Pengertian Kebugaran Jasmani Dan Manfaat Yang Terkandung Di Dalamnya

Posted on

Pengertian Kebugaran Jasmani Dan Manfaat Yang Terkandung Di Dalamnya

ayoksinau.com – Setiap manusia tentunya selalu memperhatikan kesehatan tubuh, terlebih lagi jika anda termasuk orang yang memerlukan banyak aktivitas setiap harinya. Hal ini akan membuat jasmani menjadi bugar sehingga akan menjadikan hidup lebih semangat.

Dengan kebugaran jasmani, kemampuan tubuh untuk bisa melakukan aktivitas tanpa mengalami kelelahan sehingga tubuh masih memilki cadangan tenaga untuk bisa melakukan kegiatan yang lain. Apabila jasmani dalam keadaan segar dan bugar, maka akan membantu orang-orang dalam beraktifitas untuk lebih efektif dan efisien tanpa harus mengalami kelelahan yang dapat memicu adanya gangguan kesehatan.

Unsur yang terdapat pada Kebugaran jasmani dan bentuk latihannya :

  1. Kekuatan (Strength)

Kekuatan yaitu kemampuan dalam menggunakan otot untuk menerima beban seperti push up, angkat beban, squat jump, dan sit up.

  1. Daya Tahan (Endurance)

Daya tahan yaitu kemampuan manusia dalam menggunakan organ tubuh seperti paru-paru dan jantung secara efektif. Contoh latihannya antara lain lari 2,5 km

  1. Daya otot (Muscular Power)

Untuk latihan yang satu ini disebut juga dengan ledak otot yang merupakan kemampuan seseorang dalam menggunakan kekuatan maksimum yang dilakukan dalam waktu yang sesingkat-singkatnya. Contoh, side jump, front jum dan vertical jump.

  1. Kecepatan (Speed)

Merupakan kemampuan latihan dalam melakukan gerakan berkesinambungan dalam waktu yang singkat. Bentuk latihannya berupa berlari 50-200 meter.

  1. Keseimbangan (Balance)

Keseimbangan yaitu kemampuan untuk mengendalikan organ syaraf otot sehingga bisa mengendalikan gerakan pada tubuh secara baik. Penerapannya bisa berupa senam dan loncat indah.

Manfaat Kebugaran jasmani

  • Mengurangi Resiko Obesitas

Saat seseorang teratur melakukan gerakan pada tubuh saat menjalankan aktivitas seperti olahraga maka akan terhindar dari penumpukan lemak yang dapat menyebabkan obesitas. Aktivitas fisik yang di lakukan tersebut mampu membantu tubuh dalam membakar kalori menjadi energy sehingga tubuh akan terhindar dari lemak pada tubuh.

  • Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Tingginya tekanan darah bisa memicu munculnya penyakit seperti stroke dan jantung coroner. Dengan cara melakukan olahraga rutin serta mengkonsumsi makanan tanpa lemak dapat membantu  mengurangi tekanan darah tinggi.

  • Mengatasi depresi

Tak hanya dapat bermanfaat mengurangi berbagai macam penyakit , latihan kebugaran jasmani juga dapat mengurangi depresi. Kurangnya aktivitas di luar ruangan dapat menyebabkan pikiran menjadi suntuk. Dengan sekedar melakukan olahraga ringan seperti jogging sembari menghirup udara segar maka dapat mengurangi rasa kantuk.

  • Meningkatkan energy

Saat seseorang melatih kekuatan dan kemampuan tubuhnya secara teratur, maka orang tersebut cenderung tidak akan mudah lelah. Hal ini di sebabkan adanya aktivitas fisik yang dapat membantu melatih kekuatan otot. Tak hanya itu, dengan tubuh bergerak maka dapat membantu suplay oksigen ke jaringan tubuh, sehingga tubuh tidak akan mudah lelah dan mengantuk.

 

itulah sedikit review mengenai Pengertian Kebugaran Jasmani Dan Manfaat Yang Terkandung Di Dalamnya semoga bisa bermanfaat.

 

Baca juga artikel lainnya :