Pengertian Website, Manfaat dan Jenis-Jenisnya | Ayoksinau.com

Posted on

Pengertian website – pernah mendengar kata website, nah apa yang dimaksud dengan website, manfaat dan jenisnya  kali ini Ayoksinau.com akan membahas dengan lengkap mengenai website, manfaat dan jenis-jenisnya.

Website adalah kumpulan halaman yang didalamnya terdapat menampilkan banyak macam informasi, data, gambar, data animasi, suara, video bajkan merupakan gabungan dari semuanya. Website bisa juga di sebut dengan web. Web ada yang bentuknya statis apaupun dinamis, dimana informasi-informasi tersebut saling berkalitan satu sama lain. Yang di hubungkan dengan link atau hyperlink. Website dapat di akses menggunakan interner, jika tidak terkoneksi dengan internet maka didak akan bisa akses website. Web juga adayang resmi maupun pemilikan pribadi.

Pengertian Website, Manfaat dan Jenis-Jenisnya Ayoksinau.com

Website adalah kumpulan dari berbagai artikel-artikel menarik di halaman situs, yang terhubung dengan internet, yang terangkum dalam sebuah domain atau subdomain yang lebih tepatnya www(word wide web). Website sekumpulan dokumen yang di tulis dengan format hyper text markup language biasa disebut HTML. Bisa di akses melalui HTTP atau protokol lainnya. Protokol dapat menyampaikan berbagai informasi dari website tersebut untuk menampilkan kepada user pengguna melalui web browser atau google.

Jika sudah mengerti tentang penjelasan website, kita pelajari juga macam-macam atau jenis-jenis website.

Jenis-jenis Website

Jenis website ada 3 jenis yaitu statis, dinamis dan interaktif kita pelajari bersama-sama:

  1. Website Statis adalah website yang tidak berubah-rubah, website ini akan berubah jika mengganti kode-kode tertentu yang menjadi struktur website itu sendiri. Sehingga website ini menyajikan informasi yang tidak berubah. Sebagai contoh website pemerintahan atau perusahaan.
  2. Website Dinamis adalah website yang secara berubah-rubah, website ini dapat dirubah strukturnya sesuai kebutuhannya. Website ini di desai untuk informasi yang sering update dan berubah-rubah. Website ini diakses dengan para user pengguna dimana nantinya ada fasilitas backend yang bertugas mengisi konten atau informasi yang disajikan semenarik mungkin. Misalnya contoh website berita.
  3. Website Interaktif adalah website yang mengajak user pengguna berdialog, menggunakan forum chating atau audio bahkan video gambar. Website ini sangat berkembang pesat dan sekarang terkenal dan banyak sekali orang membuat website ini. Website ini terdapat topik didalamnya yang sudah disiapkan backend dan nantinya user pengguna akan memberikan pendapat mengenai topik tersubut.

Manfaat Website

Banyak sekali manfaat website, dan kebanyakan seseorang mempunyai alasan tersendiri mendirikan website, berikut manfaat yang peling sering dan umunya:

  1. Sebagai media jangkauan promosi suatu jasa atau produk. Dengan adanya website maka dapat memperluas jangkauan promosi sesuatu produk dan jasa, yang dikenal oleh masyarakat melalui internet.
  2. Website merupakan media tanpa batas. Karena internet adalah media informasi yang tanpa batas. Dan website mempunyai manfaat terhubung ke internet yang dapat di akses 24 jam kapan saja dan dimana saja, dengan syarat terhubung dengan internet.
  3. Internet adalah media paling luas didunia dan dilihat dengan jangkauan area.
  4. Menida untuk mengenalan prusahaan lama maupun baru, sehingga masyarakat akan familiar dengan prusahaan tersebut. Banyak sekali perusahaan bahkan hampir semua mereka memperkenalkan perusahaannya melalui website. Dengan tujuan agar masyarakat dapat mengakses website perusahaan tersebut dan mendapat informasi.

Macam-macam domain website

Sudah mengerti pengertian website, jenis-jenis website, dan manfaat maka tentang website ada macam-macam domain website antara lain:

  1. .co.id : digunakan badan hukum yang sah.
  2. .go.id : digunakan khusus untuk Lembaga Pemerintahan.
  3. .ac.id : digunakan lembaga Pendidikan.
  4. .or.id: digunakan berbagai organisasi, contoh lainnya ”co.id”,”go.id”,”mil.id”, “ac.id”.
  5. .war.net.id : digunakan untuk warung internet
  6. .sch.id: digunakan khusus Lembaga Pendidikan SD, SMP dan SMU atau SMK.
  7. .web.id: digunakan perusahaan atau organisasi disertakan www.

Pembahasan kali ini sangat bermanfaat bagi penulis, semoga dapat bermafaat pula bagi pembaca. Kunjungi terus Ayoksinau.com banyak sekali artikel-artikel menarik didalamnya.

Baca Juga:

Pengertian Berita – Jenis, Unsur-Unsur, Syarat & Contohnya Lengkap | Ayoksinau.com

Pengertian Epidemiologi Menurut Para Ahli | Tujuan, Sejarah, Manfaat dan Perananan Epidemiologi

Pengertian Program Menurut Para Ahli (LENGKAP)