Pengertian Teks Ulasan Lengkap Menurut Para Pakar Berpengalaman & Terpercaya

Posted on

pengertian Teks Ulasan – Suatu teks yang dapat menghasilkan pembahasan atau sesuatu penilaian terhadap suatu karya (film atau drama). Mengulas suatu film atau drama kita haruslah bisa bersikap kritis. Karena mempunyai sikap kritis ini tentu sangatlah penting supaya ulasan yang kita tulis tersebut bisa berkontrubusi demi kemajuan film dan juga dram.

gambar pengetian teks ulasan

Struktur teks adalah suatu bagian yang sengaja dibagun untuk menjadikan suatu teks supaya bisa menjadikan sangat utuh. Adapun struktur yang membangun teks ulasan terdiri dari tafsiran, orientasi, rangkuman dan evaluasi. Langsung saja mari kita bahas mengenai struktur teks ulasan yang sudah saya siapkan di bawah ini.

Evaluasi, suatu pandangan dari pengulas yang membahas tentang hasil karya yang diulas. Hal seperti ini dilakukan setelah melakukan tafsiran yang pas terhadap hasil karya tersebut. Pada bagian ini pula penulis akan menyebutkan bagian yang mempunyai nilai (kelebihan) atau bagian yang kurang mempunyai nilai (kekurangan) dari suatu karya (film dan drama).

Orientasi, suatu gagasan menganai gambaran umum yang mengenai suatu karya (film dan drama) yang juga akan diulas. Gambaran umum ini haruslah menyiapkan “latar belakang” bagi pembaca mengenai apa yang akan diulas.

Rangkuman, suatu kesimpulan dari sebuah ulasan dari suatu karya (film dan drama). Bagian dari inilah yang memuat sebuah komentar dari penulis apakah hasil karya mereka mempunyai nilai atau mempunyai kualitas atau tidak untuk ditonton/disaksikan.

Tafsiran, suatu gambaran secara detail yang mengenai suatu karya (film dan drama) yang diulas, misalkan bagian-bagian dari hasil karya, keunggulan, keunikan, kualitas, dan sebagainya.

Contoh Teks Ulasan

Berikut sudah saya siapkan beberapa contoh teks ulasan dari film yang berjudul “Di Balik 98”. Contoh teks ulasan dari film ini saya ambil dari salah satu sumber yang ada di googling, silakhan simak.

Orientasi

Sebuah film di balik 98 adalah salah satu film yang diproduksi oleh MNC Pictures yang bercerita tentang peristiwa kerusuhan padda tahun 1998. Semua rakyat Indoneis pasti sudah tahu mengenai peristiwa mei 1998.

Waktu ini saat-saat krisis bagi presiden Soeharto dan juga bagi Orde Baru. Tetapi pada film di balik 98, pada saat sedang panasnya keadaan politik, ada banyak sekali makna yang bisa di ambil dari nilai kemanusiaannya.

Baca juga :

Tafsiran

Menceritakan, Diana(Chelsea Islan) seorang mahasiswi Trisakti yang mengambil keputusan untuk menjadi anggota demostran. Masa kekuasaan Soeharto menurut Diana haruslah segera di akhiri. Mengambil keputusan untuk menjadi anggota demonstran adalah sebuah pilihan yang kurang tepat bagi Diana. Karena Diana sekarang tinggal bersama kakaknya.

Salma (Ririn Ekawati), adalah seorang pegawai di Istana Negara, dan Bagus, suami dari Salma (Donny Alamsyah), merupakan seorang Letnan Dua, Angkatan Darat.

Evaluasi

Film yang dirilis di awal tahun 2015 bukan merupakan film politik, melainkan sebuah film drama keluarga, percintaan, yang di selbungi dengan latar belakang kerusuhan pada mei 1998 dan karena ini merupakan film, maka memiliki paradigma yang berbeda degan kejadian pada mei 98 tersebut.

Demikianlah ulasan mengenai pengertian teks ulasan. untuk informasi pembelajaran secara online, kunjungi terus ayoksinau.com

Baca juga artikel di bawah :