Pengertian Lingkungan Hidup Secara Umum & Menurut Para Ahli | Ayoksinau.com

Posted on

Pengertian Lingkungan – Beberapa dari kita sering mendengar lingkungan, tapi kita jarang menyadari apa definisi lingkungan itu. Dibawah ini sudah admin siapkan definisi lingkungan pada umumnya dan menurut para ahli.

Definisi lingkungan pada umumnya

gambar pengertian lingkungan hidup

Definisi lingkungan adalah segala sesuatu yang mengelilingi manusia dan mempengaruhi kehidupan manusia secara langsung maupun tidak langsung. Lingkungan terbagi dua; lingkungan biotik dan lingkungan abiotik. Lingkungan biotik ialah lingkungan hidup, seperti bumi, pepohonan dan tetangga. Sedangkan lingkungan abiotik termasuk benda tak hidup seperti rumah, bangunan dan jaringan listrik.

Definisi lingkungan adalah ruang integral dengan segala sesuatu dan makhluk hidup, termasuk manusia dan perilaku mereka yang mempengaruhi kelangsungan hidup dan kesejahteraan manusia dan makhluk hidup lainnya. Lingkungan meliputi ekosistem, perilaku sosial, budaya dan juga udara yang ada.

Baca juga :

Pengertian Pencemaran Air dan Cara Menanggulangi | Ayoksinau.com

Memahami lingkungan menurut para ahli

Emil Salim

Menurut Emil Salim, lingkungan didefinisikan sebagai objek, kondisi, keadaan dan pengaruh yang terkandung dalam ruang yang kita tempati dan mempengaruhi makhluk hidup, termasuk kehidupan manusia. Pengertian lingkungan berdasarkan Emil Salim bisa dikatakan cukup luas. Jika batasan ini disederhanakan, ruang lingkungan dibatasi oleh faktor-faktor yang dapat dicapai oleh masyarakat, seperti faktor alam, politik, ekonomi dan sosial.

Soedjono

Soedjono mendefinisikan lingkungan sebagai lingkungan fisik atau fisik yang terkandung di alam. Pemahaman ini menjelaskan bahwa manusia, hewan dan tumbuhan terlihat dan dianggap sebagai manifestasi fisik fisik. Menurut definisi Soedjono, lingkungan meliputi lingkungan manusia, hewan dan tumbuhan di dalamnya.

Baca juga :

Definisi Kewirausahaan Secara Umum dan Menurut Pendapat Para Ahli | Ayoksinau.com

Munadjat Danusaputro

Lingkungan adalah segalanya dan kekuatan dan kondisi, termasuk manusia, dan tindakan mereka terkandung di dalam ruang di mana manusia berada dan mempengaruhi kelangsungan hidup orang lain. Oleh karena itu, lingkungan meliputi dua lingkungan, yaitu lingkungan fisik dan lingkungan budaya.

Otto Soemarwoto

Otto Soemarwoto mempunyai pendapat kalau lingkungan adalah segala hal dan kondisi yang ada di ruang tempat kita tinggal dan itu mempengaruhi hidup kita. Menurut keterbatasan teoritis, ruang yang dimaksud tidak terbatas jumlahnya. Sedangkan untuk ruang praktis, selalu dibatasi sesuai kebutuhan yang bisa ditentukan.

Sambas Wirakusumah

Lingkungan adalah semua aspek kondisi biologis eksternal, di mana organisme hidup dan sains berpartisipasi dalam mempelajari aspek lingkungan dari organisme.

Pengertian lingkungan tidak hanya berasal dari para ahli, akan tetapi definisinya juga terdapat dalam undang-undang, yaitu UU No. 32 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan. Dalam hukum ini, lingkungan didefinisikan sebagai kesatuan, dan makhluk hidup termasuk kemanusiaan dan kesejahteraan manusia dan makhluk hidup lainnya.

Menurut UU No. 32 tahun 2009, dijelaskan bahwa lingkungan hidup mempengaruhi makhluk hidup, termasuk manusia. Manusia harus menyadari bahwa alam memberi kehidupan dan cara hidup, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Baca juga :

  1. Definisi Kurikulum, Fungsi dan Komponen-Komponen Kurikulum | Ayoksinau.com
  2. Pengertian Visi, Manfaat Visi dan Contoh Visi | Ayoksinau.com
  3. Penjelasan Lengkap Tentang Lambang Pramuka | Ayoksinau.com
  4. Pengertian Kepribadian – Lengkap Dengan Pembahasan | Ayoksinau.com

Demikianlah ulasan mengenai pengertian lingkungan hidup, semoga dengan adanya artikel ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan anda, kunjungi terus ayoksinau.com sebagai media pembelajaran secara online.