Pengertian Virus Biologi dan Cara Kerjanya Lengkap

Posted on

Pengertian Virus Biologi

Virus adalah organisme hidup yang  sangat kecil. Meskipun mereka sangat kecil, mereka bukanlah sebuah urutan pertama dalam  rantai  kehidupan. Virus adalah parasit intraseluler dan tidak dapat meniru kehidupan sel yang ada diluar. Setiap jenis organisme memiliki virus yang  menjadi  sebuah parasit. Bakteri memiliki virus, manusia memiliki virus, jamur memiliki virus dan tanaman pun  memiliki virus, sejauh yang kita tahu semua makhluk hidup memiliki virus.

Virus terdiri dari dua biomolekul. mereka terdiri dari asam nukleat, baik DNA atau RNA, dan protein. Virus yang sangat kecil seperti virus mosaik tembakau yang menginfeksi daun tembakau, terdiri dari RNA dan satu jenis protein. Asam nukleat berfungsi sebagai materi genetik pada virus dan berisi informasi yang cukup untuk masuk ke dalam sel, replikasi virus yang baru dan memecahkan diri dari sel. Mantel protein melindungi asam nukleat dan berperan dalam mendapatkan akses untuk menginfeksi sel. Virus tidak memiliki metabolisme sendiri dan bergantung pada sel yang diinfeksi untuk melakukan semua pekerjaan  dalam membentuk virus baru.

Hal terpenting untuk diingat bahwa antibiotik tidak bekerja melawan virus. Antibiotik hanya bekerja terhadap bakteri. pilek atau flu disebabkan oleh virus, bukan bakteri. oleh karena itu, antibiotik tidak dapat menyembuhkan pilek atau flu. sebenarnya sistem kekebalan tubuh anda dan antibodi anda lah yang akan membantu anda melawan pilek dan flu. jadi, yang perlu anda lakukan adalah menjaga kekebalan tubuh anda dalam kondisi sangat baik. jika anda diberi antibiotik untuk melawan infeksi bakteri, jangan berhenti dulu minum antibiotik meskipun anda mungkin sudah merasa lebih baik dengan menghentikan pengobatan sebelum meminum seluruh obat dari resep dokter memungkinkan bakteri yang bertahan terhadap obat tersebut untuk masih bertahan hidup.

Cara Kerja Virus Biologi

Virus memiliki protein pada bagian permukaan, dengan protein itulah cara virus masuk ke dalam sel.  beberapa protein virus menempel pada reseptor protein di membran sel.  protein virus diakui sebagai hal yang asing oleh sistem kekebalan tubuh.  sistem kekebalan tubuh mengandung sel darah putih yang disebut sel T dan B yang membuat dan mengeluarkan antibodi (protein) untuk melawan molekul asing (termasuk alergi), sel, dan virus.  molekul-molekul asing, dll, yang disebut sebagai antigen.

Antibodi yang spesifik untuk setiap antigen yang berbeda. dan masing-masing antigen dapat merangsang produksi sejumlah antibodi yang berbeda. molekul-molekul pada permukaan sel menyerang atau virus yang antigenik.  molekul-molekul antibodi yang dibuat oleh sel T atau B terdiri dari empat rantai polipeptida dan konfigurasi keseluruhan menyerupai bentuk y. ujung kedua lengan Y adalah bagian dari antibodi yang secara khusus melekat antigen. setiap sel T atau B membuat antibodi yang berbeda. setiap protein virus memiliki banyak bagian ke permukaan sehingga banyak antibodi dapat dibuat untuk virus yang sama. ketika virus menyerang tubuh anda atau anda diberi vaksin, sel T dan B anda mengenali virus atau vaksin sebagai sel asing dan mulai membuat berbagai antibodi untuk menangkap dan menggabungkan dengan protein pada permukaan sel asing atau virus. molekul-molekul antibodi melekat pada penyerangnya untuk menghancurkan pertahanan dari kekebalan tubuh.

Demikianlah artikel tentang Pengertian Virus Biologi dan Cara Kerjanya dari ayoksinau.com semoga dapat bermanfaat.

Baca Juga :