Pengertian Struktur Sosial, Ciri-ciri Struktur Sosial Menurut Para Ahli

Posted on

Pengertian struktur sosial

Istilah Struktur sosial berasal dari kata structum yang artinya adalah menyusun, membangun guna sebuah gedung dan lebih umum digunakan dengan istilah konstruksi yang berarti kerangka. Kata konstruksi memang tidaak lazim untuk bangunan masyarakat, sebagai istilah ilmiah dipakai kaata struktur sosial.

 

Berikut ini adalah Pengertian struktur sosial menurut beberapa pendapat para ahli.

1.Soerjono Soekanto mengatakan struktur sosial merupakan hubungan timbal baliik antara posisi-posisi sosial dan juga peraanan-peranan sosial.

2.E. R. Lanch mengatakan bahwa cita-cita tentang distribusi kekuasaan diantara individu dan juga kelompok sosial.

3.kata Raymond Flirth, pergaulan hidup manusia meliputi berbagai tipe kelompok yang terjadi dari banyak orang dan juga meliputi pula lembaga-lembaga di maana orang banyak tersebut ambil bagian.

Dari definisi tadi bisa kita disimpulkan bahwa struktur sosial merupakan tatanan sosial dalam kehidupan masyarakat, yang di dalamnya terkandung hubungan timbaal balik antara status dan juga peranan yang mengacu pada suatu keteraturan perilaaku di dalam masyarakat

 

Ciri-ciri struktur social

 

beikur ini adalah Ciri-ciri struktur sosial secara umum:

  • Bersifat abstrak, artinya tidak dapat dilihat dan tidak bisa diraba. Struktur sosial disini adalah hierarki kedudukaan dari tingkatan yang tertinggi hingga yang terendah, berfungsi sebagai saluran kekuaasaan dan juga pengaturan pemenuhan kebutuhan masyarakat secara menyeluruh.

 

  • Terdapat dimensi vertikal dan juga horizontal, struktur sosial pada dimensi vertikal ini ialah hierarki status-status sosial dengan segala peranannya sehingga menjadi satu sistem yang tidak dapat dipisahkan dari struktur status yang tertinggi hingga struktur status yang terendah. Sedangkan pada struktur sosial yang mempunya dimensi harizontal, semua masyarakat berdasarkan karakteristiknya terbagi-bagi dalam kelompok-kelompok sosial yang memiliki karakter sama.

 

Info Lengkap Pengertian Stakeholder Dan Istilah Stakeholder | Ayok Sinau

 

  • Sebagai landasan sebuaah proses sosial suatu masyarakat, artinya proses sosiaal yang terjadi dalam suatu struktur sosial termasuk cepat atau lambatnya proses itu sendiri sangat dipengaruhi oleh bagaimana bentuk struktur sosialnya.

 

  • Merupakan bagian dari sistem pengaturan tata kelakuan dan juga pola hubungan masyarakat, artinya struktur sosial yang dimiliki suatu masyarakat berfungsi guna mengatur berbagai bentuk hubungan antarindividu di dalam masyarakat tersebut.

 

  • Struktur sosial akan selalu berkembang dan juga dapat berubah, struktur sosial merupakan tahapan perubahan dan perkembangan masyarakat yang mengandung dua pengertian, diantaranya yaitu dalam struktur sosial terdapat peranan yang bersifat empiris dalam proses perubahan dan juga perrkembaangan, serta dalam setiap perubahan dan perkembangan tersebut terdapat tahap perhentian stabilitas, keteraturan, dan juga integrasi sosial yang berkesinambungan, sebelum terancam proses ketidakpuasan dalaam tubuh masyarakat. Pada ciri yang kelima ini dalam sosiologi sering pakai guna melukiskan keteraturan sosial atau keteraturan elemen-elemen dalam kehidupan masyarakat.

 

Itulah tadi artikel dari ayoksinau.com tentang Pengertian Struktur Sosial, Ciri-ciri Struktur Sosial Menurut Para Ahli, semoga menambah pengetahuan anda semuanya.

baca juga artikel dibawah ini: