Pengertian Negara, Unsur, Sifat, Fungsi, Tujuan Menurut Para Ahli | Ayoksinau.com

Posted on

Pengertian Negara – Pada pembahasan materi kali ini mengenai negara. Setiap orang pastinya  tinggal pada suatu negara bukan, jadi apakah kalian sudah tau dan mengetahui apa sih itu negara. Jadi negara memiliki arti baik itu secara umum maupun secara khusus, unsur-unsur, sifat serta tujuannya. Nah mari kita simak dan pelajari apa itu negara, apa saja unsur-unnsurnya serta sifat dan tujuannya. Untuk lebih jelas mari kita simak sebagai berikut:

Pengertian Negara

gambar pengertian negara

Negara yaitu suatu asosiasi atau sebuah organisasi yang memiliki kewenangan untuk mengatur perihal atau hal-hal yang berhubungan dengan kepentingan masyarakat dan  memiliki kewajiban untuk melindungi, mensejahterakan dan mencerdaskan kehidupan, untuk mencapai tujuan bersama.

Pengertian Negara Menurut Para Ahli

Menurut Logeman

“Negara merupakan organisasi kemasyarakatan yang dengan kekuasaannya bertujuan untuk mengatur dan mengurus masyarakat tertentu”

Menurut Aristoteles

“Negara (polis) adalah suatu persekutuan dari keluarga dan desa untuk mencapai kehidupan yang sebaik-baiknya.”

Menurut Roger F.Soleau

“Negara merupakan alat atau dalam kata lain wewenang yang mengendalikan dan mengatur persoalan-persoalan yang bersifat bersama atas nama masyarakat.”

Menurut Max Weber

“Negara merupakan sebuah masyarakat yang memiliki monopoli dalam penggunaan kekerasan fisik secara sah dalam wilayah tertentu.”

Menurut Krannenburg

“Negara yaitu suatu organisasi yang timbul karena kehendak dari suatu golongan atau bangsanya sendiri.”

Unsur-unsur Negara

Setelah kita mengetahui apa itu negara, baik secara umum maupun pengertian berdasarkan para ahli diatas. Negara juga memiliki beberapa unsur pembentuknya, unsur unsur negara diantaranya adalah sebagai berikut

1. Penduduk

Penduduk yaitu warga negara yang telah memiliki tempat tinggal serta memiliki kesepakatan diri untuk dapat dan mau bersatu. Warga negara sendiri merupakan penduduk asli atau pribumi pada suatu negara (asli Indonesia)ataupun penduduk warga negara lain yang sedang berada di negara Indonesia demi suatu tujuan tertentu.

2. Pemerintah

Pemerintah adalah suatu unsur yang memegang kekuasaan untuk menjalankan roda pada pemerintahan demi mensejahterakan masyarakat dan rakyatnya.

3. Wilayah

Wilayah merupakan suatu daerah yang dikuasai atau menjadi daerah teritorial dari sebuah kedaulatan. Wilayah juga dapat dikatakan sebagai salah satu unsur pembentuk negara yang paling utama. Wilayah pada negara dapat terdiri dari wilayah udara, darat dan laut.

4. Kedaulatan

Kedaulatan merupakan suatu kekuasaan yang paling tinggi guna membuat undang-undang yang kemudian akan melaksanakannya dengan semua cara yang sesuai dengan undang-undangnya.

Baca juga :

Sifat sifat Negara

Pada suatu negara juga memiliki sifat-sifat yang telah melekat pada negara tersebut, sifat-sifat negara diantaranya  adalah sebagai berikut:

1. Sifat Monopoli

Negara akan menetapkan tujuan bersama yang adapada masyarakat. Negara kemudian akan dapat menguasai beberapa hal seperti sumberdaya penting demi untuk kepentingan orang banyak. Yang kemudian negara akan mengatasi paham antar individu dan kelompok.

2. Sifat memaksa

Negara juga akan dapat memaksakan kehendak melalui hukum atau kekuasaan. Karena sebelumnya negara sudah memiliki sebuah peraturan yang biasanya tertera pada undang-undang. Maksud negara memiliki kekuasaan memaksa yaitu agar masyarakat tunduk serta patuh terhadap negara tanpa adanya unsur pemaksaan fisik. Pada hak negara ini juga memiliki sifat yang legal yang maksudnya agar tercipta tertib di masyarakat dan tidak ada tindakan yang anarki.

3. Sifat totalitas

Maksudnya yaitu bahwa Semua hal tanpa pengecualian  menjadi wewenang negara.

Bentuk Bentuk Negara

Negara yang ada didunia ini tidaklah sama, setiap negara memiliki bentuknya masing masing. Bentuk negara yang ada diantaranya adalah sebagai berikut

  1. Negara Kesatuan
  2. Protektorat
  3. Koloni
  4. Uni, dibagi menjadi 2 yaitu Uni Riil dan Uni Personil
  5. Perserikatan Negara (Konfederasi)
  6. Dominion
  7. Mandat
  8. Negara Serikat
  9. Trust

Tujuan Negara

Menurut salah satu ahli yaitu “Miriam Budiharjo(2010)” mengutarakan bahwa Negara dapat dipandang sebagai asosiasi atau organisasi manusia yang hidup dan juga bekerjasama untuk menggapai beberapa tujuan bersama.

Pada pembukaan UUD 1945 alinea ke empat juga telah dituliskan dari tujuan negara;

  • Melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia
  • Memajukan kesejahteraan umum
  • Mencerdaskan kehidupan bangsa
  • Ikut melaksanakan ketertiban dunia

Baca juga artikel di bawah ini :

Demikianlah ulasan mengenai pengertian negara dari ayoksinau.com, semoga artikel ini bisa bermanfaat dan lebih menambah wawasan anda.