Pengertian Pasar, Pemasaran dan Pemasar (Lengkap)

Posted on

Pasar

Definisi pasar menurut konsep pemasaran dipandang sebagai sasaran atau tujuan kegiatan pemasaran. Maka dari itu, pengertian menurut konsep pemasaran bukan bersifat tempat yang statis. Pengertian pasar menurut pemasaran yaitu kelompok individual (perorangan maupun organisasi) yang mempunyai permintaan terhadap barang tertentu, berdaya beli, dan berniat merealisasikan pembelian tersebut. Pasar terdiri atas semua pelanggan potensial yang memiliki kebutuhan atau keinginan tertentu yang sama. Yang mungkin bersedia dan mampu melaksanakan pertukaran untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan itu.

Dengan demikian sebuah pasar tidak harus dikaitkan dengan suatu tempat. Pasar merupakan tempat bertemunya pembeli dan penjual untuk melakukan transaksi jual beli barang atau jasa. Pasar memiliki sekurang-kurangnya tiga fungsi utama, yaitu sebagai fungsi distribusi, fungsi pembentukan harga, dan fungsi promosi. Sebagai fungsi distribusi, pasar beroprasi sebagai penyalur barang dan jasa dari produsen ke konsumen melalui transaksi jual beli. Sebagai fungsi pembentukan harga, di pasar penjual yang melakukan permintaan atas barang yang diperlukan. Sebagai fungsi promosi, pasar juga bisa digunakan untuk memperkenalkan produk baru dari produsen kepada calon konsumennya.

Pemasaran

Seringkali orang-orang masih rancu tentang pengertian pemasaran. Mereka seringkali menggunakan istilah pemasaran untuk kegiatan periklanan atau penjualan. Semuanya itu sebenarnya hanyalah sebagian dari agenda pemasaran. Penjualan sebenarnya hanyalah ialah salah satu bagian agenda pemasaran, yaitu hanya menyangkut kegiatan transaksi yang sesungguhnya dilakukan. Periklanan adalah salah satu prosedur (cara) kegiatan promosi yang merupakan bagian lain dari kegiatan pemasaran, yaitu menyangkut aktivitas komunikasi. Sedangkan pemasaran meliputi masalah penetapan produk, harga, saluran distribusi serta promosi oleh perusahaan, selain kegiatan penjualan di atas.

Pemasaran merupakan keinginan manusia dalam hubungannya dengan pasar, pemasaran maksudnya bekerja melalui pasar untuk mewujudkan transaksi bisnis yang mungkin terjadi agar memenuhi kebutuhan dan keinginan. American Marketing Association (AMA) mendefinisikan pemasaran adalah proses perencanaan dan pelaksanaan rencana penetapan harga, promosi, serta distribusi melalui ide-ide, barang-barang, dan jasa-jasa untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan tujuan-tujuan individual dan organisasional.

Sedangkan Philip Kothler (1997) mendefinisikan pemasaran sebagai proses social dan manajerial yang dilakukan seseorang atau kelompok untuk memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan melalui penciptaan, penawaran, serta pertukaran produk-produk yang bernilai dengan yang lainnya.

Pemasar

Pemasar yaitu orang yang mencari sumberdaya dari orang lain dan mau menawarkan sesuatu yang bernilai untuk itu. Jika satu pihak lebih aktif mencari pertukaran dari pada pihak lain, maka pihak pertama merupakan pemasar (distributor) dan pihak kedua adalah calon pembeli. Pemasar, menurut Kotler (1997) yaitu seseorang yang mencari sumber daya dari orang lain dan bersedia menawarkan sesuatu sebagai imbalannya. Dengan demikian, seorang pemasar mengharapkan tanggapan dari pihak lain, baik dalam bentuk menjual atau membeli. Dengan kata lain, pemasar dapat menjadi penjual atau pembeli.

Demikianlah artikel tentang Pengertian Pasar, Pemasaran dan Pemasar (Lengkap) dari Ayoksinau.com

Baca juga:

Konsep Dasar Manajemen Pemasaran, Pengertian Manajemen Pemasaran, Pemasaran Dalam Organisasi Dan Masyarakat, Dan Konsep Inti Pemasaran (Lengkap)

Jenis Akad Dan Implementasi Dalam Organisasi Bisnis Islam (Lengkap)

Baitul Maal Wat Tamwil (BMT), Pengertian, Fungsi, Peranan Baitul Maal Wat Tamwil, Akad & Produk Dana BMT (Lengkap)

Bentuk Organisasi Bisnis Dalam Perekonomian Syariah, Perusahaan perorangan (sole proprietorship), Persekutuan/syirkah (partnership), dan Mudharabah (Lengkap)