Pengertian Koperasi, Fungsi, Tujuan dan Jenis Koperasi

Posted on

Sebenarnya tanpa kita bahas di Materi ini pun ayoksinau.com yakin sering sekali mendengar Istilah Koperasi ini, sehingga tidak mengherankan lagi Jika banyak yang sudah mengetahui Istilah koperasi dan juga bahkan mungkin sekarang ada sobat yang sudah ikut program koperasi ini. Tapi apabila di tanya langsung tentang Koperasi, Misalnya Apa si Pengertian Koperasi itu.?, Jelaskan Tujuan dari Berdirinya Koperasi itu.?, soba jelaskan Fungsi dan juga Manfaat Koperasi.?, Serta Apa saja Jenis-jenis atau macam-macam koperasi itu.? apakah sobat dapat menjawab kesemua pertanyaan tersebut.? jika belum mari kita simak materinya berikut ini.

Indonesia mempunyai koperasi sebagai landasan perekonomian bangsa, setiap negara punya kebijakan masing-masing mengenai ekonomi mereka dan Indonesia sendiri memilih koperasi sebagai salah satu cara menstabilkan ekonomi negara. Lalu apa pengertian dari koperasi itu ? Dan apa fungsi dari koperasi ? Mari simak penjelasan berikut  ini.

Pengertian Koperasi

Koperasi adalah sebuah badan usaha yang mempunyai anggota dan juga setiap orangnya memliki tugas dan tanggung jawab masing-masing yang mempunyai prinsip koperasi dan berdasar pada ekonomi rakyat sesuai dengan asas kekeluargaan yang ada pada Undang Undang Nomor 25 tahun 1992. dibawah ini ada banyak penjelasan mengenai fungsi, jenis dan juga tujuan dari berdirinya koperasi.

Tujuan Koperasi

Koperasi tetap mempunyai tujuan dimana tujuan tersebut dititik beratkan pada kepentingan para anggota dan bukan menimbun kekayaan diri sendiri. Berikut ini ialah tujuan koperasi, bukan hanya untuk anggota melainkan juga untuk para konsumennya ataupun pelanggan.

  1. Bagi produsen, ada keinginan untuk menawarkan barang dengan dengan harga yang cukup tinggi.
  2. Bagi konsumen, ada keinginan untuk mendapat barang baik dengan harga yang lebih rendah
  3. Sedangkan bagi usaha kecil, ada keinginan untuk mendapatkan modal usaha yang ringan dan juga mengadakan usaha bersama.

Macam-Macam koperasi

Koperasi dibedakan atas dasar tujuan dan juga bentuknya, ada 3 jenis koperasi yang ada di Indonesia, berikut ialah penjelasannya mengenai macam-macam koperasi.

1.Koperasi konsumsi

Koperasi ini mempunyai tujuan untuk menyediakan anggotanya dari barang konsumsi dengan harga yang rendah akan tetapi dengan kualitas yang baik. Dan laba yang diperoleh atau biasa disebut juga dengan istilah sisa hasil usaha dibagi ke anggota menurut perbandingan jumlah pembelian di setiap anggota. Contohnya ialah KPRI

2.Koperasi produksi

Jenis yang kedua adalah koperasi produksi adalah koperasi yang bertujuan untuk menghasilkan barang yang akan diolah dan juga akan diurus bersama. Koperasi jenis produksi misalnya ialah koperasi tahu tempe.

3.Koperasi simpan pinjam

koperasi simpan pinjam atau sering disebut dengan koperasi kredit yang tujuannya menyediakan uang untuk beberapa keperluan. Banyak koperasi kredit yang berkembang di Indonesia karena memang sistem seperti ini cocok digunakan di negara Indonesia dan juga sesuai dengan karakter orang Indonesia.

Prinsip-Prinsip Koperasi

Berikut ini ialah prinsip yang digunakan oleh semua koperasi yang ada di negara kita Indonesia.

  1. Keanggotaan bersifat sukarela dan juga terbuka.
  2. Pengelolaan dilakukan secara demokratis.
  3. Pembagian sisa hasil usaha dilakukan secara adil dan sebanding dengan besarnya jasa usaha masing-masing anggota.
  4. Pemberian balas jasa terbatas pada modal.
  5. Kemandirian.

Fungsi koperasi

fungsi koperasi dalam sistem ekonomi di Indonesia. Koperasi merupakan alat yang berguna untuk mensejahterakan rakyat, sebagai landasan dasar perkonomian bangsa dan sebagai alat demokrasi nasional, dan memperkokoh perekonomian bangsa Indonesia.

 

demikianlah artikel dari ayoksinau.com mengenai pengertian koperasi, tujuan, fungsi dan jenis koperasi. semoga bermanfaat.

baca juga artikel dibawah ini;