Pengertian Sistem Secara Lengkap | Ayoksinau.com

Posted on

SistemBanyak sekali orang menyembutnya sistem. Berikut Ayoksinau.com akan membahas sistem secara lengkap dan lugas. Mari pelajari bersama.

Sistem  adalah elemen-elemen yang saling terhubung dan berhubungan dalam wilayah tertentu untuk suatu tujuan bersama. Sistem banyak di sebut dari segala bidang dari bidang kedokteran hingga teknologi. Karena sistem sangat penting bagi kehidupan. Sistem merupakan rangkaian kerja yang saling terhubung.

Ada sedikit gambaran mengenai sistem sebagai contoh adalah sistem pencernaan. Mulai dari mulut – tenggorokan – lambung – usus halus – usus besar – anus. Bisa bayangkan jika salah satunya tidak berfungsi. Maka sistem perncernaan akan tergnggu dan orang tersebut akan sakit. Sama saja seperti halnya sistem jika salah satu tidak berfungsi maka akan menghambat kinerja pekerjaan didalamnya.

Pengertian Sistem Secara Lengkap | Ayoksinau.com

Elemen Dalam Sistem

Berikut ini adalah elemen-elemen dari sistem, Pada prinsipnya, setiap sistem selalui terdiri atas empat elemen:

  1. Objek merupakan bagian dari sistem yang berbentuk fisik misalnya kantor, karyawan, laptop dll.
  2. Atribut merupakan yang menentukan kualitas atau sifat kepemilikan sistem dan objeknya.
  3. Hubungan internal merupakan hubungan antar objek-objek di dalamnya saling berinteraksi.
  4. Lingkungan merupakan tempat di mana sistem berada, yang mempengaruhi sistem tersebut berjalan.

Elemen sistem

Elemen-elemen sistem dari sistem yaitu tujuan, masukan, proses, keluaran, dan batasan berikut ini gambar serta penjelasannya:

Pengertian Sistem Secara Lengkap | Ayoksinau.com
  1. Tujuan

Tujuan merupakan goal dari semua yang direncanakan. Tujuan adalah memotifasi yang mengarahkan sistem. Dan setiap sistem mempunyai tujuan yang berbeda-beda.

  1. Masukan

Masukan merupakan segala sesuatu yang menjadi masukan (inputan). Masukan bisa benda yang terlihat atau pun yang bersifat abstrak, yang bertujuan untuk goal dari awal tersebut. Masukan bisa juga berupa bahan mentah yang nantinya dapat berupa informasi.

  1. Proses

Proses adalah penentuan sistem ini akan berhasil atau tidak. Dan didalamnya tadi sudah dimasukkan inputan (masukan) berupa bahan mentah yang nantinya akan di proses yang nantinya sebagai pengeluaran.

Baca Juga:

Pengertian Analisis & Perancangan Sistem – Lengkap Sudah Sangat Terpercaya

Pengertian Sistem Informasi Manajemen Lengkap Dengan Kegunaanya & Contoh Artikel

  1. Keluaran

Keluaran berupa output dari hasil proses yang nantinya sebagai pengambilan keputusan bers=dasarkan informasi yang berupa fakta. Keluarannya conohnya laporan, saran, kesimpulan yang jelas berupa informasi.

  1. Batas

Batasan atau yang biasa disebut bondary adalah pemisah atau batasan dari dalam maupun luar sistem, diutamakan luar. Batasan adalah luarlingkup yang tidak berkaitan dengan sistem yang sedang dijalankan. Misalnya dalam tim sepak bola untuk daerah bek atau pemain belakang dia hanya menjalankan tugasnya di belakang saja. Begitu dengan penyerang dia akan maju terus untuk mencetak goal.

  1. Mekanisme Pengendalian dan Umpan Balik

Umpan balii atau bisa disebut timbal balik terhadap sistem. Bagian ini juga penting, karena untuk mengetahui bagaimana tingkat keberhasilan sistem yang telah berjalan dan diciptakan

  1. Lingkungan

Lingkungan merupakan faktor penting dalam sistem yang dapat mempengaruhi berkembangnya sistem. Lingkungan dapat berperan memberikan informasi ataupun menyalahgunakan informasi dan meraka informasi. Sehingga lingkungan yang baik akan menghasikan informasi yang baik pula.

Jenis sistem

Ada beberapa jenis sistem yaitu:

Berdasarkan keterbukaan:

  • sistem terbuka, di mana pihak luar dapat mempengaruhinya.
  • sistem tertutup.

Berdasarkan komponen:

  • Sistem fisik, dengan komponen materi dan energi.
  • Sistem non-fisik atau konsep, berisikan ide-ide.

Demikian pembahasan mengenai sistem secara lengkap. Semoga dapat bermafat bagi pembacanya, ku jungi terus Ayoksinau.com banyak sekali artikel-artikel yang bermanfaat tentunya. Terima kasih.