Pengertian LAN (Local Area Network)

Posted on

LAN (Local Area Network)

Pengertian LAN  atau Local Area Network merupakan  suatu perangkat jaringan yang menghubungan komputer yang satu dengan komputer lainnya dengan menggunakan kabel dan juga router sebagai penyambungnya.

Misalnya  komputer A dapat disambungkan ke  komputer B dengan menggunakan kabel LAN, namun jika ingin menghubungan Komputer A dengan Komputer B, C dan D maka diperlukan sebuah alat yang disebut dengan router (alat pengubung).

 Pengertian Jaringan LAN misalnya suatu media transmisi bersama serta rangkaian hardware dan software untuk menginterfacekan perangkat menjadi media juga mengatur akses menuju media tersebut dengan tepat. Topologi yang digunakan untuk LAN berupa cincin, bus, pohon dan juga bintang. Topologi bus dan pohon ialah bagian kabel yang pasif tempat perangkat yang terhubung. Pentransmisian sebuah frame oleh suatu stasiun bisa di dengar oleh stasiun yang lain. Cincin LAN terdiri dari sebuah loop tertutup serta perulangan yang memungkinkan data beredar di seputar cincin. Repeater berguna untuk  sebagai titik penghubung perangkat. Transmisi umumnya berbentuk frame, sedangkan yang berupa bintang ialah mencakup sebuah simpul pusat tempat stasiun terhubung.

Jaringan LAN merupakan jaringan milik pribadi yang biasanya digunakan di dalam sebuah gedung ataupun kampus yang berukuran sampai beberapa kilo meter. Jaringan LAN bisa dibedakan dari jenis jaringan lainnya berdasarkan tiga karakteristik  yaitu: (1) ukuran, (2) teknologi transmisi dan (3) Topologinya.

Jaringan LAN memiliki ukuran yang terbatas, dengan demikian  bahwa waktu transmisi pada keadaan terburuknya terbatas dan dapat diketahui sebelumnya. Dengan mengetahui keterbatasannya menyebabkan adanya kemungkinan untuk menggunakan jenis desain tertentu saja. Hal ini juga memudahkan manajemen jaringan.

Seperti halnya dengan saluran pelanggan telepon yang dipakai di daerah pedesaan, jaringan LAN sering menggunakan teknologi transmisi  dengan kabel tunggal. Jaringan LAN tradisional beroperasi pada kecepatan mulai 10 hingga  100 Mbps dengan delay rendah (puluhan mikrosekon) dan mempunyai faktor kesalahan yang minim. Jaringan LAN modern dapat beroperasi pada kecepatan yang lebih cepat, sampai ratusan megabit per detik.

Sekian pembahasan kali ini mengenai pengertian LAN atau local area network, semoga artikel mengenai pengertian LAN atau local area network bisa  bermanfaat.

Baca juga :

Pengertian dan Fungsi MAN (Metropolitan Area Network)

Pengeritan JavaScript (Manfaat menggunakan JavaScript dan Alat-alat pengembangan JavaScript)

Keunggulan dan Kelemahan Sistem dengan Client Server Lengkap

[TERLENGKAP] Pengertian Dan Sifat Tanda Tangan Digital