dan membuang stres. Bisa juga teknik ini dapat menurunkan berat badan.

  1. Prenatal Yoga

Jenis prenatal yoga adalah senam yoga yang untuk bagi ibu hamil. Ada beberapa kategori disesuaikan dengan umur kehamilan sang ibu. Proses bernapas yang dilakukan secara teratur dapat membantu ibu dapat menjalani proses melahirkan. Manfaatnya adalah membangkitkan kesadaran sang ibu akan kondisi tubuh dan janinnya. Membantu ibu agar lebih rileks menghadapi kondisi kehamilannya.

  1. Vinyasa

Bisa juga disebut dengan nama flow yoga. Jenis senam yoga bagi dengan gerakan-gerakan ritmis dan dinamis gerakan yang mirip dengan berdansa. Komponen utamanya adalah pernapasan dan dengan gerakan selaras sama. Manfaat senam yoga ini adalah menyelaraskan tubuh dengan kekuatan napas yang dimiliki.

  1. Hatha Yoga

Jenis ini merupakan paling cocok bagi pemula untuk mekakukan yoga. Hatha yoga adalah menekankan pada teknik asana (postur), pranayama (olah nafas), bandha (kuncian) serta mudra (gestur). Jenis hatha yoga meliputi latihan fisik yang ringan, melibatkan setiap sendi pada tubuh dalam gerakan yang memperkuat, melonggarkan, dan menyeimbangkan setiap anggota tubuh. Manfaat jenis yoga ini adaklah membantu menyeimbangkan pikiran dan tubuh, meningkatkan kesehatan, serta mengurangi stress.

  1. Ashtanga Yoga

Jenis yoga ini hampir sama aorobik. Jenis ini latihan fisik dan sinkronisasi dengan pernafasan. Gerakannya dilakukan secara progresif, tanpa jeda, dengan serangkaian pose yoga yang dapat membuat berkeringat. Manfaatnya adalah meningkatkan sirkulasi darah dan stamina tubuh, menurunkan berat badan, serta memperkuat otot-otot.

  1. Iyengar Yoga

Yoga iyengar ini adalah kekuatan dan daya tahan tubuh. Yang  membedakan iyengar dengan jenis lain adalah penggunaan alat bantu seperti tali, bantal, dan blok.  Cocok untuk segala jenis usia. Manfaatnya adalah bentuk terapi menyembuhkan penyakit tertentu, misalnya insomnia dan migren. Manfaat lainnya meningkatkan keselarasan antara proses bernapas dengan berkegiatan, meningkatkan konsentrasi, fleksibilitas, dan daya tahan tubuh manusia.

  1. Kundauni Yoga

Kundauni yoga dikenal juga sebagai jenis yoga untuk kesadaran. Yoga kundauni menekankan pada aliran dan pernapasan. Teknik  ini melakukan teknik pernapasan dengan cara bernapas cepat dan ritmis. Manfaatnya membangkitkan energi kundalini, di mana potensi psikoenergetik akan memandu Anda mencapai peningkatan spritual.

  1. Power Yoga

Jenis yoga ini pengembangan dari ashtanga yoga. Bisa juga disebut gym yoga karena menggabungkan antara gerakan peregangan, latihan kekuatan, dengan meditasi. Teknik ini menekankan pada kekuatan dan fleksibilitas. Manfaatnya meningkatkan kekuatan otot.

  1. Ishta Yoga

Yoga ini kombinasi klasik dan kontemporer, yaitu hatha, tantra, dan ayurveda. Manfaatnya adalah menjaga menstabilkan fisik dan mental.

Demikian lah Pengertian Yoga,  Manfaat dan Jenis-Jenis Yoga. Kunjungi terus Ayoksinau.com banyak sekali artikel-artikel yang tentunya bermanfaat.

Baca Juga:

Pengertian Seni, Fungsi dan Macam-Macam Seni | Ayoksinau.com