Pengertian Norma Kesusilaan dan Contoh Penerapannya

Posted on

Pengertian Norma Kesusilaan dan Contoh Penerapannya

Tanpa di sadari setiap norma kesusilaan sudah tertanam dalam diri manusia, atau lebih tepatnya berada di dalam hati sanubari. Norma kesusilaan sendiri menjadi sangat penting karena nantinya akan berhubungan dengan kehidupan. Norma kesusilaan mempunyai artian sebuah kesadaran dari hati nurani setiap manusia yang selalu muncul beriringan dengan perjalanan hidup seseorang.

Bisa di katakan pula, bahwa norma kesusilaan merupakan peraturan social tidak tertulis yang menciptakan perilaku atau akhlak agar seseorang bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk. Keberadaan norma kesusilaan ini sudah ada sejak lama atau bersamaan dengan kelahiran atau adanya manusia pertama.

Setiap manusia di muka bumi ini memilki yang namanya norma kesusilaan. Dan apabila terdapat orang yang melanggar norma kesusilaan dapat di katakan sebagai orang yang tidak bermoral atau asusila. Oleh sebab itu norma kesusilaan juga sering disebut dengan norma moral karena berkaitan dengan moral manusia.

Contoh Penerapan Norma Kesusilaan Dalam Kehidupan Sehari-Hari

  • Meminta maaf bila melakukan kesalahan

Bersegara meminta maaf apabila melakukan kesalahan dan tidak bersikap seperti pecundang yang ditunjukkan dengan lari dari kesalahan atau menyalahkan pihak lain. Dengan anda melakukan hal yang satu ini maka akan menunjukkan pribadi yang dewasa, bisa di percaya dan bertanggung jawab.

  • Berperilaku dan bertindak jujur

Hal ini bisa ditunjukkan seperti saat menemukan benda atau barang milik orang lain. Apabila ia berperilaku jujur tentu akan mengembalikan benda yang telah ditemukannya tersebut kepada pemiliknya.

  • Menghormati orang yang lebih tua dan menghargai yang lebih muda

Norma kesusilaan memang berhubungan sehingga akan berpengaruh dalam tata cara pergaulan. Dalam pergaulan sopan santun yang orang yang lebih muda harus bisa menghormati mereka yang berumur lebih tua saat bertemu. Begitupun sebaliknya, meskipun umur lebih tua dari teman sepergaulan namun harus tetap menghargainya. Ketika hal tersebut dilakukan dengan penuh kesadaran maka akan tercipta rasa keharmonisan.

  • Berbicara hal-hal yang baik

Berbicara merupakan aktivitas kehidupan yang tidak bisa di pisahkan pada kehidupan manusia. Dengan berbicara yang baik maka dapat memberikan dampak yang baik pula. Sebaliknya, jika berbicara hal-hal yang negative maka dapat memberikan dampak negative.

  • Tidak boleh mengambil hak orang lain.

Manusia adalah makhluk social yang keberadannya tidak bisa terpisahkan dengan orang lain. Oleh karenanya, dalam hidup tentu seseorang tidak bisa untuk bertindak sesukanya seperti mengambil hak orang lain. Dengan mengambil hak orang lain maka hal tersebut menjadi salah satu perbuatan yang sangat merugikan bagi orang yang diambil haknya.

Sanksi Norma Kesusilaan

Setiap orang sebenarnya mempunyai bisikan hati yang mengarah pada kebenaran dimana hal tersebut merupakan dasar norma kesusilaan. Oleh karena itu, sanksi norma kesusilaan ini bersifat individual. Bentuk pelanggarannya pun dalam bentuk pengucilan secara fisik seperti di usir atau di penjara. Bisa juga dalam bentuk batin seperti rasa malu, penyesalan dan kegelisahan.

Sekian ulasan tentang Pengertian Norma Kesusilaan dan Contoh Penerapannya semoga artikel dari ayoksinau.com bisa bermanfaat.

Baca juga artikel lainnya :