Pengertian Keterampilan Menurut Para Ahli dan Keterampilan Yang Dibutuhkan Dalam Dunia Kerja Saat Ini | Ayoksinau.com

Posted on

Pengertian Keterampilan – Pada pembahasan kali ini Ayoksinau.com akan menjelaskan secara detail tentang pengertian keterampilan. Pada pembahasan kali ini kami akan membahas pengertian keterampilan berdasarkan pendapat para ahli dan keterampilan apa yang dibutuhkan dalam dunia kerja saat ini.

Pengertian Keterampilan

Pengertian Keterampilan Menurut Para Ahli

Setiap orang memiliki keterampilan yang dianugerahkan oleh Sang Pencipta. Sebagian orang menyadari akan keterampilan yang dimilikinya, akan tetapi sebagian lagi tidak menyadari keterampilan dalam dirinya sendiri. Setiap para ahli memiliki pandangan tersendiri mengenai pengertian keterampilan. Berikut ini pengertian keterampilan menurut para ahli:

Muzni Ramanto, Soemarjadi, Wikdati Zahri (1991:2)

Kata keterampilan identik dengan kata kecekatan. Orang yang dikatakan terampil adalah orang yang dalam mengerjakan atau menyelesaikan pekerjaannya secara cepat dan benar. Akan tetapi, apabila orang tersebut mengerjakan atau mnyelesaikan pekerjaanya dengan cepat akan tetapi hasilnya tidak sesuai atau salah maka orang tersebut bukanlah orang yang disebut dengan terampil. Begitu pun sebaliknya, jika orang tersebut menyelesaikan pekerjaanya dengan benar tetapi lambat dalam menyelesaikannya, maka orang tersebut juga tidak dapat dikatakan terampil.

1) Gordon (1994)

Keterampilan adalah kemampuan seseorang dalam mengoperasikan pekerjaan secara lebih mudah dan tepat. Pendapat tentang keterampilan ini lebih mengarah pada aktivitas yang bersifat psikomotorik.

2) Dunette (1976)

Keterampilan merupakan pengetahuan yang didapatkan dan dikembangkan melalui latihan atau training dan pengalaman dengan melakukan berbagai tugas.

3) Nadler (1986)

Keterampilan harus dilakukan dengan praktek sebagai pengembangan aktivitas.

4) Robbins (2000)

Keterampilan di bagi menjadi 4 kategori sebagai berikut:

  1. Basic Literacy Skill: adalah suatu keahlian dasar yang dimiliki oleh setiap orang seperti menulis, membaca, mendengarkan, maupun kemampuan dalam berhitung.
  2. Technical Skill: adalah suatu keahlian yang didapat melalui pembelajaran dalam bidang teknik seperti menggunakan komputer, memperbaiki handphone, dan lain sebagainya.
  3. Interpersonal Skill: yaitu keahlian setiap orang dalam melakukan komunikasi antar sesame, seperti mengemukakan pendapat dan bekerja secara dalam tim.
  4. Problem Solving: yaitu keahlian seseorang dalam memecahkan masalahnya dengan menggunakan logikanya.

Berdasarkan beberapa pendapat para ahli di atas, dapat kita ambil kesimpulan bahwa keterampilan merupakan suatu bentuk kemampuan yang mmpergunakan pikiran dan perbuatan dalam menyelesaikan atau mengerjakan sesuatu dengan efektif dan efisien.

Selain itu keterampilan setiap orang harus terus diasah dan dikembangkan melalui program training ataupun bimbingan. Training dan sebagainya pun harus didukung oleh kemampuan dasar yang sudah dimiliki orang tersebut dalam dirinya. Kemampuan dasar ini dapat menghasilkan sesuatu yang lebih bermanfaat dan bernilai tambah bagi dirinya maupun bagi orang lain apabila dikombinasikan dengan bimbingan ataupun training.

Secara umum keterampilan adalah suatu kemampuan dalam mempergunakan akal, ide, serta kreatifitas dalam mengerjakan, membuat ataupun mengubah sesuatu menjadi yang lebih bermakna sehingga dapat menghasilkan sebuah nilai tambah dari hasil yang dikerjakan tersebut.

Keterampilan juga dapat diartikan sebagai suatu kemampuan dan kapasitas yang diperoleh melalui usaha yang sistematis dan berkelanjutan secara lancar dan adaptif dalam melaksanakan aktivitas-aktivitas yang kompleks atau fungsi pekerjaan yang melibatkan ide-ide atau keterampilan kognitif, hal-hal atau keterampilan teknikal, dan orang-orang atau keterampilan interpersonal.

Keterampilan Yang Dibutuhkan Dalam Dunia Kerja Saat Ini

Dengan semakin banyaknya lulusan baru yang memenuhi pasar tenaga kerja, perusahaan cenderung mencari calon pegawai yang memiliki keterampilan baik dan memiliki pengalaman kerja. Tergantung pada sektor karir dan profesi yang dipilih, sehingga keterampilan, kemampuan dan pengetahuan spesifik sangatlah dibutuhkan untuk melakukan pekerjaan tersebut. Tapi secara umum, ada beberapa keterampilan yang dibutuhkan dalam dunia kerja saat ini.

  1. Kesadaran komersial, yakni memiliki naluri atau jiwa bisnis.
  2. Komunikasi baik secara verbal ataupun tertulis.
  3. Mampu bekerja salam tim.
  4. Negosiasi dan persuasi, yakni mampu untuk mewujudkan misi-misi perusahaan melalui teknik negosiasi dan persuasi yang handal.
  5. Pemecahan masalah, Anda harus menunjukkan kemampuan untuk mengambil pendekatan yang logis dan analitis untuk memecahkan masalah dan menangani berbagai macam isu.
  6. Kepemimpinan, secara tidak langsung ketika anda memegang posisi tinggi, anda harus menunjukkan potensi kemampuan anda dalam memotivasi tim.
  7. Organisasi, yakni mengenai kemampuan bahwa anda bisa menentukan prioritas, bekerja secara efektif dan produktif, dan mengelola waktu anda dengan baik.
  8. Motivasi dan Ketekunan, dalam dunia kerja menyajikan banyak sekali tantangan dan tentunya Anda perlu menunjukkan kepada pimpinan anda bahwa anda adalah orang yang akan menemukan jalan keluar ketika situasi sedang genting.
  9. Kemampuan untuk bekerja di bawah tekanan, yakni mengenai sikap yang tetap tenang dalam menghadapi krisis.
  10. Kepercayaan diri, Anda perlu menunjukkan sikap yang percaya diri, tapi tidak arogan. Dan anda juga harus memiliki kepercayaan diri terhadap para kolega dan perusahaan tempat anda bekerja.

Demikianlah pembahasan Ayoksinau.com mengenai pengertian keterampilan menurut para ahli dan keterampilan yang dibutuhkan dalam dunia kerja saat ini. Kunjungi Ayoksinau.com dan baca juga artikel-artikel menarik lainnya untuk dapat terus menambah wawasan Anda.

Baca Juga artikel berikut:

Pengertian Integrasi, Jenis-Jenis dan Faktor-Faktor Integrasi | Ayoksinau.com

Pengertian Visi, Manfaat Visi dan Contoh Visi | Ayoksinau.com

Pengertian Misi, Manfaat Misi dan Contoh Misi | Ayoksinau.com

Pengertian Kepribadian – Lengkap Dengan Pembahasan | Ayoksinau.com