Pengertian Kwitansi & Contoh Kwitansi Pembayaran Lengkap Sudah Terpercaya

Posted on

Contoh Kwitansi Pembayaran – Contoh Kwitansi Pembayaran serta macam-maam desain Kwitansi pembayaran. Membuat suatu kwitansi memang sangat dibutuhkan, terlebih lagi di dalam transaksi jual beli yang kerap kali butuh bukti dari pembayaran yang tidak lain bisa kita sebut sebagai kwitansi pembayaran.

Pengertian Kwitansi

gambar Contoh Kwitansi Pembayaran

Kwitansi merupakan suatu dokumen yang bisa dijadiakn sebagai tanda bukti transaksi pembayaran yang biasanya juga bisa di tanda tangani oleh pihak penerima uang.

Kwitansi yang sudah terisi dengan beragam info pembayaran dan telah ditandatangani oleh sang penerima uang berikutnya bisa diberikan kepada pihak yang membayar sejumalah uang tersebut.

Untuk lebih menguatkan legalitas, pada umumnya penandatangan kwitansi juga disertakan materai yang digunakan sesuai dengan kebutuhan.

Terdapat banyak sekali jenis kwitansi pembayaran yang umunya di gunakan oleh perusahaan dalam melakukan transaksi mereka. Beberapa ada yang masih menggunakan buku kwitansi instan yang bisa di peroleh di toko alat tulis.

Pada era sekarang ini tidak sedikit pula perusahaan yang berlomba untuk mendasain kwitansi dengan bentuk dan ukuran yang bisa ditetapkan sesaui dengan keperluan yang biasanya dilengkapi dengan logo perusahaan masing-masing.

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan Kwitansi :

1. Nomer Kwitansi, nomor seperti ini sangat berperan guna membedakan antara kwitansi satu dengan kwitansi lainnya. Kalian bisa membuat dengan urutan memakai angka ataupun dengan memberikan huruf. Untuk format pemberian nomornya bisa dikerjakan sesuai dengan apa kebutuhan yang diinginkan.

Baca juga :

2. Nama lengkap seseorang yang akan melakukan transaksi atau instansi yang memberiakn uang.

3. Jumlah uang yang diberikan yaitu besaran nominal uang yang ditulis sama dengan angka atau huruf.

4. Tempat, Hari serta tanggal terjadi transaksi.

5. Tujuan pembayaran, dalam hal ini menjelaskan bahwa untuk apa pembayaran itu dilakukan.

6. Nama lengkap seseorang dilengkapi dengan jabatan dalam instansi yang menerima uang yang dilengkapi dengna tanda tangan.

7. Cap/stempel Dinas atau suatu perusahaan yang menerima pembayaran.

8. Jika menggunakan materai, tanda tangan yang akan dilakukan haruslah mengenai materai yang sudah di tempelkan.

Khusu untuk kwitansi dengan materai sesuai dengan ketentuan Menteri keuangan :

1. Transaksi atau pembelian di bawah dari Rp 250.000 tidak perlu menggunakan materai.

2. Transaksi atau pembelian mulai dari Rp 250.000 hingga Rp 1.000.000 harus menggunakan materai Rp 3.000.

3. Transaksi di atas Rp 1.000 haruslah menggunakan materai Rp.6.000.

Kwitansi pembayaran seperti ini sangatlah penting bagi suatu perusahaan atau suatu lembaga, oleh karena itu guna menghindari dari penyalah gunaan kwitansi, dianjurkan untuk tidak menandatangai kwitansi dalam bentuk yang masih kosong.

Selain dari itu kalian juga harus mengetahui perbedaan transaksi antara nota jual beli dan kwitansi.

Demikianlah ulasan mengenai pengertian kwitansi & contoh kwitansi pembayaran. kunjungi terus ayoksinau.com untuk media pembelajaran secara online.

Baca juga ulasan di bawah ini :