Pengertian Pantun Dalam Kamus Ilmiah “Lengkap”

Posted on

Pengertian Pantun Dalam Kamus Ilmiah

ayoksinau.com – Mengetahui secara benar tentang apa itu Pengertian Pantun yang sebenarnya adalah langkah utama ketika seseorang ingin menciptakan sebuah pantun. Hal ini dimaksudkan agar seseorang tidak salah merangkai bait demi bait dalam sebuah pantun karyanya dikarenakan penyusunan sebuah pantun harus berdasarkan prosedur dan tata aturan yang berlaku.

Dengan mengetahui pengertiannya secara benar dan tepat barulah seseorang bisa menciptakan sebuah karya pantun dengan benar. Selain pengertian sebuah pantun juga memilki ciri-ciri dan beberapa kategori jenis pantun yang berlaku. berikut adalah penjelasan lebih detail tentang sebuah pantun.

Pengertian Pantun Secara Ilmiah

Pantun adalah karya tulis berupa ungkapan perasaan dan pikiran serta sebuah nasehat yang dituangkan dalam  susunan kata-kata yang dirangkai sedemikian rupa hingga menjadi sebuah kalimat yang sangat menarik untuk didengar. Penyusunan sebuah pantun harus didasarkan dari ungkapan hati agar pantun itu terdengar indah dan terkesan.

Ciri-Ciri Pantun

Setelah mengetahui Pengertian Pantun maka Anda juga perlu mengetahui tentang bagaimana ciri-ciri yang ada dalam sebuah pantun tersebut. Sebuah karya tulis pastilah mempunyai aturan tertentu dalam penyusunannya tidak lain halnya dengan sebuah pantun. Penyusunan sebuah pantun juga memiliki aturan tertentu dan seseorang tidak bisa asal dalam menciptakan sebuah pantun tersebut.

Dalam sebuah pantun ada yang dinamakan bait, dalam satu bait pantun harus terdiri dari empat baris. Jika dalam satu bait terdiri melebihi empat baris maka sudah menyalahi aturan pembuatan pantun yang berlaku. Kemudian dalam sebuah  baris terdiri suku-suku kata yang jumlahnya juga ditentukan.

Sebuah baris pantun terdiri dari suku-suku kata yang jumlahnya harus di antara delapan sampai dua belas suku kata. Suku kata yang kurang dari delapan atau lebih dari dua belas dari setiap barisnya sudah menyalahi dari aturan pembuatan pantun yang kedua.

Selanjutnya sebuah pantun memiliki sebuah sajak a-b-a-b, yang dimaksudkan disini adalah pada akhiran huruf vocal dari setiap barisnya. Baris pertama berpasangan dengan baris ketiga sedangkan baris kedua berpasangan dengan baris ke empat.

Artinya jika pada baris pertama pada akhiran kalimatnya menggunakan huruf vokal a maka pada baris ketiga pada akhiran kalimatnya juga menggunakan huruf vokal a. Jika pada baris pertama akhiran kalimatnya menggunakan huruf vokal i maka pada baris ketika akhiran kalimatnya juga menggunakan huruf vokal I dan begitu seterusnya.

Sama halnya dalam pasangan baris kedua dan baris ke-empat yaitu jika pada baris kedua memiliki akhiran vokal huruf a maka pada baris ke empat juga akhir kalimatnya juga menggunakan huruf vokal a juga dan seperti itu seterusnya. Hal ini berlaku dalam sebuah bait pantun yang terdiri dari empat baris yang telah dijelaskan di atas.

Setelah mengetahui tata cara pembuatan pantun mulai dari Pengertian Pantun itu seperti apa hingga ciri-ciri dari sebuah pantun tentu Anda akan lebih mudah dalam penyusunan pantun ciptaan Anda sendiri. Kini untaian demi untaian perasaan yang diungkapkan dengan sebuah pantun akan terdengar lebih indah dan menarik untuk didengar.

 

Itulah sedikit review mengenai Pengertian Pantun Dalam Kamus Ilmiah semoga bisa bermanfaat.

 

Baca juga artikel lainnya :