Pengertian Sungai & Jenis-Jenis Serta Manfaat Hingga Pembentukannya | Ayoksinau.com

Posted on

Pengertian Sungai – Pada kesempatan ini kita akan membahas tentang sungai. Tentunya kalian sudah tidak asing lagi dengan apa yang namanya sungai, tetapi apakah kalian sudah mengetahui definisi secara benar tentang apa itu sungai, bagaimana terbentuknya sungai dan jenis-jenis sungai. Pastinya kalian selalu menemui sungai ada yang berbeda-beda, ada sungai yang masih jernih dan juga sungai yang sudah telihat kumuh. Sungai yang masih jernih biasanya kalian jumpai di daeran-daerah pedesaan ataupun pegunungan. Sedangkan sungai yang terlihat sedikit kumuh sering kita jumpai di perkotaan. Nah untuk lebih jelas tentang apa itu sungai, langsung saja kita bahas.

Pengertian Sungai

gambar sungai

Sungai, sungai merupakan sumber air yang ada secara alamiah yang mengalir  dari daerah dataran tinggi ke daerah dengan tempat yang lebih rendah dan bermuara menuju danau atau sungai yang lebih besar.

Sungai dapat dibedakan menjadi tiga bagian diantaranya yaitu bagian hulu, bagian tengah dan bagian hilir.

Bagian bagian Sungai

Bagian-bagian tersebut mempunyai ciri yang tersendiri.

1. Sungai pada bagian hulu

sungai pada bagian hulu umumnya memiliki arus yang kuat dikarenakan akibat dari kemiringan lereng pada sungai. Karena bagian hulu arusnya kuat, sehingga pengikisan lebih dominan adalah pengikisan atau erosi vertikal yang mengikis dasar pada sungai. Karena itulah, sungai di daerah ini memiliki penampung yang berbentuk huruf V.

2. Sungai bagian Tengah

sungai bagian tengah kekuatan arusnya yang mulai berkurang dibandingkan yang ada pada bagian hulu, dikarenakan semakin landainya lereng sungai. Kekuatan saat erosi akan semakin berimbang antara erosi horizontal dan erosi vertikal. Dan karena itulah bagan sungai jauh lebih lebar serta berbelok-belok dan memiliki aliran air yang lambat.

3. Sungai bagian Hilir

sungai bagian hilir kekuatan arusnya semakin jauh berkurang dan erosi yang dominan pada bagian sungai ini adalah erosi horizontal saja. Sehingga mengakibatkan sungai menjadi lebih lebar dibandingkan dengan sungai bagian sungai yang lainnya. Aliran arus air yang semakin lambat sehingga membuat bentuk sungai menjadi berkelok-kelok. Kelokan yang ada pada sungai kadang juga berpindah pindah, sehingga sering kita temui sungai yang sudah terpotong dan sering disebut dengan sungai mati berbentuk ladam atau tapal kuda.

Baca juga :

Jenis-jenis sungai

gambar jenis-jenis sungai

Kalau dilihat dari sumber airnya sungai dapat dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu jenis sungai gletser, sungai hujan dann sungai campuran.

1. Sungai Hujan

sungai hujan merupakan sungai yang sumber airnya barasal dari air hujan. Besar kecilnya aliran air atau debit pada sungai ini akan dipengaruhi oleh luas dan bentuk  DAS (Daerah Aliran Sungai).

DAS merupakan suatu wilayah pengaliran sungai yang dibatasi oleh pegunungan yang memisahkannya dengan DAS yang berdekatan. Semakin luasnya DAS, maka aliran sungai akan lebih besar. Variasi aliran pada sungai juga ditentukan oleh kondisi tutupan lahan pada DAS.

DAS yang hutannya masih sangat terjaga, varisasi antara musim kemarau dan musim penghujan relatife lebih kecil. Sedangkan DAS yang hutannya sudah tidak terjaga atau rusak, maka debit aliran sungai akan kecil bahkan kering tetapi pada ketika tiba musim hujan, maka sungai akan meluap dan bahkan terjadi banjir

2. Sungai Gletser

sungai gletser merupakan sungai yang sumber airnya berasal dari es yang telah mencair. Karena airnya berasal dari es yang telah mencair. Maka ketika terjadi musim panas, volume air sungai akan lebih besar dibandingkan dengan musim dingin. Pada saat terjadi musim panas akan banyak es yang mencair sehingga aliran air akan semakin besar, begitu juga sebaliknya jika terjadi musim dingin.

3. Sungai Campuran

sesuai dengan namanya,bahwa sungai campuran merupakan sungai yang sumber airnya berasal dari air hujan dan es yang telah mencair. Sungai Membramo dan Sungai Digul yang merupakan jenis sungai campuran ini. Es yang mencair pada sungai tersebut berasal dari pegunungan Jayawiaya.

Manfaat Air Sungai

Seperti kalian ketahui bahwa sungai memiliki banyak manfaat bagi manusia. Air sungai yang telah dimanfaatkan oleh manusia untuk berbagai kebutuhan. Pemanfaatan air sungai diantaranya adalah sebagai berikut

  1. Sebagai prasarana lalu lintas,
  2. Sebagai Pembangkit Tenaga Listrik (PLTA)
  3. Sumber air untuk kegiatan pertanian
  4. Sumber tempat untuk budidaya ikan air tawar
  5. Sebagai sarana kebutuhan rumah tangga seperti untuk mandi, mencuci
  6. Sebagai Sumber pangan yang berupa ikan dan sejumlah biola air sungai

Proses Terbentuknya Sungai

Awalnya air yang berada di permukaan daratan, baik itu air hujan ataupun dari mata air, akan mengalir melalui saluran yang menuju dari tempat yang tinggi menuju tempat dengan dataran yang lebih rendah. Pada awalnya daerah yang dilalui air tersebut sangatlah sempit dan pendek. Namun kala kelamaan karena terjadinya proses alamiah yang berlangsung, maka air tersebut mulai mengikis daerah daerah yang dilaluinya. Yang akibatnya saluran ini semakin lama semakin besar dan panjang yang akhirnya terbentuklah sungai.

Baca juga artikel menariknya :

Demikianlah ulasan mengenai pengertian sungai & jenisnya, semoga bisa bermanfaat dan lebih menambah wawasan anda. kunjungi terus ayoksinau.com sebagai media pembelajaran secara online