Pengertian Kompetensi Menurut Para Ahli | Ayoksinau.com

Posted on

Pengertian Kompetensi – Kalian pernah mendengar kata “Kompetensi”? Nah kali ini Ayosinau.com akan membahas Pengertian Kompetensi Menurut Para Ahli, Contohnya, Lima Aspek Dimensi Kompetensi, Sejauh mana kompetensi bisa dikembangkan? Kompetensi Karyawan, standard kompetensi untuk karyawannya? Mari kita pelajari bersama.

Pengertian Kompetensi Menurut Para Ahli

Pengertian Kompetensi

Kompetensi dalam bahasa Inggris “competency” yang berarti kemampuan.

Kompetensi adalah kewenangan, kecakapan dan kemampuan seseorang untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab suatu pekerjaan sesuai, kewenangan dan kemampuan seseorang dalam melaksanakan tugas pekerjaan seseorang di dalam organisasi ataupun suatu perusahaan.

Menurut Purwadarminta (1982:51), Kompetensi adalah sebagai kewenangan atau kekuasaan untuk menentukan atau memutuskan sesuatu hal-hal yang dianggap perlu. Kopetensi bisa juga di sebut kewenangan.

Logeman (1955:48-52), menjelaskan Secara khusus mengenai kompetensi tidak hanya sekedar kemampuan dalam menjalankan tugas administratif semata, tetapi juga mampu akan ajaran mengenai manusia dan perilakunya. Sasaran dari kompetensi ialah, keterampilan, perilaku, dan pengetahuan yang nantinya menjadi bagian dari kompetensi seseorang. Karakteristik pekerjaan dalam jabatan tertentu adanya kopetensi.

Setinggi apapun kewenangan atau kopetensi yang dimiliki seseorang dalam melaksanakan kewenangan pastinya nilai manusian harus menjadi modal utama. Seseorang memiliki jiwa kemanusian yang berbeda-beda. Dan juga manusia memiliki memampuan yang berbeda pula.

Berikut adalah contoh-contoh dari kopetensi:

  • Kompetensi Pegawai Negeri

Mewujudkan kompetensi  kemampuan pegawai negeri yang memiliki karakter dan attitute yang baik, adanya landasan yang diharapkan dapat berkembang bagi seseorang pegawai negeri untuk pembinaan pelayanan publik yang bersumber pada nilai-nilai kemanusiaan, sebagaimana ditegaskan dalam Garis Besar Haluan Negara.

Lima Aspek Dimensi Kompetensi

  • Task skills kemampuan menyelesaikan tugas.
  • Task management skills mampu mengelola beberapa tugas yang berbeda dalam pekerjaan
  • Contingency management skills merupakan tanggap terhadap adanya kelainan dan kerusakan pada rutinitas kerja.
  • Environment skills job role mampu menghadapi tanggung jawab dan harapan dari lingkungan kerja Beradaptasi dengan lingkungan.
  • SQ dan EQ yang kuat kemampuan untuk membangun komunikasi yang baik, mempunyai sikap melayani yang benar-benar tulus dari hati, dan kesadaran untuk bekerja dalam satu tim yang dilandasi oleh kejujuran dan kepentingan bersama.

Kenapa sih kompetensi diperlukan?

Pada dunia kerja saat ini, banyak sekali kompetensi yang dibutuhkan untuk mengetahui tipe yang cocok pekerjaan seperti bagi seseorang. Apabila kompetensi seorang karyawan telah diketahui maka perusahaan akan mampu membantu untuk mengembangkan pribadi karyawannya melalui training pembinaan atau pelatihan tertentu. sehingga kompetensi kemampuan yang dimiliki karyawan mampu menjadi petunjuk bagi perusahaan atau organisasi untuk mengetahui sejauh mana karyawan tersebut mampu menampilkan diri dan memberikan hasil kerja maksimal untuk perusahaan.

Sejauh mana kompetensi bisa dikembangkan?

Menurut Anderson, Ones, Sinangil & Viswesvaran, 2005, Kompetensi membantu perusahaan untuk karyawan mengetahui bagaimana kinerjanya. Hal tersebut tentu akan berkaitan dengan keahlian, pengetahuan, dan kemampuan kerja seseorang. Kompetensi menjelaskan bagian-bagian kerja yang penting bagi diri seorang karyawan. Kemampuan kompetensi seperti ini perusahaan akan menjadi lebih baik lagi, dapat mengetahui bagaimana seorang karyawan bisa bertanggung jawab menyelesaikan masalah pekerjaannya, serta memberikan gambaran informasi kepada karyawan mengenai tugas dan tanggung jawab dari atasannya.

Apakah perusahaan punya standard kompetensi untuk karyawannya?

Menurut Jackson & Schuler, 1990; Kerr, 1982; Snow & Snell, 1993, Disetiap perusahaan tentu sangat di butuhkan sekali standarisasi perusahaan untuk kopetensi karyawannya. Bahkan banyak perusahaan yang menetapkan menyusun standard kompetensi atas setiap posisi dan bidang di perusahaannya. Misalnya pada sat wawancara pegawai baru, tentunya bukan sembarangan memilih karyawan. Bukan cara yang mudah setiap perusahaan membuat kompetensi, perusahaan akan memetakan kompetensi bentuk perilaku keseharian, tugas, kemampuan, dan tanggung jawab untuk mengetahui sikap serta berpikir karyawan.

Kompetensi apa saja sih yang harus dimiliki seorang karyawan?

Menurut Spencer & Spencer, 1994, perusahaan menginginkan karyawanyang mempunyai koetensi : Semangat berprestasi untuk mencapai target kerja (Achievement to work)

  • Teliti dan punya perhatian terhadap tugas kerja (Concern for order)
  • Proaktif itiative
  • Punyai rasa keingintahuan yang tinggi Information seeking
  • Mempunyai erempati kepada teman kerja dan terhadap orang lain – Interpersonal understanding
  • Berorientasi ke pelanggan Customer service orientation
  • Komunikatif yang Baik dan persuasif – Communicative – Impact and influence

Semoga ilmunya bermanfaat mengenai Pengertian Kompetensi Menurut Para Ahli, Contohnya, Lima Aspek Dimensi Kompetensi, Sejauh mana kompetensi bisa dikembangkan? Kompetensi Karyawan, standard kompetensi untuk karyawannya? kunjungi juga Ayoksinau.com disana banyak sekali artikel-artikel menarik.

baca Juga :

Pengertian Profesi Menurut Ahli, Ciri-ciri Profesi, Syarat Profesi dan Contoh Profesi | Ayoksinau.com

Pengertian Epidemiologi Menurut Para Ahli, Tujuan, Sejarah, Manfaat, Perananan Bidang Kesehatan, Mengapa Kesehatan Harus Mengetahui Epidemiologi? | Ayoksinau.Com

Wawancara: Pengertian, Tujuan, Jenis, Petunjuk Melakukan Wawancara, serta Keuntungan dan Kelebihan Wawancara | Ayoksinau.com