pengertian sekolah, fungsi, definisi (LENGKAP)

Posted on

Pengertian sekolah

sekolah adalah suatu lembaga yang memang dirancang khusus untuk pengajaaran para murid (siswa) di bawah pengawasan guru-guru. Kebanyakan dalam sebuah negara memiliki model sistem pendidikan formal yang mana hal ini sifatnya wajib. Selain itu sistem ini jugalah yang membuat para siswa dapat mengalami kemajuan dengan melalui serangkaian sekolah tersebut.

Adapun nama dari masing-masing sekolah juga bervariasi berdasarkan negara masing-masing, akan tetapi kebanyakan sekolah dasar untuk anak-anak muda sementara sekolah menengah untuk para remaja yang sudah menyelesaikan pendidikan dasar mereka. Sekolah yang pada dasarnya sebagai sarana guna melaksanakan pendidikan memang diharapkan dapat menjadikan masyarakat yang lebih maju dan berilmu, oleh karena itu sekolah sebagai pusat dari pendidikan harus dapat melaksanakan fungsinya dengan optimal dan juga perannya bisa menyiapkan para generasi muda sebelum mereka terjun di dalam proses pembangunan masyarakat.

Dengan melalui sumber daya sekolah, seluruhlapisan masyarakat dapat melatih dirinya untuk menjadi warga masyarakat sekaligus warga sosial yang terus meningkaatkan sikap baru, ilmu pengetahuan dan juga keterampilannya dalam mencapai taraf hidup yang jauh lebih baik lagi. Di sana jugalah nilai kehidupan masyarakat dan juga pribadi, peluang pengembangan diri serta peningkatan produktivitas dapat di gali dan kemudian dikembangkan. Di samping itu keberadaan suatu sekolah setidaknya dapat diartikan sebagai center of excellence terbentuknya karakter masyarakat yang lebih kritis dan juga memiliki keterampilan untuk jauh lebih berkembang. Konteks ini maksudnya sekolah dapat memberikan nilai lebih untuk semua pihak, mulai dari orang tua dan juga masyarakat yang ada di sekitar sekolah tersebut. Mengingat fakta mengenai peranan sekolah, maka kita juga perlu revitalisasi akaan makna strategis sekolah. Selain itu pengertian sekolah juga wajib dimaknai secara luas sehingga kesan yang diberikan memiliki misi untuk mendidik para siswanya menjadi insan yang kamil.

Adapun jenis dan juga ukuran sekolah juga bervariasi tergantung dari tujuan penyelenggara pendidikan dan juga sumber dayanya. Mungkin sebuah sekolah dapat sangat sederhana ataupun sekolah dengan kompleks bangunan yang sangat besar serta sarana dan juga prasarana yang lengkap, hal ini tentu dapat mempengaruhi mutu dan juga kualitas dalam kegiatan belajar mengajar.

Itulah tadi artikel dari ayoksinau.com tentang pengertian sekolah yang perlu untuk anda pahamik, semoga bermanfaat.

Baca juga artikel dibawah ini;