Pengertian Konsumsi & Tujuannya Dalam Kegiatan Ekonomi (Lengkap)

Posted on

Pengertian Konsumsi – Pada pembahasan kali ini ayoksinau.com akan membahas tentang kegiatan ekonomi yang ada di Indonesia. Manusia akan melakukan kegiatan setiap harinya dengan tujuan untuk dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Kegitan kegiatan yang dilakukan masyarakat tergantung dengan kebutuhannya masing-masing. Kebutuhan tersebut akan terus dilakukan karena semakin hari akan semakin bertambah dan berkembang dan dengan dihadapkan pada alat pemuas kebutuhan. Kegiatan dalam upaya untuk memebuhi kebutuhan lah yang disebut dengan kebutuhan ekonomi.

gambar pengertian konsumsi

Dan pada pembahasan ini kita akan membahas salah satu kegiatan ekonomi yaitu konsumsi. Sudahkah kalian tau apa itu kebutuhan konsumsi? Dan apa tujuannya ?

Untuk lebih jelasnya mari kita ulas secara jelas apa itu konsumsi dan apa tujuannya.

Pengertian Konsumsi

Apa yang dimaksud dengan konsumsi ?

Nah sebelum saya jelaskan coba kalian ingat-inget kebutuhan yang selalu kalian gunakan.

Jadi Konsumsi merupakan setiap kegiatan menggunakan, memakai  dan menghabiskan kegunaan setiap barang baik itu digunakan secara berangsur-angsur atau secara sekali habis.

Contoh barang yang digunakan secara berangsur-angsur diantaranya buku pelajaran, tas, seragam, sepeda, mobil dan masih banyak barang yang lainnya.

Barang yang sudah digunakan manusia dalam kegiatan sehari-hari juga sudah dapat dikatakan kegiatan konsumsi. Barang-barang yang digunakan setiap manusia juga berbeda-beda tergantung umur.

Baca juga :

Tujuan Konsumsi

Jadi apa tujuan kalian mengkonsumsi barang ?

Setiap manusia menggunakan barang tentu saja memiliki tujuannya yaitu digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya demi kelangsungan hidupnya. Selain dengan jalannya kemajuan peradaban manusia dan kebutuhan hidup manusiamaka semakin hari kebutuhan manusia akan selalu bertambah dan semakin beraneka ragam.

Untuk itulah manusia harus selalu bekerja untuk mendapatkan penghasilan. Dan dengan semakin besarnya penghasilan maka akan semakin besar pula kebutuhan atau pengeluarannya.

Lalu siapa saja yang melakukan kegiatan ekonomi?

Dalam ilmu ekonomi, pelaku kegiatan ekonomi kebanyakan dilakukan rumah tangga keluarga, rumah tangga negara dan suatu perusahaan.

Kegiatan ekonomi sangatlah penting dalam kegitan ekonomi demi kelangsungan hidup manusia. Akan tetapi sikap boros tidak dibenarkan. Setiap manusia juga harus selalu mempertimbangkan pengeluaran berdasarkan besarannya pendapatan dan harus selalu selektif dalam melakukan kegiatan ekonomi.

Kita harus selalu mendahulukan kebutuhan-kebutuhan yang prioritas atau yang paling penting dahulu. Dan untuk mengelola hal tersebut maka harus membuat skala prioritas kebutuhan yang disesuaikan dengan pendapatannya. Ketika melakukan kegiatan konsumsi harus disesuaikan antara kebutuhan barang dan kebutuhan jasa.

Berdasarkan tujuannya, kegiatan konsumsi dapat dibedakan atas beberapa hal, diantaranya

1. Konsumsi produktif

Konsumsi produktif merupakan konsumsi yang tujuannya untuk dapat menghasilkan barang ataupun jasa.

Contoh konsumsi produktif : Pak Mursal seorang pengusaha tahu, pak mursal selalu membeli kedelai, mesin penggiling, panci, kompor dan lain-lain  yang bukan hanya untuk kebutuhan pribadi tetapi untuk melakukan usahanya. Diharapkan dengan menghasilkan tahu, maka akan dapat dijual ke pasar dan mengharapkan adanya keuntungan.

2. Konsumsi konsumtif/akhir

Konsumsi konsumtif merupakan konsumsi dengan tujuan untuk dapat memenuhi kebutuhan sendiri.

Contohnya : bu Juminah membeli perhiasan untuk digunakan sendiri

Baca juga artikel di bawah ini :