Pengertian Kinerja Menurut Para Ahli – Lengkap Dengan Penjelasannya | Ayoksinau.com

Posted on

Pengertian Kinerja Menurut Para Ahli – Tentu kalian sering mendengar kata kinerja kan? Biasanya kinerja sering kali kita temukan dalam dunia kerja dan dunia perkuliahan. Setiap orang tentunya memilik anggapan tersendiri tentang artian atau definisi kinerja kan? Nah, pada kesempatan kali ini Ayoksinau.com akan membahas tentang pengertian kinerja menurut para ahli.

Pengertian Kinerja Menurut Para Ahli

Pengertian Kinerja Menurut Para Ahli

Adapun pengertian kinerja menurut berbagai pendapat para ahli akan dijelaskan berdasarkan setiap pendapat ahli sebagai berikut.

Menurut Wirawan (2009), Kata kinerja berasal dari singkatan dari kata performance (Bahasa Inggris), yang sering diartikan dalam Bahasa Indonesia sebagai performa.

Menurut Mangkunegara (2001 :67), Kinerja adalah hasil kerja yang secara kualitas dan kuantitas yang telah dicapai oleh seorang karyawan atau pegawai dalam mengemban tugasnya sesuai dengan tanggung jawab yang telah diberikan kepadanya. Yang dimaksud dengan kualitas di sini adalah dilihat dari segi kebersihan, kehalusan dan ketelitian dalam menjalankan tugas dan pekerjaan nya. Sedangkan, yang dimaksud dengan kuantitas itu dilihat dari banyaknya jumlah pekerjaan yang harus diselesaikan oleh pegawai atau karyawan tersebut.

Menurut Handoko (2000: 50), kinerja diartikan sebagai proses dimana suatu organisasi menilai serta mengevaluasi prestasi dari kinerja pegawai atau karyawan.

Menurut Tika (2006:121), kinerja diartikan sebagai sesuatu yang dihasilkan dari pekerjaan seseorang guna mencapai tujuan suatu organisasi dalam kurun waktu tertentu.

Menurut Simamora (1997:339), agar suatu organisasi dapat melakukan fungsinya secara efektif dan efisien sesuai dengan tujuan organisasi, maka organisasi tersebut harus mempunyai kinerja pegawai atau karyawan yang baik, yakni dengan memiliki karyawan atau pegawai yang dapat melaksanakan tugas-tugasnya dengan penuh tanggung jawab dan dengan cara yang handal.

Menurut Mangkuprawira dan Hubeis (2007:153), beliau mendefinisikan kinerja karyawan sebagai hasil dari proses pekerjaan yang terencana sesuai dengan waktu serta tempat berdasarkan karyawan dan organisasi yang bersangkutan.

Menurut Stolovitch and Keeps (1992), yang dimasksud dengan kinerja adalah seperangkat hasil yang dicapai sesuai dengan pencapaian dan pelaksanaan pekerjaan yang telah diminta sebelumnya.

Menurut Griffin (1987), Kinerja diartikan sebagai salah satu kumpulan totalalitas dari hasil kerja yang tertanam pada diri pekerja.

Menurut Hersey and Blanchard (1993), Kinerja diartikan sebagai fungsi dari motivasi dan kemampuan. Sehingga agar dapat menyelesaikan suatu tugas atau pekerjaan, seseorang harus memiliki tingkat kemampuan tertentu serta derajat kesediaan. Kemampuan dan kesediaan seseorang tidaklah efektif untuk mengerjakan suatu hal tanpa adanya pemahaman terlebih dahulu mengenai apa yang akan dilakukan atau dikerjakan serta bagaimana cara untuk mengerjakannya.

Menurut Donelly, dkk (1994), kinerja didefinisikan sebagai tingkat keberhasilan seseorang dalam melakukan tugas serta kemampuan dalam mencapai tujuan yang telah ditentukan. Kinerja dapat dikatakan sukses dan telah baik jika tujuan yang diinginkan telah tercapai dengan baik.

Menurut Schermerhorn, dkk (1991), kinerja diartikan sebagai kualitas dan kuantitas dari hasil pencapaian tugas-tugas, baik dilakukan secara individu, per kelompok ataupun perusahaan.

Menurut Robbins (1996), kinerja ialah suatu fungsi interaksi dari tiga hal yaitu kemampuan (A= Ability), motivasi (M= Motivation) serta kesempatan (O=Opportunity). Sehingga kinerja dapat di artikan dalam suatu rumus= {ƒ(A x M x O)} yang berarti kinerja adalah fungsi dari ability, motivation dan opportunity.

Menurut Hasibuan (2002:160), Kinerja diartikan sebagai hasil kerja yang telah dicapai oleh  seseorang dalam menjalankan tugas-tugasnya berdasarkan kecerdasannya, usaha serta kesempatan yang dilakukannya.

Berdasarkan dari sekian banyak pendapat kinerja menurut para ahli di atas, kinerja dapat diartikan sebagai suatu hasil kerja yang telah dilakukan oleh seseorang dalam suatu perusahaan ataupun organisasi agar dapat tercapainya tujuan dari suatu perusahaan atau organisasi tersebut serta dapat meminimalisir kerugian. Dengan kata lain, kinerja dapat kita artikan sebagai suatu kesediaan dari individu ataupun kelompok individu untuk dapat melakukan tugasnya serta menyelesaikannya sesuai dengan tanggung jawab dan dengan seperti yang diharapkan.

Baiklah itulah beberapa pendapat para ahli tentang Pengertian Kinerja. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam memahami apa itu pengertian kinerja. Baca juga artikel-artikel menarik lainnya yang ada di Ayoksinau.com untuk menambah wawasan Anda seputar ilmu pengetahuan. Sekian dan Terimaksih.

Artikel menarik lainnya:

Pengertian, Ragam Hingga Jenis-Jenis Seni Grafis | Ayoksinau.com

Sudahkah Anda Mengetahui Apa Itu Bioteknologi | Ayoksinau.com

Pengertian Integritas Menurut Para Ahli Beserta Penjelasan Lengkap | Ayoksinau.com

Pengertian Karakter | Penjelasan Lengkap Menurut Para Ahli – Ayoksinau.com